Kenali Manfaat Manjemen Waktu: Untuk Talenta Muda Menyongsong Era Demografi 2030
Oleh: Ahmad Rusdiana
Indonesia diprediksi akan menghadapi bonus demografi pada tahun 2030-2045, di mana 64% dari total jumlah penduduk akan berada dalam usia produktif, yakni antara 15-64 tahun. Bonus demografi ini memberikan peluang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Manajemen waktu dapat dikatakan sebagai ilmu atau upaya manusia agar dapat menggunakan waktu secara berdaya guna dan berhasil guna.
Menurut Atkinson, manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan dengan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu dengan baik.Â
Forsyth, mengatakan bahwa manajemen waktu adalah sebuah cara untuk membuat waktu terkendali sehingga dapat menciptakan efektivitas dan produktivitas. Sedangkan Akram berpendapat bahwa menajemen waktu adalah kemampuan menggunakan waktu yang efektif dan efisien untuk memperoleh manfaat yang maksimal.
Artikel ini akan Manfaat Manajemen Waktu: Untuk Talenta Muda Menyongsong Era Demografi 2030. Â Jika dilihat lebih mendalam maka manajemen waktu sangat bermanfaat agar tidak lagi ada waktu yang terbuang dengan sia-sia terlebih saat pandemi seperti ini tidak sedikit lembaga pendidikan yang hanya memberikan 2-3 jam pelajaran dalam kesehariannya, maka masih banyak waktu produktif yang tersisa, dan harus di manfaatkan dengan sebaik mungkin. Abdillah et al. (2020). menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi manfaat ketika kita mampu mengelola waktu yang kita miliki yaitu:
Pertama: Melatih diri menjadi pribadi yang disiplin; Dengan manajemen waktu yang baik, dapat membantu kita mengelola dan memanfaatkan waktu, sehingga pekerjaan yang dilakukan lebih terarah karena sudah ada jadwal waktu yang menjadi patokannya. Apabila kita konsisten, dan komitmen dengan manajemen waktu yang dimiliki, maka perlahan-lahan sikap ini akan membentuk diri kita menjadi pribadi yang disiplin.
Kedua: Membuat pekerjaan lebih terstruktur; Bagi pegawai yang mempunyai banyak tugas terkadang akan kewalahan, maka manajemen waktu harus digunakan. Cara sederhananya adalah dengan membuat daftar susunan pekerjaan dari yang paling urgent ke yang biasa. Mana pekerjaan yang harus diselesaikan sekarang, dan mana pekerjaan yang bisa dilakukan kemudian, atau bisa didelegasikan kepada orang lain. Sehingga tidak ada pekerjaan yang terbengkalai.
Ketiga: Membantu untuk memiliki sikap tanggung jawab; Biasanya seseorang dicap sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab ketika diberi kepercayaan untuk mengemban suatu tugas, namun tidak selesai sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, kita perlu menerapkan manajemen waktu yang baik, agar dapat menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab kita kepada atasan atau perusahaan.
Keempat: Semua pekerjaan selesai lebih cepat; Salah satu manfaat manajemen waktu yang baik, yaitu menjadikan pekerjaan selesai lebih cepat. Dengan demikian, maka kita bisa menikmati waktu istirahat dengan tenang, tidak terburu-buru dan tidak merasa terbebani dengan pekerjaan yang belum selesai. Untuk itu tentu kita tidak boleh menunda-nunda pekerjaan yang memang harus diselesaikan.
Kelima: Kesempatan untuk mencapai tujuan hidup yang lebih besar; Setiap orang di dunia ini pasti mempunyai tujuan hidup. Sayangnya, tidak semua orang berhasil untuk mencapai tujuan hidup tersebut. Kebanyakan yang menjadi penyebab kegagalan adalah kelalaian dalam mengelola waktu dengan baik.Â
Jangan sampai terjadi kondisi di mana waktu terus bergerak, sementara upaya untuk mencapai tujuan belum terlaksana. Itulah tujuan manajemen waktu yang sangat membantu kita dalam meraih tujuan hidup yang sudah lama diimpikan. Mumpung masih di awal tahun, mari kita atur kembali tujuan hidup kita, dengan menyusun rencana dan prioritas kegiatannya.
Keenam: Menjadi pribadi yang profesional; Bagaimana manajemen waktu yang baik, dapat membuat kita menjadi pribadi yang profesional? Alasannya, selain karena beberapa yang telah disebutkan diatas, seperti melatih kedisiplinan dan tanggung jawab, juga mampu membantu untuk memetakan setiap kegiatan yang akan dilaksanakan.Â
Kita akan mampu memetakan mana pekerjaan kantor, urusan keluarga, dan pribadi. Jadi sudah ada waktu yang jelas kapan pikiran dan tenaga fokus untuk kantor atau keluarga. Sehingga menjadi lebih mudah dalam bersikap, dan akan menjadi pribadi yang profesional.
Krujuh: Mampu mengurangi tingkat stres; Alasan lain, pentingnya manajemen waktu adalah berkaitan dengan kondisi psikologis. Ketidakmampuan mengelola kegiatan atau tugas dengan baik, akan membuat kita bingung, keteteran, pusing, dan stres sendiri.Â
Oleh karena itu, marilah kita coba melakukan manajemen waktu dengan benar. Mungkin bisa dilakukan secara perlahan-lahan, namun demikian harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan disiplin agar bisa menjadi kebiasaan atau habit yang baik.
Sebagai Talenta muda, kita tentunya harus mempunyai rencana dan tujuan hidup yang jelas. Untuk mencapai tujuan hidup atau rencana tersebut tentu memerlukan waktu. Kapan akan dimulai, berapa lama akan dicapai, besok melakukan apa, minggu depan apa, bulan depan harus bertemu siapa, dan sebagainya. Pendek kata sangat penting bagi kita untuk memiliki manajemen waktu.Â
Wllahu A'lam.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H