Mohon tunggu...
Ahmad Faisal S.Pd
Ahmad Faisal S.Pd Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 01 Kab. Tebo

Guru Matematika

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Pengajaran Melalui Platform Merdeka Mengajar bagi Guru Matematika di Topik Asesmen

28 Oktober 2023   22:15 Diperbarui: 28 Oktober 2023   22:26 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kegiatan Menyelesaikan Topik yang ada di PMM, dokpri

Platform Merdeka Mengajar adalah terobosan spektakuler yang dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dimana Platform ini merupakan aplikasi yang dapat mendukung guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Pada waktu peluncuran Kurikulum Merdeka dan Platflom Merdeka Belajar (PMM) pada tanggal 11 februaari 2022, Mendikbudristek Nadiem Makarim menjelaskan bahwa Platfom Merdeka Mengajar ini adalah platform yang bukan saja diperuntukkan guru tetapi juga digunakan oleh seluruh pendidik, tenaga kependidikan dan juga siswa. Ditambahkan juga oleh oleh beliau, bahwa Platform ini bukan hanya berisikan materi dan konten kementerian, tapi benar-benar dimiliki guru, dari guru, untuk guru. Jadi, ini adalah aplikasi untuk menerapkan kurikulum merdeka dan belajar untuk menjadi pengajar yang lebih baik,”. Lebih lanjut Mendikbudristek menyatakan bahwa platform Merdeka Mengajar akan menjadi teman guru dalam mengajar dan platform ini juga akan membantu guru berinovasi menciptakan pembelajaran sesuai tantangan zaman

Saat ini, platform Merdeka Mengajar memiliki fitur/menu yang dapat membantu pengembangan kompetensi guru dan menunjang kegiatan belajar mengajar. Di antaranya adalah fitur Pengembangan Diri, dimana dalam fitur ini terdiri dari menu Pelatihan Mandiri, Komunitas, Seleksi Kepala Sekolah dan LMS. Dikesempatan ini akan kita gali adalah menu Pelatihan Mandiri yang secara khusus diperuntukan bagi guru-guru hebat dan selalu bertumbuh kembang setiap saat, dan juga tidak akan dibahas secara detail semua kegiatan yang ada didalamnya, disini akan dikaji manfaat dari pelatihan dengan topik Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C bagi guru-guru secara umum dan guru matematika secara khusus.

Matematika adalah mata pelajaran yang seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Guru matematika memiliki peran penting dalam membantu siswa memahami dan menguasai konsep-konsep yang kompleks. Dalam era teknologi, platform pendidikan daring seperti Merdeka Mengajar telah menjadi alat yang sangat efektif bagi guru matematika. Salah satu fitur unggulan dalam platform ini adalah Topik Asesmen, yang memberikan manfaat besar bagi guru matematika dalam upaya mereka untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pemahaman siswa terhadap matematika. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam manfaat Topik Asesmen di Platform Merdeka Mengajar bagi para guru matematika.

Pengukuran Pemahaman yang Mendalam.

Dalam topik asesmen di Platform Merdeka Mengajar ini, memungkinkan kita guru untuk mengukur pemahaman siswa secara lebih mendalam. Asesmen ini dirancang untuk mencakup berbagai aspek matematika, mulai dari konsep dasar hingga topik yang lebih kompleks. Dengan demikian, guru dapat mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran. Ini membantu guru untuk mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan dan area di mana siswa telah berhasil. Ini dapat kita lakukan dengan cara asesmen diagnostik atau awal yang kita lakukan guru pada awal memulai proses pembelajaran dikelas, sehingga diharapkan bukan sawa siswa dapatkan menguasai secara detail materi yang ada di suatu bab, tetapi bila perlu mereka juga dapat membuat peta konsep dengan benar apa yang mereka alami dalam proses pembelajara.

Penyesuaian Pengajaran yang Tepat

Data merupakan hal yang penting yang dapat kita jadi instrumen atau sejata bagi guru matematika. Di dalam topik asesmen ini juga kita para guru dilatih agar dapat mendapatkan data yang bersifat akurat dan  dan memberikan wawasan berharga tentang kekuatan dan kelemahan siswa dalam berbagai topik matematika. Guru dapat menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan pengajaran mereka. Misalnya, jika sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam topik tertentu, guru dapat menyusun rencana pembelajaran yang lebih mendalam dalam area tersebut. Sebaliknya, jika beberapa siswa telah menguasai suatu topik dengan baik, guru dapat memberikan tantangan tambahan atau materi yang lebih lanjut. Dengan cara ini, pengajaran menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa.

Meningkatkan Efektivitas Pengajaran, 

Efektivitas sangat erat kaitan dengan ketercapaian atau keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan. Untuk Efektivitas pengajaran dapat kita artikan tingkat keberhasilan yang dicapai dari suatu metode pembelajaran tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Pada Topik Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C kita dilatih dan diberikan alat evaluasi yang kuat bagi guru matematika. Dengan data hasil asesmen, guru dapat mengevaluasi efektivitas metode pengajaran mereka. Jika siswa mengalami kesulitan dalam memahami suatu topik, guru dapat mencari cara baru untuk menjelaskannya dengan lebih baik. Sebaliknya, jika siswa telah berhasil dalam suatu topik, guru dapat mengeksplorasi metode pengajaran yang lebih lanjut untuk mempertahankan tingkat keberhasilan tersebut, dengan kata lain kita guru matematika diajarkan bagaimana mencari metode atau model dalam proses pembelajaran agar tercapai efektivitas pengajaran.

Pemantauan Progres Siswa dalam Waktu Nyata

Kata Progres biasanya digunakan sebagai istilah untuk menggambarkan perubahan arah kemajuan seseorang atau bidang tertentu. Bila kita kaitkan dengan siswa tentunya adalah kita guru selalu dapat memberikan data yang akurat mengenai perkembangan yang terus dialami siswa dari waktu kewaktu. Pada PPM Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C kita dilatih dan diajarkan agar dapat dan memungkinkan guru untuk memantau perkembangan siswa secara terus-menerus. Guru dapat melihat perubahan dalam pemahaman siswa seiring berjalannya waktu. Dengan pemantauan yang teratur, guru dapat merespons perubahan dalam pemahaman siswa secara lebih efektif. Ini juga memberikan kesempatan bagi guru untuk memberikan umpan balik kepada siswa tentang kemajuan mereka, yang dapat memotivasi mereka untuk terus bekerja keras. Di dalam topik ini, kita diajarkan dan dilatih dapat mengolah hasil asesmen dalam Tujuan Pembelajaran dan juga dapat mengolah hasil asesmen dan kemudian kita dapat menuliskannya dalam bentuk laporan yang disebut rapor yang beriskan nilai dan juga deskripsi dari pencapaian yang diraih.

Motivasi Siswa

Pada PPM topik Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C kita guru diminta untuk menghasilkan data yang berasal dari pemberian Asesmen, dimana data yang diperoleh dapat menjadi sumber motivasi bagi siswa. Melihat hasil asesmen yang meningkat dan pemahaman yang lebih mendalam dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika. Mereka akan merasa bangga atas prestasi mereka dan merasa termotivasi untuk terus meningkatkan pemahaman mereka. Dengan demikian, Topik Asesmen menciptakan lingkungan pembelajaran yang progresif dan berorientasi pada prestasi.

Penilaian yang Komprehensif

Penilaian yang yang komprehensif sangat diperlukan untuk dilakukan guru matematika. Dalam topik Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C ini kita juga guru diajarkan dan dilatih untuk memberikan penilaian yang bersifat luas, menyeluruh, dan banyak hal, Dengan kata lain nilai yang harus diperoleh dapat digunakan secara luas dan memberikan wawasan dan informasi yang lebih. Didalam Topik Asesmen ini, diberikan bahan ajar mencakup berbagai jenis soal dan tugas yang mengukur pemahaman siswa terhadap berbagai aspek matematika. Ini mencakup konsep, aplikasi dalam situasi nyata, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis. Dengan begitu, asesmen menjadi alat yang komprehensif dalam mengukur kemampuan matematika siswa. Ini menciptakan penilaian yang relevan dengan dunia nyata.

Kolaborasi yang Ditingkatkan

Kolaborasi dalam proses pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan sangat diperlukan. Kolaborasi dalam hasil penilaian adalah bagian dibahas di dalam Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C. Data hasil Asesmen bukan hanya milik guru, data ini juga menjadi alat komunikasi yang efektif dengan siswa dan orang tua. Guru dapat menggunakan data hasil asesmen untuk berdiskusi dengan siswa tentang perkembangan mereka dalam matematika. Mereka dapat memberikan umpan balik yang konstruktif dan membantu siswa untuk mengidentifikasi area di mana mereka dapat meningkatkan diri. Selain itu, data asesmen juga dapat dibagikan dengan orang tua, memungkinkan mereka untuk melihat kemajuan anak-anak mereka dan memberikan dukungan yang lebih efektif dalam pembelajaran.

Dalam rangka memberikan pendidikan matematika yang berkualitas, kita guru harus menggembangkan Apa yang diperoleh dari topik Asesmen SMP-SMA/SMK/Paket B-C berupa menerapkan asesmen secara teratur dalam proses pengajaran mereka. Ini membantu guru dalam membuat keputusan pembelajaran yang bijak, serta membantu siswa untuk mencapai pemahaman dan keterampilan matematika yang mendalam. Dengan demikian, Asesmen adalah alat penting bagi guru matematika dalam membimbing siswa menuju keberhasilan akademik dalam matematika, yang merupakan landasan penting dalam perkembangan mereka di masa depan. Platform Merdeka Mengajar di Fitur pelatihan dalam Topik Asesmen yang disediakannya adalah alat yang tidak boleh diabaikan dalam perjalanan menuju pendidikan matematika yang lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun