Mohon tunggu...
Ahaddigital Artikel
Ahaddigital Artikel Mohon Tunggu... Wiraswasta - Digital Marketing Agency
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Ahad Digital adalah sebuah perusahaan digital agency yang berfokus pada pemasaran online dengan sistem kemitraan. Kami ingin membangun kemitraan dengan bisnis-bisnis yang potensial untuk dipasarkan secara online.Tim Ahad Digital terdiri dari para profesional berpengalaman di bidang Digital Marketing yang telah bersertifikasi Google dan Facebook. Ahad memegang nilai penting dalam membangun kemitraan yaitu Amanah, Profesional & Bekerja Keras.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Keyword Tapering: Sebuah Evolusi dari SKAG

6 September 2021   02:21 Diperbarui: 6 September 2021   02:36 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tidak ada strategi PPC (iklan berbayar) yang sempurna, bahkan strategi terkuat yang selama ini kita semua andalkan sekalipun.

Strategi PPC akan terus berkembang sepanjang waktu. 

Strategi yang dulunya berhasil di masa lalu akan menjadi usang oleh algoritma, otomatisasi google, dan strategi pengiklan yang lebih efektif.

Salah satu strategi PPC yang dulu hangat diperbincangkan adalah SKAG (Single Keyword Ad Group).

Seperti namanya, strategi ini menggunakan satu keyword untuk setiap Ad group yang terbukti mampu meningkatkan click-through-rate (CTR), quality score (QS), dan terutama konversi.

Strateginya juga cukup mudah diterapkan, bahkan untuk advertiser pemula sekalipun.

Tetapi ketika semua orang menggunakan "resep rahasia" yang sama, Anda perlu meningkatkan strategi Anda untuk tetap unggul. 

Untuk tujuan ini, keyword tapering (pengurangan/penyusutan kata kunci) --- strategi yang memungkinkan pengiklan memfilter dan memilah kata kunci yang paling menghasilkan konversi --- sangat penting.

Di situlah Keyword Tapering berperan.

Para Advertiser menemukan bahwa Keyword Tapering dapat meningkatkan konversi secara tajam dan menurunkan biaya per konversi bila digabungkan dengan strategi SKAG dibandingkan dengan hanya menggunakan SKAG.

Kita akan mempelajari detail mengenai Keyword Tapering dan menunjukkan cara mencapai hasil yang terbaik. 

Untuk memahami Keyword Tapering dan cara kerjanya, mari kita mulai dari awal.

Misi: Memecahkan Batasan SKAG

Jika Anda telah menerapkan strategi SKAG ke iklan Google Anda, Anda mungkin telah memperhatikan bahwa meskipun itu meningkatkan CTR Anda, memberi Anda quality score yang lebih baik dan menurunkan biaya per klik (CPC) Anda, SKAG juga memiliki beberapa batasan.

Penggunaan keyword match types, yang memfilter traffic pencarian yang tidak relevan, dapat menjadi bumerang dan menurunkan jumlah audiens yang tersedia.

Hal ini karena saat Anda memfilter traffic yang tidak relevan, Anda mungkin akan meninggalkan beberapa keywords relevan yang tidak ada dalam radar Anda.

Selain itu, karena perbedaan keyword match types yang digunakan di SKAG, kueri penelusuran sering dikaitkan dengan jenis pencocokan yang berbeda (tertukar). 

Hal ini dapat mengacaukan data dan mempersulit penyesuaian anggaran Anda berdasarkan analisis karena mungkin tidak sepenuhnya akurat.

Ada dua masalah utama saat menggunakan SKAG:

Penggunaan keyword match types yang berlebihan memfilter traffic yang tidak relevan, tetapi juga dapat sangat menurunkan jumlah audiens Anda yang tersedia. 

Tentu, Anda mencegah anggaran Anda terbuang percuma untuk traffic yang tidak relevan, tetapi Anda juga bisa melewatkan beberapa kueri penelusuran relevan yang terbukti potensial.

Tidak peduli seberapa baik Anda mengoptimalkan SKAG untuk keyword yang Anda targetkan, akan masih banyak data berantakan yang akan Anda terima. 

Karena ada tiga jenis pencocokan yang digunakan, kueri penelusuran dapat disalahartikan ke jenis pencocokan yang salah. 

Ini dapat membuat penyesuaian anggaran Anda menjadi taruhan.

Namun, ada solusi untuk masalah ini -- Keyword Tapering. 

Ini memanfaatkan kampanye "Broad Match Modifier" untuk mencari kueri penelusuran yang relevan yang mungkin ingin Anda iklankan melalui kampanye terpisah.

Keyword Tapering juga menggunakan kampanye "Exact Match" untuk menghindari kueri penelusuran yang tidak relevan di target audiens Anda. 

Dengan menggunakannya, Anda akan mengekstrak semua kueri penelusuran penting dari kampanye penambangan Anda dan mentransfernya ke kampanye "Exact Match" untuk mencapai kesuksesan yang optimal. 

Ini akan meningkatkan kampanye Exact Match Anda bersama dengan CTR, konversi, pendapatan, dan ROI Anda.

Untuk meningkatkan keefektifan SKAG, Anda perlu menyebarkan jaring yang lebih luas dan menangkap istilah pencarian relevan yang mungkin tidak Anda sadari. 

Apa Itu Keyword Tapering

Keyword tapering merupakan evolusi atau perluasan dari pendekatan SKAG dan dikembangkan untuk mengatasi kelemahan strategi SKAG. 

Strategi ini dirancang untuk membantu Anda memanfaatkan penargetan terperinci SKAG dan memastikan bahwa "exact match" di kampanye memang benar-benar bekerja. 

Berikut ini cara meruncingkan keyword dan mengatasi 2 kekurangan utama SKAG:

  1. Memanfaatkan: kampanye broad match modifier (BMM) untuk mendapatkan kueri penelusuran yang relevan yang dapat Anda targetkan dalam kampanye exact match yang terisolasi.

  2. Gunakan: kampanye khusus exact match untuk menghilangkan kueri penelusuran yang tidak relevan dari target audiens tertentu sehingga Anda tidak menghabiskan anggaran untuk klik yang tidak menghasilkan konversi.

Saat Anda menemukan keyword yang potensial pada kampanye SKAG, Anda harus memilih kueri penelusuran yang paling efektif dan mentransfernya ke kampanye exact match untuk mengoptimalkan CTR, konversi, ROI, dan ROAS.

Setelah itu, buat dua Ad Group dalam satu kampanye.

Satu bertuliskan "Broad Match Modifier", dan yang lainnya bertuliskan "Exact Match ".

Keunggulan Keyword Tapering

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu keyword tapering, mari kita lihat alasan mengapa strategi ini sangat layak untuk dicoba. 

A. Kejelasan Match Types yang Digunakan

Manfaat utama pertama dari Keyword Tapering adalah kejelasan match types yang akan Anda dapatkan tentang kueri penelusuran dan match types mana yang paling cocok.

Sebelumnya, bahkan saat menggunakan SKAG yang paling banyak difilter, semua jenis pencocokan yang berbeda akan bercampur aduk. 

[Exact Match] akan muncul sebagai "Phrase Match", + Broad +Match +Modifier akan masuk sebagai [Exact Match], dan beberapa kombinasi lainnya.

Jadi, dengan Keyword Tapering, Anda sekarang dapat melihat kueri penelusuran mana yang layak dipilih dalam kampanye penambangan Anda. 

Kemudian Anda dapat memilih pemenang Anda untuk [Exact Match].

Pembagian kerja membuat pelacakan match types Anda jauh lebih mudah. 

Ini juga akan membantu analisis dan strategi masa depan sedikit lebih jauh di sepanjang jalur pengoptimalan.

B. Anggaran Berfokus Untuk ROAS Lebih Tinggi

Manfaat kedua (dan lebih jelas) dari Keyword Tapering adalah dapat meningkatkan ROAS (Return On Ad Spend) Anda secara drastis. 

Bagaimana? Nah, dengan memfokuskan anggaran Anda dengan tepat pada kampanye lingkaran pemenang, Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari kueri penelusuran Anda yang paling menghasilkan.

Dan di sisi lain, Anda akan menghilangkan pembelanjaan untuk istilah yang lebih mahal dan tidak relevan yang tersisa di kampanye penambangan Anda. 

Jadi, semakin lama Keyword Tapering dijalankan, keduanya akan semakin efisien.

Ya, mungkin ada sedikit investasi dalam hal fase pembelajaran kampanye penambangan utama Anda.

Tapi itu lebih dari pasti akan membayar kembali beratnya dengan emas.

C. Memperbaiki Kesalahan Atribusi Exact Match

Terakhir, Keyword Tapering memecahkan masalah yang sangat menjengkelkan yang dibuat oleh Varian Mirip Google. Masalah dengan [Exact Match] pada dasarnya menyerap "Phrase Match" lama adalah bahwa hal itu membuat jenis pencocokan "Phrase Match" dan +Broad +Match +Modifier sedikit kurang efektif.

Belum lagi membuat [Exact Match] itu sendiri sedikit kurang bisa dipercaya.

Skrip Varian Mirip yang digunakan dalam strategi Keyword Tapering menyelesaikan masalah ini dengan cepat dan efisien. 

Bagaimana Keyword Tapering Bekerja

Sejauh ini, kita telah membicarakan tentang bagaimana Keyword Tapering dapat menyelesaikan masalah yang mungkin Anda hadapi menggunakan strategi SKAG standar. 

Sekarang mari kita fokus pada cara menyiapkan kampanye ini untuk memaksimalkan ROI Anda.

1. Kampanye "Broad Match Modifier"

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan dua kampanye kembar, yaitu kampanye "Broad Match Modifier" dan satunya "Exact Match". 

Mereka harus menargetkan keyword yang sama dan memiliki anggaran yang sama.

dokpri
dokpri

Tujuan dari kedua kampanye memiliki anggaran yang sama adalah untuk memberi waktu yang cukup dalam tahap pembelajaran bagi Google untuk mengumpulkan data kinerja yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan bagaimana anggaran iklan Anda dibelanjakan.

Sasaran dari kampanye "Broad Match Modifier" Anda adalah untuk menemukan kueri penelusuran yang paling berharga karena terdapat banyak variasi kueri penelusuran yang relevan dan tidak relevan untuk kata kunci yang ditargetkan.

dokpri
dokpri

Anda mungkin mengetahui sebagian besar keyword ini, tetapi mungkin ada beberapa kata kunci yang tidak terduga. 

Kampanye "Broad Match Modifier" membantu Anda menemukan kueri penelusuran berharga yang belum ada di radar Anda sehingga Anda dapat memasukkannya ke dalam kampanye "Exact Match".

2. Kampanye "Exact Match"

Kampanye "Exact Match" adalah tempat Keyword Tapering menunjukkan potensi penuhnya. 

Semakin lama kampanye "Broad Match Modifier" Anda berjalan, semakin banyak metrik-metrik yang akan mulai Anda pahami, yang pada akhirnya mengidentifikasi kueri penelusuran yang paling berharga untuk ditargetkan. 

Anda akan secara teratur mengalihkannya ke kampanye "Exact Match". 

Namun, sangat penting untuk mengecualikan keyword yang Anda pindahkan di kampanye "Broad Match Modifier", sehingga Anda tidak harus membayarnya di kedua kampanye. 

Anda harus memastikan bahwa kampanye "Broad Match Modifier" Anda tidak menyabotase kampanye "Exact Match" dengan bersaing pada kueri penelusuran yang sama. 

Anda dapat melakukannya dengan menambahkan istilah pencarian bernilai tinggi tersebut ke daftar negative keyword dari kampanye "Broad Match Modifier".

Setelah itu, tambahkan kueri penelusuran tersebut ke dalam kampanye "Exact Match" Anda sehingga Anda dapat menargetkannya secara langsung.

3. Istilah Pencarian dan Perubahan Anggaran

Karena Anda telah mengalihkan kueri penelusuran yang paling berharga dari kampanye "Broad Match Modifier" ke kampanye "Exact Match", volume kueri penelusuran dalam kampanye "Broad Match Modifier" akan berkurang (karenanya, istilah "keyword tapering").

Ini bukan satu-satunya hal yang meruncing. 

Saat Anda menggeser kueri penelusuran yang menang ke kampanye "Exact Match", anggaran untuk kampanye "Broad Match Modifier" harus dikurangi sehingga Anda dapat mengalihkan pengeluaran iklan Anda ke kampanye "Exact Match".

Anda dapat melihat penurunan biaya per konversi berkat pengurangan anggaran untuk kampanye penambangan "Broad Match Modifier", serta peningkatan CTR dan rasio konversi di kampanye "Exact Match". 

Ini adalah pertanda baik bahwa Anda menuju ke arah yang benar karena Anda menggunakan kueri penelusuran yang paling relevan untuk langsung menargetkan penelusur yang kemungkinan besar akan berkonversi.

Cara Untuk Optimasi Kampanye PPC dengan Keyword Tapering

Jika kampanye Anda menunjukkan CTR yang tinggi, quality score yang ditingkatkan, dan pembelanjaan yang berkurang dikombinasikan dengan peningkatan konversi, inilah saatnya untuk memaksimalkan anggaran sehingga Anda dapat meningkatkan kampanye dan memaksimalkan traffic.

Misalnya, Anda dapat meningkatkan kinerja dengan penargetan posisi iklan, menjadi sangat spesifik dengan segmentasi audiens, dan penargetan ulang iklan untuk mengarahkan traffic yang lebih cenderung berkonversi.

5 Tips untuk Mengimplementasikan Keyword Tapering dengan Efektif

Berikut beberapa hal yang telah dilakukan advertiser untuk mendapatkan hasil maksimal dari kampanye mereka:

  1. Gunakan Skrip Varian Mirip untuk Menghindari Kesalahan Atribusi Jenis Pencocokan

Pengenalan baru-baru ini oleh Google tentang jenis pencocokan varian yang mirip dapat membuat pencocokan tepat Anda tidak lagi "tepat". 

Dalam banyak kasus, ini mungkin tidak membuat banyak perbedaan. 

Namun dalam beberapa kasus, sedikit perbedaan dalam semantik dapat sepenuhnya mengubah arti kueri penelusuran. 

Misalnya, "rumah anjing" dan "anjing rumahan" sangat berbeda tetapi dapat diperlakukan sebagai istilah yang sama pada jenis pencocokan baru ini.

Untuk mencegah pemborosan belanja budget iklan Anda pada varian mirip yang tidak relevan, terapkan skrip varian mirip untuk menyortir secara otomatis semua keyword pada kampanye "exact match" dan mengidentifikasi kueri penelusuran yang bukan berasal dari "exact match". 

Skrip juga akan menempatkan istilah pencarian tersebut ke dalam daftar kata kunci negatif secara otomatis untuk memastikan bahwa Anda menargetkan daftar kata kunci yang relevan.

  1. Raih Signifikansi Statistik dalam Kampanye Kembar

Meskipun tidak ada aturan pasti tentang berapa lama Anda harus menjalankan kampanye kembar karena durasi fase pembelajaran dapat bervariasi, penting untuk menjalankannya cukup lama untuk mencapai tingkat signifikansi statistik yang Anda tuju.

Jika kampanye mendorong banyak traffic, Anda mungkin dapat mengumpulkan cukup data dalam waktu singkat. 

Di sisi lain, jika volume traffic Anda rendah, mungkin perlu waktu lebih lama untuk mengumpulkan data yang cukup untuk mencapai kesimpulan yang berarti.

Biasanya, tunggu setidaknya 4-5 minggu untuk mengumpulkan cukup data sebelum Anda memutuskan kueri penelusuran mana yang mendorong konversi paling banyak dari kampanye "Broad Match Modifier" Anda. 

  1. Waspadai Dampak Tahap Pembelajaran

Saat Anda membuat perubahan pada kampanye, kampanye tersebut mungkin harus melalui periode pembelajaran di mana algoritma Google belajar dari perubahan tersebut sehingga dapat mengoptimalkan tawaran Anda. 

Selama waktu ini, pengeluaran harian kampanye sering kali menurun sementara CPA (biaya per akuisisi) meningkat dan rasio konversi menurun.

Anda dapat memicu periode pembelajaran seperti itu saat Anda menerapkan strategi smart bidding yang baru, memperbarui setelan strategi penawaran, menyesuaikan tindakan konversi, mengubah anggaran, atau membuat revisi yang signifikan pada komposisi kampanye.

  1. Meminimalkan Efek Negatif dari Periode Pembelajaran

Saat Anda menyiapkan kampanye kembar, Anda memberi Google cukup waktu untuk belajar sehingga saat Anda menambahkan kueri penelusuran yang berharga ke kampanye "Exact Match", Anda dapat mencegah dampak negatif melalui fase pembelajaran lainnya.

Saat Anda memperbarui kampanye "Exact Match", hindari memicu periode pembelajaran dengan menjaga strategi penawaran Anda tetap konsisten dan menghindari perubahan drastis (lebih dari 20%) pada anggaran. 

Selain itu, pastikan Anda memiliki pengaturan kampanye dan tindakan konversi yang disiapkan dengan benar di awal kampanye kembar sehingga Anda tidak perlu membuat perubahan yang signifikan.

  1. Jangan Tergesa-gesa

Advertiser seperti Kantaloupe telah menemukan bahwa semakin lama kampanye keyword tapering dijalankan, semakin efisien kampanye kembar tersebut.

Tentu, Anda mungkin berinvestasi lebih banyak selama fase pembelajaran kampanye penambangan utama, tetapi itu akan membuahkan hasil karena Anda akan dapat dengan jelas mengidentifikasi kueri penelusuran paling berharga untuk kampanye "Exact Match" Anda. 

Anda kemudian dapat memfokuskan anggaran dan meminimalkan pemborosan untuk mengoptimalkan ROAS. 

Belum lagi, ini akan membantu Anda meminimalkan perubahan yang perlu Anda lakukan di masa depan untuk menghindari dampak dari periode pembelajaran lain.

Nah, itu tadi penjelasan detail mengenai Keyword Tapering dan cara kerjanya. 

Sebagai sebuah evolusi dari strategi SKAG, Keyword Tapering dapat meningkatkan volume konversi secara tajam dan menurunkan biaya per konversi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun