Mohon tunggu...
El Sabath
El Sabath Mohon Tunggu... Lainnya - Pengamat Sosial Fenomena

"Akar sosial adalah masyarakat dan kajemukan, dan "Fenomena Sosial Di dasarkan pada gambaran nilai normatif Individu, terhadap ruang interaktif relasi sosial, hal yang mendasar adalah sosial sebagai fenomena individu yang tidak terlepas dari sumberdaya, yang relatif dan filosofis, dan apakah ranah sosial adalah sesuatu yang sesuai makna filosofis, atau justru gambaran dari kehampaan semata, yang tidak dapat di ukur sikap atau ruang lingkup sosialkah, yang berarti suatu ilutrasi pamplet kekacauan revolusi massa, atau komunisme historis dalam sejarah pergerakan politik?"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rebab Minang: Koskata Kisah dalam Tradisi Semiotis Kultural Minang-kabau

15 Oktober 2024   14:24 Diperbarui: 15 Oktober 2024   14:36 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gosumbar.com - Pemerintah Tetapkan Rabab Minang Sebagai Warisan Budaya Takbenda.

# Rebab Minang: Sebuah Kosakata Mengenai Kisah Dalam Tradisi Lisan.


RII. Rabab Pesisie Alat Musik Bersejarah Minang-kabau. 

Rebab Minang, sebuah alat musik gesek tradisional dari Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia, memainkan peran integral dalam menjaga dan mentransmisikan warisan budaya lisan masyarakat Minangkabau. Instrumen ini tidak hanya berfungsi sebagai pengiring musikal, tetapi juga sebagai jembatan yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini melalui narasi dan melodi yang dihasilkannya.

Dalam tradisi lisan Minangkabau, rebab sering digunakan untuk mengiringi penyampaian kaba, yaitu cerita panjang yang mengandung nilai-nilai moral, sejarah, dan adat istiadat. Menurut Suryadi (2016), kaba merupakan bentuk sastra lisan yang paling kompleks dalam budaya Minangkabau, mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat[^1]. Proses penyampaian kaba, yang dikenal sebagai bakaba, melibatkan seorang tukang kaba (pencerita profesional) yang mahir dalam seni bertutur dan memainkan rebab.

Penggunaan rebab dalam narasi lisan ini menciptakan atmosfer yang unik, membantu dalam penyampaian emosi dan menekankan ritme cerita. Hal ini sejalan dengan pendapat Hajizar (2019) yang menyatakan bahwa musik rebab berfungsi sebagai "penanda bunyi" yang memperkuat makna dan pesan dalam tradisi lisan Minangkabau[^2].

Kosakata yang berkaitan dengan rebab Minang dan tradisi lisan mencerminkan kekayaan budaya dan kompleksitas seni pertunjukan ini. Beberapa istilah penting meliputi:

1. Kaba: Cerita panjang dalam tradisi Minangkabau
2. Bakaba: Aktivitas bercerita atau menyampaikan kaba
3. Tukang kaba: Pencerita profesional yang mahir dalam menyampaikan kaba
4. Dendang: Nyanyian yang sering mengiringi permainan rebab
5. Saluang: Alat musik tiup yang kadang dipadukan dengan rebab

Andar Indra Sastra (2017) dalam penelitiannya mengemukakan bahwa interaksi antara musik rebab, teks kaba, dan konteks pertunjukan menciptakan sebuah pengalaman estetis yang kompleks bagi pendengar[^3]. Hal ini menunjukkan bahwa rebab Minang bukan sekadar instrumen musik, tetapi juga merupakan medium penting dalam preservasi dan transmisi pengetahuan budaya.

Namun, seperti banyak tradisi lisan lainnya di era modern, keberlangsungan seni rebab Minang dan bakaba menghadapi tantangan. Ediwar (2020) menggarisbawahi pentingnya upaya pelestarian dan revitalisasi tradisi ini melalui pendidikan dan dokumentasi[^4]. Inisiatif semacam ini penting untuk memastikan bahwa kosakata kisah yang terkandung dalam tradisi rebab Minang tetap relevan dan dapat diapresiasi oleh generasi mendatang.

Kesimpulannya, rebab Minang merepresentasikan lebih dari sekadar alat musik; ia adalah penjaga kosakata mengenai kisah dalam tradisi lisan Minangkabau. Melalui melodi dan narasi yang dihasilkannya, rebab Minang terus memainkan peran vital dalam melestarikan dan mentransmisikan warisan budaya yang kaya dari masyarakat Minangkabau.

# Rebab "Kerinduan" dan Penandaan Peristiwa dalam Semiotika Kultural Minangkabau.


Dalam lanskap budaya Minangkabau, rebab memiliki posisi yang unik sebagai instrumen musik dan sebagai pembawa makna kultural. Rebab "Kerinduan", sebuah variasi khusus dari rebab Minang, menjadi fokus menarik dalam studi semiotika kultural. Esai ini akan mengeksplorasi bagaimana rebab "Kerinduan" berfungsi sebagai penanda peristiwa dalam konteks budaya Minangkabau, dan bagaimana hal ini dapat diinterpretasikan melalui lensa semiotika kultural.

## Rebab "Kerinduan" dalam Konteks Budaya Minangkabau

Rebab "Kerinduan" adalah varian dari rebab Minang yang secara khusus terkait dengan ekspresi emosional kerinduan atau nostalgia. Menurut Andar Indra Sastra (2018), rebab ini sering digunakan dalam pertunjukan yang bertemakan perpisahan, perantauan, atau kenangan akan kampung halaman[^1]. Suaranya yang melankolis dianggap mampu mewakili perasaan rindu yang mendalam, sebuah emosi yang sangat penting dalam budaya Minangkabau yang memiliki tradisi merantau.


## Semiotika Kultural dan Penandaan Peristiwa.

Dalam konteks semiotika kultural, rebab "Kerinduan" dapat dilihat sebagai sebuah tanda yang kompleks. Mengacu pada teori semiotika Charles Sanders Peirce, kita dapat menganalisis rebab ini sebagai berikut:

1. **Ikon**: Suara rebab "Kerinduan" menjadi ikon dari perasaan rindu itu sendiri. 2. **Indeks**: Kehadiran rebab "Kerinduan" dalam sebuah pertunjukan menjadi indeks bahwa tema kerinduan atau nostalgia akan diangkat. 3. **Simbol**: Dalam budaya Minangkabau, rebab "Kerinduan" telah menjadi simbol dari ikatan emosional dengan tanah kelahiran dan pengalaman merantau.

Hajizar (2019) menjelaskan bahwa dalam pertunjukan tradisional Minangkabau, pemilihan instrumen musik sering menjadi penanda awal bagi audiens tentang jenis cerita atau emosi yang akan disampaikan[^2]. Dengan demikian, rebab "Kerinduan" berfungsi sebagai penanda peristiwa, memberikan konteks emosional dan naratif bahkan sebelum pertunjukan dimulai.

## Penandaan Peristiwa dalam Pertunjukan.

Dalam pertunjukan yang melibatkan rebab "Kerinduan", beberapa elemen menjadi penanda peristiwa yang signifikan:
1. **Introduksi Musikal**: Melodi pembuka yang dimainkan oleh rebab "Kerinduan" menjadi penanda dimulainya narasi tentang kerinduan atau perpisahan. 2. **Perubahan Nada**: Perubahan dalam nada atau intensitas permainan rebab sering menandai perubahan dalam alur cerita atau intensitas emosi yang disampaikan. 3. **Interaksi dengan Vokal**: Saat rebab "Kerinduan" berinteraksi dengan elemen vokal (seperti dalam dendang), ini sering menandai momen-momen penting dalam narasi. 4. **Kesenyapan**: Momen-momen ketika rebab berhenti bermain juga menjadi penanda, sering menandai transisi atau momen refleksi dalam cerita.

## Interpretasi Kultural.

Ediwar (2021) berpendapat bahwa penggunaan rebab "Kerinduan" dalam pertunjukan tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk meneguhkan identitas kultural Minangkabau[^3]. Melalui penggunaan instrumen ini, masyarakat Minangkabau mengekspresikan dan menegosiasikan konsep-konsep penting dalam budaya mereka seperti merantau, hubungan dengan tanah leluhur, dan dinamika antara tradisi dan modernitas.

gosumbar.com - Pemerintah Tetapkan Rabab Minang Sebagai Warisan Budaya Takbenda.
gosumbar.com - Pemerintah Tetapkan Rabab Minang Sebagai Warisan Budaya Takbenda.

gosumbar.com

Rebab "Kerinduan" dalam konteks semiotika kultural Minangkabau berfungsi sebagai penanda peristiwa yang kaya makna. Melalui suara, konteks penggunaan, dan interaksi dengan elemen pertunjukan lainnya, rebab ini menjadi medium yang powerful dalam mengkomunikasikan dan menegosiasikan makna kultural. Pemahaman tentang peran semiotik rebab "Kerinduan" ini tidak hanya memperkaya apresiasi terhadap seni pertunjukan Minangkabau, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana masyarakat Minangkabau memahami dan mengekspresikan konsep-konsep kultural yang penting bagi mereka.
**Referensi:**

[^1]: Sastra, A. I. (2018). Estetika Hegemoni Talempong Pacik dalam Upacara Batagak Panghulu di Minangkabau. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 19(1), 35-45.

[^2]: Hajizar. (2019). Seni Pertunjukan Tradisi Lisan Minangkabau: Rebab Pesisir Selatan. Jurnal Humanus, 18(1), 55-66.

[^3]: Ediwar. (2021). Revitalisasi dan Reaktualisasi Musik Tradisional Minangkabau sebagai Identitas Budaya Bangsa. Jurnal Ekspresi Seni, 23(1), 1-15.

**Referensi:**

[^1]: Suryadi. (2016). The Recording Industry and 'Regional' Culture in Indonesia: The Case of Minangkabau. Wacana, 17(1), 1-31.

[^2]: Hajizar. (2019). Seni Pertunjukan Tradisi Lisan Minangkabau: Rebab Pesisir Selatan. Jurnal Humanus, 18(1), 55-66.

[^3]: Sastra, A. I. (2017). Estetika Hegemoni Talempong Pacik dalam Upacara Batagak Panghulu di Minangkabau. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 18(1), 27-39.

[^4]: Ediwar. (2020). Revitalisasi dan Reaktualisasi Musik Tradisional Minangkabau sebagai Identitas Budaya Bangsa. Jurnal Ekspresi Seni, 22(1), 1-15.
RRI.   https://www.rri.co.id/daerah/662889/rabab-pasisie-alat-musik-khas-minangkabau-yang-bersejarah

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun