Dalam dunia pendidikan, keterampilan mengajar merupakan hal fundamental yang harus dikuasai oleh setiap guru atau calon guru. Keterampilan ini mencakup berbagai aspek yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Beberapa keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh guru antara lain keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, serta mengelola kelas. Setiap keterampilan memiliki peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, interaktif, dan mampu meningkatkan partisipasi serta motivasi belajar siswa. Berikut ini adalah keterampilan dasar mengajar:
1. Keterampilan BertanyaÂ
Bertanya merupakan ucapan verbal yang meminta respon dari seseorang yang dikenal. Bertanya merupakan stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir (Sunhaji, 2009:110). Dalam proses belajar mengajar, bertanya memainkan peranan penting, sebab pertanyaan yang tersusun dengan baik dan teknik pelontaran yang tepat pula akan memberikan dampak positif terhadap siswa.
2. Keterampilan Memberi Penguatan
Penguatan adalah segala bentuk respons, apakah bersifat verbar ataupun nonverbal, yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik (feedback) bagi si penerima (siswa) atau perbuatannya sebagai suatu tindak dorongan ataupun koreksi (Muh. Uzer Usman, 2007:80). Keterampilan dasar penguatan adalah respon tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa berbentuk verbal atau nonverbal (Wina Sanjaya, 2006:163).
3. Keterampilan Mengadakan Variasi
Variasi stimulus adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi pembelajaran yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan peserta didik, sehingga dalam situasi pembelajaran senantiasa menunjukkan ketekunan dan penuh partisipasi (Zainal Asril, 2011:86). Jadi inti tujuan proses pembelajaran variasi adalah menumbuhkembangkan perhatian dan minat peserta didik agar belajar lebih baik.
4. Keterampilan MenjelaskanÂ
Keterampilan menjelaskan adalah penyajian informasi secara lisan yang dikelola secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan antara satu dengan yang lainnya (Zainal Asril, 2010:84).
5. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
Menurut Sardiman, keterampilan membuka pelajaran adalah seberapa jauh kemampuan guru dalam memulai interaksi belajar mengajar untuk suatu jam pelajaran tertentu (Sardiman A.M, 2011:211). Menurut Wina Sanjaya, membuka pelajaran atau set induction adalah usaha yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi siswa agar mental maupun perhatian terpusat pada pengalaman belajar yang disajikan (Sanjaya, 2006:171). Menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran atau kegiatan belajar mengajar.
6. Keterampilan Mengelola Kelas
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Suatu kondisi belajar yang optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Penguasaan keterampilan dasar mengajar oleh guru atau calon guru sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Keterampilan bertanya mendorong kemampuan berpikir siswa, sementara keterampilan memberi penguatan dan mengadakan variasi membantu mempertahankan perhatian dan minat siswa. Keterampilan menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, serta mengelola kelas berperan dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan terstruktur. Dengan menguasai keterampilan-keterampilan ini, guru dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik dan mendukung perkembangan akademik serta personal siswa.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI