Mohon tunggu...
Ahmad Syaihu
Ahmad Syaihu Mohon Tunggu... Guru - guru penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

suka membaca, menulis dan berbagi kebaikan lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Takut Mencalonkan Diri pada Kompasiana Awards, Masih Belajar Merangkak di Belantara Kompasiana

8 Oktober 2023   08:19 Diperbarui: 8 Oktober 2023   09:00 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Profil Penulis di Kompasiana (screenshot Kompasiana)

"Jangan meminta jabatan apalagi penghargaan kalau sekiranya kamu memang belum pantas menerimanya" // Ahmad Syaihu

Tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya Kompasiana selalu mengadakan Kompasiana Award, ajang tahunan untuk meberikan apresiasi kepada para kompasianer yang memenuhi kriteria dan ketentuan yang ditentukan admin dan dipilih oleh Kompasianer lainnya.

Kompasiana Awards 2023 merupakan salah satu momen bergengsi bagi para penulis Kompasiana yang telah berkontribusi aktif dalam platform ini. Penghargaan ini adalah pengakuan atas dedikasi, kreativitas, dan kontribusi yang luar biasa dari para Kompasianer. 

Namun, bagi sebagian dari kita, seperti saya, mencalonkan diri untuk penghargaan ini bisa menjadi sesuatu yang menakutkan dan menantang. 

Enam alasan mengapa saya takut untuk mencalonkan diri sebagai penerima Kompasiana Awards 2023:

  1. Kurangnya Pengalaman di Kompasiana:Saya bergabung dengan Kompasiana pada Februari 2023, yang berarti saya baru tujuh bulan menjadi bagian dari komunitas ini. 

  2. Masih kurang berkualitas tulisan saya. Meskipun saya telah menghasilkan 917 tulisan dalam 8 bulan dan mendapatkan respon yang positif dari pembaca, saya masih merasa bahwa saya memiliki banyak hal untuk dipelajari. Terutama kualitas tulisan saya yang sangat minim, terbukti dari 917 tulisan hanya 1 tulisan yang menjadi headline, dan 520 pilihan, selebihnya tak ada penilaian. Kurangnya pengalaman saya di Kompasiana membuat saya ragu untuk bersaing dengan penulis-penulis berpengalaman yang telah lama berkecimpung di sini.

  3. Tingkat Persaingan yang Tinggi: Kompasiana adalah platform yang penuh dengan penulis-penulis berbakat dan berpengalaman. Mencalonkan diri untuk penghargaan berarti bersaing dengan mereka yang memiliki portofolio tulisan yang mengesankan dan basis pembaca yang besar. Tingkat persaingan yang tinggi ini membuat saya merasa cemas tentang kemungkinan memenangkan penghargaan.

  4. Takut Gagal: Mengikuti kompetisi selalu membawa risiko kegagalan. Takutnya, jika saya mencalonkan diri dan tidak memenangkan penghargaan, hal itu bisa membuat saya merasa rendah diri dan kecewa. Rasa takut akan kegagalan bisa menjadi hambatan yang sulit untuk diatasi.

  5. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Hobby Selengkapnya
    Lihat Hobby Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun