Mohon tunggu...
Ahmad Nurhuda
Ahmad Nurhuda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Terus melangkah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keterampilan Dasar Mengajar yang Harus Dikusasi Guru atau Calon Guru

20 Juli 2024   09:35 Diperbarui: 20 Juli 2024   09:36 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dalam dunia pendidikan, keterampilan mengajar merupakan hal fundamental yang harus dikuasai oleh setiap guru atau calon guru. Keterampilan ini mencakup berbagai aspek yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Beberapa keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh guru antara lain keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, serta mengelola kelas. Setiap keterampilan memiliki peranan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, interaktif, dan mampu meningkatkan partisipasi serta motivasi belajar siswa. Berikut ini adalah keterampilan dasar mengajar:

1. Keterampilan Bertanya 

Bertanya merupakan ucapan verbal yang meminta respon dari seseorang yang dikenal. Bertanya merupakan stimulus efektif yang mendorong kemampuan berfikir (Sunhaji, 2009:110). Dalam proses belajar mengajar, bertanya memainkan peranan penting, sebab pertanyaan yang tersusun dengan baik dan teknik pelontaran yang tepat pula akan memberikan dampak positif terhadap siswa.

2. Keterampilan Memberi Penguatan

Penguatan adalah segala bentuk respons, apakah bersifat verbar ataupun nonverbal, yang merupakan bagian dari modifikasi tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa, yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik (feedback) bagi si penerima (siswa) atau perbuatannya sebagai suatu tindak dorongan ataupun koreksi (Muh. Uzer Usman, 2007:80). Keterampilan dasar penguatan adalah respon tingkah laku guru terhadap tingkah laku siswa berbentuk verbal atau nonverbal (Wina Sanjaya, 2006:163).

3. Keterampilan Mengadakan Variasi

Variasi stimulus adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi pembelajaran yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan peserta didik, sehingga dalam situasi pembelajaran senantiasa menunjukkan ketekunan dan penuh partisipasi (Zainal Asril, 2011:86). Jadi inti tujuan proses pembelajaran variasi adalah menumbuhkembangkan perhatian dan minat peserta didik agar belajar lebih baik.

4. Keterampilan Menjelaskan 

Keterampilan menjelaskan adalah penyajian informasi secara lisan yang dikelola secara sistematis untuk menunjukkan adanya hubungan antara satu dengan yang lainnya (Zainal Asril, 2010:84).

5. Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran

Menurut Sardiman, keterampilan membuka pelajaran adalah seberapa jauh kemampuan guru dalam memulai interaksi belajar mengajar untuk suatu jam pelajaran tertentu (Sardiman A.M, 2011:211). Menurut Wina Sanjaya, membuka pelajaran atau set induction adalah usaha yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran untuk menciptakan prakondisi bagi siswa agar mental maupun perhatian terpusat pada pengalaman belajar yang disajikan (Sanjaya, 2006:171). Menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran atau kegiatan belajar mengajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun