Mohon tunggu...
Ahmad Rusdiana
Ahmad Rusdiana Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan, Penulis, Peneliti, Pengabdian Kepada Masyarakat-Pendiri Pembina Yayasan Pendidikan Al-Misbah Cipadung Bandung-Pendiri Pembina Yayasan Tresna Bhakti Cinyasag-Panawangan-Ciamis Jawa Barat

“Learning to Explore, Develop, and Serve”

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penguatan Teknologi dalam Diskusi Kolaboratif untuk Meningkatkan Nilai Kerja Sama

8 Oktober 2024   23:53 Diperbarui: 9 Oktober 2024   02:13 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penggunaan Teknologi dalam Diskusi Kolaboratif untuk Meningkatkan Nilai Kerja Sama Talenta Muda Menuju Indonesia Emas 2045

Oleh: A. Rusdiana

Indonesia sedang memasuki era bonus demografi dengan jumlah penduduk usia produktif yang memuncak menjelang tahun 2030. Ini menjadi kesempatan emas bagi Indonesia untuk mempercepat pembangunan ekonomi dan sosial menuju Indonesia Emas 2045. Salah satu kunci untuk memanfaatkan peluang ini adalah mengembangkan talenta muda yang memiliki keterampilan kerja sama dan kolaborasi, terutama dalam lingkungan pendidikan. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah membuka jalan bagi pengembangan keterampilan kolaboratif melalui teknologi digital. 

Diskusi kolaboratif daring menjadi salah satu cara efektif untuk membentuk generasi muda yang mampu bekerja sama, mendengarkan, dan menghargai pendapat orang lain. Namun, masih banyak tantangan yang dihadapi dalam implementasi teknologi kolaboratif, seperti rendahnya partisipasi aktif siswa atau kurangnya pemahaman tentang cara memberikan umpan balik yang konstruktif. 

Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk membahas bagaimana teknologi dalam diskusi kolaboratif dapat digunakan secara operasional untuk meningkatkan keterampilan kerja sama talenta muda, sehingga mereka siap menghadapi tantangan masa depan. Untuk lebih mendalami dan memahami kepentingan itu, mari kita brake down satu persatu:

Pertama: Platform Kolaboratif Daring untuk Memfasilitasi Diskusi Terbuka; Teknologi memungkinkan diskusi kolaboratif secara daring melalui platform seperti Padlet dan Google Docs, yang memungkinkan siswa berkontribusi secara tertulis dalam forum terbuka. Setiap siswa dapat menulis ide, bertukar pendapat, serta mendiskusikan berbagai topik tanpa harus bertatap muka. 

Hal ini memberi mereka ruang untuk berlatih mengutarakan pendapat secara jelas dan efektif, sekaligus membangun kemampuan mendengar pendapat lain dengan lebih terbuka. Platform ini sangat mendukung komunikasi dua arah, yang merupakan dasar dari kerja sama tim yang baik.

Kedua: Pengembangan Keterampilan Mendengar Aktif dan Menghargai Pendapat Lain; Diskusi kolaboratif daring mengajarkan siswa untuk tidak hanya berbicara, tetapi juga mendengar secara aktif. 

Dengan adanya kesempatan untuk membaca dan merespons ide-ide dari anggota lain secara tertulis, siswa dilatih untuk lebih teliti dalam mendengar dan memahami pandangan orang lain sebelum memberikan umpan balik. Keterampilan ini sangat penting dalam kerja tim, terutama dalam situasi profesional di mana komunikasi yang baik dapat menentukan keberhasilan suatu proyek.

Ketiga: Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif; Teknologi dalam diskusi kolaboratif juga melatih siswa untuk memberikan umpan balik yang konstruktif. Dengan fitur komentar dan edit yang ada di Google Docs, misalnya, siswa dapat memberikan saran dan kritik yang membangun terhadap ide-ide teman satu kelompoknya. Aktivitas ini tidak hanya membantu dalam meningkatkan kualitas proyek, tetapi juga mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan empati, yang penting dalam menjaga harmoni kerja sama.

Keempat: Pencapaian Konsensus dalam Kelompok melalui Kolaborasi Teknologi; Melalui diskusi daring, siswa dilatih untuk mencapai konsensus dengan cara yang lebih terstruktur. Dengan adanya ruang diskusi yang terbuka dan transparan, setiap ide dapat dievaluasi secara objektif oleh seluruh anggota tim. 

Ini membantu menghindari dominasi satu pihak dalam keputusan kelompok dan memastikan bahwa semua suara didengar dan dihargai. Pencapaian konsensus ini menjadi landasan penting dalam membangun sinergi dan kerja sama yang efektif di masa depan.

Kelima: Penguatan Keterampilan Kerja Sama melalui Proyek Kolaboratif Daring;
Penggunaan teknologi dalam diskusi kolaboratif juga memperkuat keterampilan kerja sama dengan memungkinkan siswa bekerja bersama dalam proyek-proyek berbasis tim. 

Dengan adanya fitur kolaborasi real-time, seperti yang ada di Google Docs, siswa dapat secara simultan mengerjakan proyek bersama, berbagi ide, serta membuat revisi tanpa hambatan ruang dan waktu. Pengalaman ini mempersiapkan talenta muda untuk bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya di dunia profesional yang semakin mengglobal.

Penggunaan teknologi dalam diskusi kolaboratif merupakan salah satu pendekatan strategis untuk mengembangkan keterampilan kerja sama talenta muda Indonesia, khususnya dalam konteks pendidikan MBKM. Platform seperti Padlet dan Google Docs memberi ruang bagi siswa untuk belajar mendengarkan, memberikan umpan balik konstruktif, dan mencapai konsensus dalam tim, yang semuanya adalah keterampilan penting dalam dunia kerja modern. 

Untuk memaksimalkan manfaat ini, penting bagi para pendidik untuk mengintegrasikan teknologi kolaboratif secara lebih sistematis ke dalam kurikulum. Hal ini tidak hanya akan memperkuat nilai kerja sama di kalangan siswa, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di era Indonesia Emas 2045. Wallahu A'lam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun