Dalam dunia e-commerce, Google Ads adalah platform periklanan yang sangat ampuh untuk pemasaran bisnis di media internet.
Tentunya harus dengan pengelolaan iklan yang efektif agar mampu mensukseskan pemasaran produk dan jasa Anda di media internet khususnya google.
Anda harus menentukan strategi yang tepat dan memperhatikan seluruh komponen penting dalam fitur iklan Anda agar menghasilkan profit yang lebih besar dengan budget seminimal mungkin.
Salah satu komponen penting dalam menentukan kesuksesan kampanye Anda terutama jika Anda berkecimpung di Google Ads Search atau sering disebut Iklan Penelusuran adalah keyword (kata kunci).
Kata kunci yang tepat membantu Anda mengiklankan produk/ jasa Anda ke audiens yang tepat pula.
Semakin relevan keyword Anda dengan produk/ jasa yang Anda tawarkan, semakin besar kemungkinan untuk menghasilkan konversi.
Salah satu jenis keyword yang berperan besar agar iklan kita tetap relevan dengan hasil penelusuran di search engine adalah negative keyword.
Negative keyword merupakan jenis keyword yang sering diabaikan oleh para Advertiser.
Apakah Anda juga termasuk demikian?
Anda tidak sendiri.
Faktanya, kebanyakan Advertiser tidak menggunakannya sama sekali.
Padahal, fitur yang diremehkan ini juga memiliki kekuatan super untuk mensukseskan kampanye Anda.
Setiap kali iklan Anda ditampilkan kepada audiens yang tidak berniat membeli, hal itu berdampak negatif pada performa iklan Anda.
Disinilah negative keyword berperan, sebagai filter iklan Anda agar tidak muncul di hasil pencarian yang tidak relevan.
Negative keyword membantu Anda menyempurnakan kata kunci dalam kampanye Anda untuk memaksimalkan relevansi iklan.
Ini memastikan iklan Anda menjangkau audiens yang paling relevan untuk produk atau layanan Anda sehingga meningkatkan ROI Anda.
Oleh karena pentingnya negative keyword dalam kesuksesan kampanye Anda, kami ingin menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang negative keyword.
A. Apa itu Negative Keyword?
Negative keyword adalah cara kita untuk memberitahu Google untuk tidak menampilkan iklan pada kata kunci yang tidak relevan.
Sederhananya, negative keyword adalah jenis kata kunci yang mencegah iklan Anda muncul saat dipicu oleh kata atau frasa tertentu pada mesin pencarian (search engine).
Negative keyword adalah komponen penting untuk setiap kampanye Google Ads.
Negative keyword memberi Anda kontrol yang baik terhadap munculnya iklan Anda berdasarkan kueri penelusuran yang sesuai dengan produk dan jasa yang Anda iklankan.
Negative keyword dapat membuat kampanye penelusuran dan display lebih sukses, dengan memangkas pengeluaran yang tidak menguntungkan sehingga menghemat budget iklan Anda.
Banyak kampanye mendapatkan keuntungan dengan menggunakan kata kunci broad match atau modified broad match (jenis positif).
Tetapi dengan ini muncul kemungkinan iklan Anda ditampilkan pada halaman hasil pencarian atau halaman web yang tidak relevan.
Untuk menghindari hal itu, negative keyword diperlukan untuk mengontrol hasil penelusuran yang relevan.
Ini dapat membantu Anda meluncurkan kampanye bertarget luas namun menguntungkan.
B. Bagaimana Negative Keyword Bekerja?
Bagaimana cara kerjanya? Ini cukup sederhana.
Jika Anda menambahkan negative keyword ke iklan Anda, Anda memberitahu Google agar tidak menampilkan iklan Anda untuk istilah pencarian yang mengandung kata kunci tersebut.
Misalnya, Anda mengelola iklan toko game online, dan Anda telah menyiapkan kampanye yang menargetkan kata kunci "game".
Dengan menggunakan algoritma penelusuran default Google, iklan Anda akan muncul untuk berbagai frasa dan kata kunci pencocokan luas, termasuk "game gratis" dan "game yang gratis".
Karena Anda tidak memberikan game secara gratis, siapapun yang menginginkan game gratis dan mengklik iklan Anda dari kata kunci ini akan kecewa.
Ini juga berarti bahwa setiap klik yang Anda terima pada seseorang yang mencoba menemukan game gratis, akan membuang uang Anda.
Seiring waktu, hal ini dapat menghabiskan banyak budget iklan Anda dengan percuma, yang dapat Anda belanjakan untuk kata kunci yang lebih relevan.
Misalnya. kata kunci yang menargetkan orang-orang yang ingin membeli game berbayar.
Untuk menghentikan kemunculan iklan Anda untuk kata kunci "gratis" ini, Anda perlu menambahkan negative keyword "gratis" ke kampanye Anda.
Setelah ditambahkan, Google akan berhenti menampilkan iklan Anda untuk semua hasil pencarian yang berhubungan dengan kata kunci itu.
Selain ingin mengecualikan kata kunci "gratis", Anda juga ingin mengecualikan informational keyword atau jenis keyword yang dipakai orang buat mencari info.
Bisa berupa tutorial, informasi biasa, hiburan, atau hal lainnya.
C. Bagaimana Cara Menemukan Negative Keyword
Carilah kata kunci yang diketik pengunjung untuk menemukan iklan Anda di hasil pencarian dan pilih kata kunci yang tidak relevan.
Kemudian, buat pengecualian dengan kata kunci yang tidak relevan dengan klik "Tambahkan sebagai kata kunci negatif"
Tinjau daftar ini secara teratur saat meluncurkan kampanye baru.
Google Keyword Planner
Jika Anda lebih suka mencegah penggunaan kata kunci yang tidak diinginkan di awal, Anda dapat melakukan research untuk menemukan negative keyword.
Gunakan alat seperti Google Keyword Planner untuk menemukan frasa dan kata kunci terkait.
Ini adalah pendekatan secara manual, jadi membutuhkan lebih banyak waktu dan usaha.
Ada beberapa kata kunci umum yang mungkin ingin Anda kecualikan.
Periksa daftar ini untuk melihat mana yang berlaku untuk kampanye Anda.
Ini adalah cara cepat untuk menambahkan beberapa negative keyword dasar ke kampanye baru yang tidak memiliki banyak datanya.
- Google Suggest
Cara ketiga untuk menemukan negative keyword adalah mengetikkan kata kunci Anda ke Google untuk menemukan semua hasil alternatif dari kata kunci yang sama.Saat melakukan pencarian manual Anda, perhatikan saran dari Google. Ini juga merupakan kata kunci negatif yang potensial.
Berikut beberapa saran yang muncul selama saya menelusuri "heater repair".
Sumber: Practical Ecommerce | Insights for modern merchants
Anda juga bisa menggunakan alat pencarian lainnya seperti Neil Patel: Helping You Succeed Through Online Marketing!, Bing, dan lain-lain.
- Keyword Search Tools Gratis dan Berbayar
Selain Google Keyword Planner sebagai tools riset kata kunci yang disediakan google, ada banyak keywords search tools yang tersedia baik secara gratis maupun berbayar.
- Broad Match Negative
Salah satu alat untuk riset kata kunci terbaik yang ada saat ini adalah SEMrush. Dengan alat ini, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan karena hasil risetnya sangat detail dan mudah diterapkan.Selain SEMrush juga ada keywords search tools lain seperti Moz, WordStream, KW Finder, SpyFu dan lain sebagainya.
D. Jenis-Jenis Negative Keyword
Sama seperti kata kunci positif, Anda juga memiliki beberapa jenis pencocokan untuk dipilih.
Mereka adalah pencocokan luas negatif, pencocokan frasa, dan pencocokan tepat.
1. Broad Match Negative
Untuk broad match negatif, Anda tidak perlu khawatir tentang urutan kata kunci Anda, karena iklan Anda akan dikecualikan hanya dengan menampilkan semua negative keyword.
Jika hanya beberapa negative keyword Anda yang muncul, iklan Anda masih mungkin ditampilkan.
Contoh untuk kata kunci: sepatu lari
Istilah Penelusuran
Apakah iklan akan muncul?
sepatu tenis warna biru (benar)
aksesoris lari murah (benar)
sepatu lari warna biru (salah)
lari sepatu (salah)
sepatu lari (salah)
2. Phrase Match Negative
Untuk pencocokan frasa negatif, urutan penempatan negative keyword penting.
Jika seluruh istilah negative keyword Anda muncul dalam penelusuran dengan urutan yang sama, iklan Anda tidak akan tampil meskipun ada kata lain yang disertakan.
Tapi itu harus dicari persis seperti yang Anda katakan. Misalnya, jika huruf tambahan ditambahkan, iklan Anda mungkin masih ditampilkan.
Contoh untuk kata kunci: "sepatu lari"
Istilah Penelusuran
Apakah iklan akan muncul?
sepatu tenis warna biru (benar)
aksesoris lari murah (benar)
sepatu lari warna biru (salah)
lari sepatu (benar)
sepatu lari (salah)
3. Exact Match Negatif
Ini adalah jenis pencocokan yang paling spesifik.
Jika penelusuran memiliki istilah kata kunci persis dengan menggunakan urutan yang sama dan tanpa kata tambahan, iklan Anda tidak akan ditampilkan.
Kata tambahan apapun dapat menyebabkan iklan Anda ditampilkan.
Contoh untuk kata kunci: [sepatu lari]
Istilah Penelusuran
Apakah iklan akan muncul?
sepatu tenis warna biru (benar)
akssoris lari murah (benar)
sepatu lari warna biru (benar)
lari sepatu (benar)
sepatu lari (salah)
E. Keuntungan Menggunakan Negative Keyword
1. CTR Meningkat
Menggunakan negative keyword memastikan iklan Anda tidak memicu kueri yang tidak relevan, dan oleh karena itu, akan menarik audiens yang relevan. Semakin relevan iklan Anda muncul saat dipicu oleh kueri yang tepat, semakin besar peluang iklan Anda di klik oleh audiens. Hal Ini kemudian memicu pada peningkatan rasio klik-tayang (CTR).
2. Membuat Grup Iklan yang Lebih Relevan
Memfilter kata kunci yang tidak relevan membantu membuat grup iklan yang lebih relevan, sehingga pesan yang ingin disampaikan tepat sasaran kepada target yang tepat pula. Hal ini tentunya meningkatkan peluang bahwa iklan Anda akan di klik oleh audiens yang tepat dan potensial melakukan konversi.
3. Menghemat Biaya
Negative keyword memfilter kata kunci yang tidak sesuai dengan bisnis Anda. Setiap klik dari visitor yang tidak potensial menghasilkan konversi, akan membuang budget Anda. Menghilangkan klik iklan yang tidak menghasilkan konversi dapat menghemat uang untuk belanja iklan.
4. Mengoptimalkan Kinerja Kampanye
Menggunakan negative keyword di Google Ads menyaring visitor yang tidak potensial melakukan hal yang Anda inginkan. Semakin tidak related iklan Anda, CTR iklan Anda akan menurun. CTR yang rendah mengakibatkan penurunan quality score untuk iklan Anda dan yang kemudian mengarah ke kampanye iklan yang tidak optimal.
5. Meningkatkan Rasio Konversi
Manfaat lain dari negative keyword adalah meningkatkan rasio konversi Anda. Negative keyword juga memastikan bahwa iklan Anda tidak ditampilkan untuk audiens yang tidak potensial melakukan konversi. Orang yang melihat iklan Anda kemungkinan besar akan melakukan pembelian setelah mengkliknya. Akhirnya, ini akan membantu meningkatkan tingkat konversi Anda.
Begitulah ulasan mengenai negative keyword, sekarang Anda sudah mengetahui kenapa kita harus menggunakan negative keyword dan bagaimana peran negative keyword menyukseskan iklan Anda. Tanpa kita sadari, negative keyword memiliki kekuatan super yang sering diremehkan para advertiser.
Jika kita gunakan dengan maksimal, maka tentunya negative keyword mampu meningkatkan kinerja iklan dan otomatis meningkatkan ROI kita. Meluangkan waktu dan konsisten untuk melakukan riset keyword dan menambahkan negative keyword ke kampanye atau grup iklan Anda perlu dilakukan untuk hasil yang optimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H