Mohon tunggu...
Ahmad Ilham
Ahmad Ilham Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar/mahasiswa

kutipan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Masa Perkembangan Anak-anak Usia Tengah Akhir

11 Desember 2022   07:21 Diperbarui: 11 Desember 2022   07:24 220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Masa pertengahan dan akhir anak anak (middle and late childhood) ialah periode perkembangan yang merentang dari usia kira-kira enam hingga sebelas tahun, periode ini biasanya disebut dengan tahun-tahun sekolah dasar. Keterampilan keterampilan fundamental seperti membaca, menulis, dan berhitung telah dikuasai.

Pada masa ini anak sudah matang bersekolah dan sudah siap masuk sekolah dasar. Pada awal masuk sekolah sebagian anak mengalami gangguan keseimbangan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan sekolah yang dipengaruhi oleh beberapa faktor perkembangan:

Perkembangan Fisik

  • Pertumbuhan otak, otot, sistem saraf, struktur tulang, hormon, dan organ-organ panca indra.
  • Berat anak-anak bertambah rata-rata 3,2 kg hingga 4 kg per tahun.
  • Massa dan kekuatan otot berangsur-angsur bertambah.
  • "gemuk bayi" (baby fat) berkurang.
  • Anak laki-laki umumnya lebih kuat daripada anak-anak perempuan.
  • Perkembangan fisiknya mulai tampak seimbang dan proporsional.
  • Motorik kasar: menggunakan otot-otot besar. Contoh: duduk, menendang, berlari, naik turun tangga, dsb.
  • Motorik halus: gerakan yang menggunakan otot-otot halus, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih. Contoh: memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis, meronce dsb.

Perkembangan Kognitif

Berdasarkan pendekatan piaget, anak-anak pada masa ini memasuki tahap operasional konkret, yaitu mereka dapat menggunakan berbagai operasi mental seperti penalaran, memecahkan masalah dengan konkret, karena pada masa ini mereka tidak egosentris daripada masa sebelumnya. Pada tahapan ini anak masih memerlukan bantuan untuk mencerna informasi yang masuk, dalam arti semakin konkret informasi itu, maka semakin mudah dimengerti. Ciri-ciri perkembangan kognitif:

  • Anak mulai meninggalkan sifat egosentris
  • Memecahkan masalah konkret
  • Mulai mengerti tentang suatu hubungan, misalnya ukuran, mengerti kanan dan kiri
  • Anak dapat membuat alasan mengenai suatu hal, tetapi tidak dapat membuat hipotesa mengenai apa kemungkinannya dan dengan demikian tidak dapat berpikir mengenai masalah ke depan.


PERKEMBANGAN EMOSI DAN KEPRIBADIAN

1. Diri

* Perkembangan Pemahaman-Diri : Anak-anak semakin mendeskripsikan diri mereka sendiri dengan karakteristik psikologis dan sifat-sifat yang berlawanan dengan deskripsi diri anak-anak kecil yang konkret.

* Memahami Orang Lain : anak-anak menunjukkan peningkatan dalam pengambilan perspektif (perspective taking), yaitu kemampuan untuk mengasumsikan perspektif orang lain serta memahami pikiran dan perasaannya

* Penghargaan-Diri dan Konsep-Diri.: Penghargaan diri yang tinggi dan konsep diri yang positif merupakan karakteristik penting yang mengindikasikan kesejahteraan anak-anak.

*Self-Efficacy :  keyakinan bahwa seseorang dapat menguasai sebuah situasi dan memberikan hasil yang menguntungkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun