Mohon tunggu...
ach arif
ach arif Mohon Tunggu... Mahasiswa - publik, pendidikan, ekonomi, budaya, seni, sosial, teknologi, kesehatan

saya ach arif biasa di panggil arif saya merupakan mahasiswa di stkip pgri bangkalan madura dari program studi pendidikan ekonomi, saya mahasiswa yang cukup aktif di berbagai oraganisasi yang ada di dalam kampus, dan saya benyak mengekuiti kegitan untuk menambah skill saya, dan saya pribadi yang cukup ambis dalam mencapai sesuatu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Generasi Muda dalam Pemerataan Pendidikan Indonesia

10 Mei 2022   02:04 Diperbarui: 12 Mei 2022   11:09 7953
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENDAHULUAN 

Sekolah merupaka tempat untuk belajar serta pendidikan merupakan wadah untuk setiap siswa maupun mahasiswa untuk mengeyam pendidikan untuk mencari jati diri yang sesungghnya sebab dengan pendidikan dapat turut serta dalam pembangunan serta membuka jalan untuk mewujudkan apa yang meraka impikan dengan pendidikan yang mereka lalui, pelatihan, riset ataupun praktek serta mitode- mitode yang bisa tingkatkan mutu jati diri setiap siswa ataupun mahasiswa, dengan terdapatnya pendidikan tersebut setiap siswa ataupun mahasiswa bisa menyelasaikan serta mengungkapkan permasalahan yang terdapat di dalam dirinya sendiri serta pula lingkungan sekitarnya. 

Diindonesia sendiri pendidikan wajib di tempuh minimum 12 tahun tetapi kenyataannya masih banyak anak- anak yang tidak mampu dalam menempuh pendidikan 12 tahun tersebut sebab aspek ekonomi serta sember daya manusia, pembiayan pendidikan yang wajib di keluarakn oleh orang tua semacam spp yang besar belum sanggup untuk mereka penuhi. Perihal tersebut yang mambuat masih terdapatnya anak yang belum meraskan pemerataan pendidikan diindonesia sementara itu kualitas sesuatu negara dapat di amati dari kualitas pendidikannya.

Pendididkan merupakan perihal utama yang akan menopang kemajuan sesuatu bangsa. Kemajuan sesuatu bangsa tersebut dapat diukur dari mutu serta sistem pendidikan yang terdapat dalam suatu negara tersebut, masalah pokok pendidikan nasional yang butuh di prioritaskan penanggulangannya salah satunya ialah masalah pemerataan pendidikan, pendidikan di negara kita tercinta ini ialah indonesia masih belum menyeluruh keseluruh penjuru polosak desa ataupun perkotaan sampai detik ini. Masih banyak orang- orang yang belum memperoleh pendidikan yang seharusnyanya mereka terima. Sementara itu pendidikan ialah aspek sangat penting yang akan menjadi gerbang kesuksesan setiap manusia yang terdapat di dunia ini.

Sebagai  generasi muda banyak sekali upaya yang bisa kita jalani demi pendidikan bangsa ini sebab kita merupakan  kunci utama gerbang awal merdeka belajar untuk memeratakan pendidikan demi menciptakan generasi- generasi emas bangsa indonesia. 

Dimana generasi muda pula memerlukan dukungan dari pemerintah sebab bila kita bekerja sama maka kita semua pasti bisa menciptakan kekuatan yang jauh lebih besar buat menanggulangi masalah pendidikan di indonesai ini, tampa adanya kolaborasi antar generasi muda maka keingina untuk mercapai tujuan pemerataan pendidikan dengan baik sulit untuk dicapai. jika kita hanya diam saja, maka untuk mencapai kemajuan suatu pendidikan itu sulit untuk kita capai. 

Kita wajib turut andil dalam pemerataan pendidikan kita sebagai generasi muda bisa turut berpartisipasi menyebarkan ilmu tampa memandang sebelah mata sasaran yang hendak kita tuju. 

Generasi muda jadi sasaran yang sangat pas untuk turut berperan demi pemerataan pemdidikan sebab generasi muda mempunyai jiwa kreatifitas, semangat, inovasi, dan jiwa peduli yang besar serta bila jiwa generasi muda mulai bergerak demi pemerataan pendidikan hingga gerbang merdeka belajar bisa terus terbuaka serta menciptakan generasi-generasi yang cerdas serta maju sehingga bisa membanggakan bangsa indonesia.

ISI

Pendidikan merupakan kunci utama majunya suatu negara. Yang menjadi persoalan saat ini ialah siapakah yang memegang kunci utama tersebut. Apakah pemerintah atau generasi muda bangsa. Jawabanya merupakan kedua- duanya saling berperan. Mengapa demikian, sebab generasi muda bangsa dijuluki sebagia ujung tombak majunya suatu negara. sebaliknya pemerintah merupakan sebagai fisilitator. 

Dimana disini pemerintah memberikan fasilitas dan kesempatan yang seluas- luasnya kepada generasi- generasi emas bangsa dalam menempuh pendidikan tampa memahami banyaknya perbandingan sebab keadilan dalam memproleh pendidkan sangat dibutuhkan supaya terciptanya pemerataan pendidika nasional indonesia. Staf khusus pendidikan serta kebudayaan Pramoda dei sudarmo berkata, indonesia butuh perbanyak inovosi untuk meningkatkan serta pemerataan pendidikan nasional. 

Oleh sebab itu, disinilah kedudukan generasi- generasi muda indonesia yang wajib turut aktif berfungsi demi pemerataan pendidikan bangsa indonesia supaya terus berjalanya merdeka belajar yang sebetulnya demi kesuskesan pendidikan indonesia

Permasalahan pemerataan pendidikan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sosial budaya serta warga sebagai supersistem. Pembangunan sistem pendidikan tidak memiliki makna apa- apa bila tidak sinkron dengan pembangunan nasional. 

Ikatan erat antara bidang pendidkan sebagai sistem dengan sosial budaya sebagai supersistem tersebut. dimana sistem pendidikan menjadi bagiannya, maksudnya suatu permasalahan intern dalam sistem pendidikan senantiasa terdapat hubungannya dengan permasalahan di luar sistem pndidikan itu sendiri. Pada dasarnya terdapat 2 permasalahan pokok yang dialami oleh pendidikan nasional  indonesia yaitu

  • Bagaimana supaya seluruh masyarakat Indonesia bisa mengeyam pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai universitas
  • Bagaimana  pendidikan yang diperoleh bisa membekali kepada masyarakat Indonesia suatu keahlian, supaya pada saatnya terjun kedunia kerja siap mengamalkan keterampilkan yang telah di peroleh. berikutnya didalam terdapat ( 4) permasalahan yang jadi prioritas buat di tanggulangi di antara lain:
  • Pemerataan pendidikan
  • Kualitas pendidikan
  • Efisiensi pendidikan
  • Relevansi pendidikan

Serta disini saya akan mangulas masalah pemerataan pendidikan yang terdapat di negara tercinta kita ini ialah indonesia, masalah pemerataan pendidikan. merupakan perkara bagaimana sistem pendidikan bisa menyediakan peluang yang seluas- luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memperoleh pendidikan, sehingga pendidikan itu jadi wahana untuk pembangunan sumber daya manusia untuk menujang program pembangunan. 

Masalah pemerataan pendidikan mencuat apabila masih banyak warga negara khususnya anak usia sekolah yang tidak bisa di tampung di dalam sistem suatu lembaga pendidikan sebab minimnya fasilitas pendidikan yang ada. Pada awal mulanya. Di tanah air kita pemerataan pendidikan itu sudah dinyatakan di dalam undang- undang nomor 4 tahun 1950 sebagai dasar pendidikan serta pengajaran disekolah. Pada bab XI, pasal 17 berbunyi:" Masing- masing masyarakat negara Republik Indonesia memiliki hak yang sama untuk diterima jadi murid suatu sekolah bila syarat- syarat yang ditentukan serta pengajaran pada sekolah itu dipenuhi". 

Seluruh anak yang telah berusia 6 tahun berhak serta yang telah berusia 8 tahun diwajibakan belajar disekolah, sedikitnya 6 tahun lamanya." Ayat 2 menyatakan." Belajar disekolah agama yang sudah mendapat pengakuan dari menteri agama dikira sudah penuhi kewajiban belajar" landasan yuridis pemerataan pendidikan tersebut berarti sekali maksudnya, Dimana pendidikan dipandang penting karena bagaimana anak- anak usia sekolah mendapatkan peluang belajar pada SD, hingga mereka mempunyai bekal dasar berbentuk keahlian membaca, menulis, serta menghitung sehingga mereka bisa mengikuti pertumbuhan kemajuan lewat berbagia media masa serta sumber belajar yang ada untuk mereka. Dengan demikian mereka tidak terbelakang serta tidak jadi penghambat dalam pembangunan. 

Oleh sebab itu, dengan memandang tujuan yang tercantum di dalam upaya pemerataan pendidikan tersebut, untuk mempersiapkan warga serta generasi muda supaya bisa berpartisipasi dalam pembangunan, sehingga pelaksanaan upaya pemerataan pendidikan terpenuhi. Karena pendidikan sebagai gerbang awal merdeka belajar. Bila kita memandang kalau indonesia ini terdiri dari beribu pulau dengan latar balakang ekonomi serta sumber daya manusia yang berbeda- beda. 

Maka dengan demikian dalam pemerataan pendidikan di indonesia ini terdapat tiga ( 3) perihal aspek sangat berarti yang butuh dicermati ialah Sumber daya Manusia( SDM) yang mencukupi. Infrastruktur, serta teknologi. Dalam perihal ini semacam yang kita ketahui bersama kalau, di indonesia masih banyak geneasi- generasi emas bangsa yang putus sekolah, tidak cuma dipolosok desa namun pula diperkotaan. Aspek ini bila kita memandang lebih dalam lagi, ini dipengaruhi oleh sumber daya manusianya kurang.

Berbicara tentang pemerataan pendidikan sebagai gerbang awal merdeka belajar ini sebetulnya tidak cuma berbicara 3T. namun lebih dari itu, pemerataan pendidikan ini bagaimana pemerintah sukses mengfasilitasi Sumber daya Manusia( SDM) untuk mengantar generasi- generasi emas bangsa, untuk membagikan peluang serta kesempatan merdeka belajar dalam meningkatkan kemampuan diri generasi- generasi emas bangsa, baik yang terdapat dipolosok ataupun yang terdapat di perkotaan baik dari jenjang pendidikan sekolah dasar ataupun universitas, karena Pemerataan pendidikan indonesia ialah hak yang digengam seluruh generasi emas bangsa tampa memandang ras, suku, agama, serta kalangan, seperti yang dituangkan dalam sila pancasila yang ke- 5 ialah keadilan bagi Seluruh Rakayt Indonesai 

Dalam perihal ini pastinya yang butuh dicermati merupakan bagaimana generasi- generasi emas bangsa memperoleh keadilan dalam mendapatkan pendidikan yang sama baik di perkotaan ataupun di wilayah 3T, baik di sekolah dasar ataupun di universitas agar masa depan pendidikan indonesia yang diharapkan dalam suatu ungkapan berkata"kualitas  sesuatu bangsa ditentukan dari sektor pendidikannya, gagalnya suatu pendidikan berakibat pada gagalnya sesuatu bangsa, berhasilnya pendidikan secara otomatis membawa kemajuan suatu bangsa" jadi pendidikan ialah ujung tombak perbaikan sesuatu bangsa; sebagaimana banyak ahli pendidikan berkata kalau salah satu metode didalam memperbaiki bangsa secara mental, moral, sosial, budaya, politik serta ekonomi merupakan lewat sistem pendidika. 

Kita ketahui kalau pendidikan ialah investasi masa depan. Kita sebagai masyarakat tidak dapat berharap secara instan terhadap negara ini untuk suatu perubahan yang besar, karena suatu perubahan tidak segampang membalikkan telapak tanggan, butuh adanya proses yang panjang, di tambah dengan luasnya daerah indonesia manjadi salah satu tidak meratanya program pendidikan sehingga banyak generasi emas bangsa usia sekolah tidak bisa mengeyam pendidikan, inilah krusialnya pendidikan di indonesia. 

Sedangkan tujuan pendidikan yang wajib dicoba merupakan mempersiapkan masyarakat negeri yang bisa berfungsi secara aktif, bermoral besar, memiliki rasa toleransi besar dan demokratis sehingga bisa mempertahankan persatuan bangsa bukan perpecahan. 

Serta yang lebih utama dari tujuan pendidikan merupakan mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan manusia indonesai yang seutuhnya ialah manusia yang bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa, memiliki budi pekerti luhur, keahlian, individu yang baik( mandiri, tanggung jawab) dimasyarakat serta bangsa buat itu perencanaan empat ( 4) pilar pembelajaran butuh dibesarkan yaitu:

1. Belajar untuk mengetahui ( learning to know)

2. Belajar untuk melaksanakan sesuatu yang terampil ( learning to do)

3. Belajar menjadi seseorang( learning to be)

4. Belajar menjadi hidup bersama( learnig to live together).

Dengan demikian kita bisa menguasai pendidikan masa depan indonesia merupakan arah kepada kenaikan kualitas intelektual yang bermoral dan handal. Dengan keahlian yang profesioanl dan kreatif diharapkan sanggup menolong menanggulangi pengangguran, sebaliknya dengan perilaku moral yang besar diharapkan sanggup menguasai pentingnya hidup  bersama serta saling tolong menolong. #KampusMerdeka #KampusMengajar

Kesimpulan 

Pedidikan merupakan kunci utama majunya sesuatu negeri, Yang menjadi persoalan saat ini ialah siapakah yang memegang kunci utama tersebut Apakah pemerintah ataupun generasi muda bangsa, disinilah kedudukan generasi- generasi muda indonesia yang wajib turut aktif berfungsi demi pemerataan pendidikan bangsa indonesia supaya terus berjalanya merdeka belajar yang sebetulnya demi kesuskesan pendidikan indonesia, pendidikan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sosial budaya serta warga. 

Permasalahan pemerataan pendidikan merupakan perkara bagaimana sistem pendidikan bisa menyediakan peluang yang seluas- luasnya kepada seluruh masyarakat negeri untuk memperoleh pendidikan, sehingga pendidikan itu jadi wahana untuk pembangunan sumber daya manusia untuk menujang program pembangunan. Permasalahan pemerataan pendidikan mencuat apabila masih banyak warga negeri khususnya anak usia sekolah yang tidak bisa di tampung di dalam sistem sesuatu lembaga pendidikan sebab minimnya fasilitas pendidikan yang ada. 

Pada awal mulanya. Di tanah air kita pemerataan pendidikan itu sudah dinyatakan di dalam undang- undang nomor 4 tahun 1950 sebagai dasar pendidikan serta pengajaran disekolah. Pada bab XI, pasal 17 berbunyi:" Masing- masing masyarakat negara Republik Indonesia memiliki hak yang sama buat diterima jadi murid suatu sekolah bila syarat- syarat yang ditentukan serta pengajaran pada sekolah itu dipenuhi".

landasan yuridis pemerataan pendidikan tersebut berarti sekali maksudnya, selaku landasan penerapan upaya  pemerataan pendidikan guna mengejar ketinggalan sebagai akibat penjajahan. Dengan demikian mereka tidak terbelakang serta tidak jadi penghambat dalam pembangunan. Oleh sebab itu, dengan memandang tujuan yang tercantum di dalam upaya pemerataan pendidikan tersebut, untuk mempersiapkan warga serta generasi muda supaya bisa berpartisipasi dalam pembangunan, sehingga pelaksanaan upaya pemerataan pendidikan terpenuhi.

Daftar Pustaka

Eifachmi. Amin, 2016. Pengantar Pendidikan, Erlangga

Thasya Ralenda. 2022 Pemeratann Pendidikan Sebagai Gerbang Awal Merdeka Belajar

https://www.kompasiana.com/thasyaralenda7763/6264bfba379413eb40565f2/pemerataan-pendidikan-sebagai-gerbang-awal-merdeka-belajar diakses pada 28 april 2022

Dewantara. Ki Hadjar, 1997. karyaKi Hadjar Dewantara Bagian pertama: pendidikan: Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Bernadinus Jandon. 2022 Pemeratann Pendidikan Sebagai Gerbang Awal Merdeka Belajar

https://www.kompasiana.com/amp/bernadinus 71688/62622ac4bb44866257150282/pemerataan-pendidikan-sebagai-gerbang-awal-merdeka-belajar diakses pada 28 april 2022

Sekretariat GTK. 2020 Read News Merdeka Belajar

https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/merdeka-belajar diakses pada 29 april 2022

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun