Mohon tunggu...
ahmadbaihaqi
ahmadbaihaqi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Suka Cerita Fiksi dan Nonfiksi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Membangun Karakter Usia Dini: Pengabdian di TK As Salam untuk Mengatasi Masalah Sosial-Emosi

7 Desember 2024   16:26 Diperbarui: 7 Desember 2024   16:46 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Kegiatan Pengabdian

Malang, Senin (11/11/2024) dan Senin (25/11/2024) -- Tim Pengabdian Kelompok 1 Mata Kuliah PKN Universitas Negeri Malang mengadakan program pengabdian masyarakat di TK As Salam, Malang. Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah sosial-emosi pada anak usia dini dengan pendekatan edukatif dan kreatif. Kegiatan berlangsung dalam dua tahap, yakni wawancara awal dan implementasi pembelajaran berbasis permainan.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh isu lemahnya kemampuan sosial-emosi pada anak usia dini yang berpotensi memicu tindakan kekerasan, seperti bullying. Jika tidak segera ditangani, masalah ini dapat berdampak buruk pada perkembangan psikologis anak dan hubungan sosialnya. Melalui kolaborasi dengan pihak sekolah, program ini dirancang untuk memberikan solusi nyata yang relevan dengan kebutuhan anak-anak.

"Kami memilih TK As Salam karena melihat potensi kerja sama yang baik antara pihak sekolah, anak-anak, dan orang tua. Kami ingin membantu anak-anak memahami perilaku positif sejak dini melalui pendekatan yang menyenangkan," ujar Ahmad Fauzan, salah satu anggota tim pengabdian.

Tahap Pertama: Wawancara untuk Memahami Masalah

Pada 18 November 2024, kegiatan pengabdian dimulai dengan wawancara singkat terhadap anak-anak di TK As Salam. Tim pengabdian ingin mengetahui latar belakang masing-masing anak, termasuk faktor-faktor yang berpotensi menjadi penyebab perilaku kekerasan.

Dari wawancara ini, ditemukan bahwa 80% anak sudah mampu membedakan perilaku baik dan buruk. Temuan ini menjadi dasar penting untuk merancang pendekatan yang sesuai pada tahap berikutnya. "Meski banyak yang sudah memahami konsep baik dan buruk, masih ada beberapa anak yang memerlukan bimbingan lebih lanjut, terutama dalam mengelola emosi mereka," tambah Fauzan.

Tahap Kedua: Edukasi Lewat Sosialisasi Mengenai Perilaku Positif dan Permainan Menggambar.

Pada 25 November 2024, tim kembali untuk memberikan sosialisasi perilaku baik melalui pendekatan kreatif. Kegiatan dimulai dengan pemutaran video dari seri edukasi "Nusa & Rara" yang berisi nilai-nilai positif. Setelah menonton, anak-anak diminta menyebutkan perilaku baik yang mereka lihat dalam video tersebut. Selanjutnya, anak-anak diajak berdiskusi tentang pengalaman mereka dalam membantu teman atau keluarga, yang memberikan pemahaman praktis mengenai perilaku positif.

Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi
Dokumentasi Kegiatan Sosialisasi
Untuk memastikan pemahaman, anak-anak kemudian menggambar perilaku baik yang mereka lakukan sehari-hari. Hasil gambar ini diolah menjadi animasi sederhana yang langsung diproyeksikan, menciptakan suasana menyenangkan dan membangun rasa bangga pada diri anak-anak. Metode ini dirancang untuk meningkatkan kreativitas anak sekaligus membangun pemahaman visual mengenai pentingnya tindakan baik.

Dokumentasi Kegiatan Menggambar
Dokumentasi Kegiatan Menggambar

Dokumentasi Kegiatan Hasil Proyeksi
Dokumentasi Kegiatan Hasil Proyeksi

"Kami ingin anak-anak merasa terlibat langsung dan bangga dengan apa yang mereka pelajari. Melalui animasi ini, mereka bisa melihat karya mereka dihidupkan kembali," ujar Saudari Adinda Dwi Lestari salah satu anggota tim pengabdian.

Acara ditutup dengan pembagian doorprize kepada anak-anak sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka. Dokumentasi bersama menjadi penanda akhir dari kegiatan yang berjalan sukses ini.

Dokumentasi Kegiatan Pengabdian
Dokumentasi Kegiatan Pengabdian

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan tim pengabdian dari Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini insyallah membantu anak-anak kami untuk lebih memahami pentingnya perilaku baik," ujar Kepala Sekolah TK As Salam.

Program ini berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih harmonis. Anak-anak mulai menunjukkan perubahan perilaku, seperti lebih mudah berbagi dan membantu teman. Melalui program ini, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan kemampuan sosial-emosi yang lebih baik serta menerapkan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari. Semoga program seperti ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun