INFORMASI UMUM
1. Identifikasi Sekolah
Penyusun : Agy Hafidzah Sukmaningrum
Sekolah : SMAN 7 Surakarta
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/ Semester : XI / Gasal
Fase : F
Materi Pokok : Kinematika Gerak
Alokasi Waktu : 1 Minggu x 3 jam pelajaran @ 45 Menit
Jumlah Peserta didik : Maksimal 36 Siswa
Target Peserta didik : Reguler
Model Pembelajaran : Problem Base Learning (PBL).
2. Kompetensi Awal
Peserta didik pada materi sebelumnya telah memahami tentang konsep besaran dan satuan serta konsep vektor.
3. Profil Pelajar Pancasila
- Religius : Sikap dan perilaku yang mencerminkan keimanan, kepercayaan, dan ketaatan terhadap nilai-nilai agama dan spiritualitas serta menghormati keberagaman agama.
Berakhlak Mulia : Sikap, perilaku, dan tindakan yang tercermin dari moralitas tinggi, integritas, etika, dan kebajikan yang luhur. - Gotong Royong : Kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam bekerja sama dan saling membantu demi mecapai tujuan bersama disertai semangat, perasaan senang, dan
sikap positif ketika berada bersama dengan orang lain. - Mandiri : Kemampuan individu untuk mengambil tindakan inisiatif, bergerak secara bebas, dan memikirkan secara kritis untuk mengambil keputusan yang bijak dan dapat dipertanggung jawabkan.
- Bernalar Kritis : Kemampuan untuk mempertimbangkan, menganalisis, dan mengevaluasi permasalahan dari suatu suatu informasi yang didapat.
4. Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)
- Sarana : Ruang Kelas, Alat tulis, Buku tulis, LCD Proyektor, Laptop dan Hp.
- Prasarana : Internet, LKPD, Bahan ajar, Buku paket Fisika kelas XI, PPT, Classroom,
video pembelajaran, dan modul/referensi lain yang mendukung (web, blog, artikel, youtube, dll).
5. Target Peserta Didik
- Peserta didik Reguler Kelas 11 SMA
6. Model Pembelajaran
- Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Kinematika Gerak ialah Problem Base Learning (PBL).
KOMPETEN INTI
A. ELEMEN/TOPIK
Pemahaman Fisika/Kinematika Gerak Lurus Beraturan
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Fase F, peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip vektor, kinematika dan dinamika gerak, fluida, gejala gelombang bunyi dan gelombang cahaya dalam menyelesaikan masalah, serta menerapkan prinsip dan konsep kalor dan termodinamika, dengan berbagai perubahannya dalam mesin kalor. Peserta didik mampu menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan (baik statis maupun dinamis) dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan berbagai produk teknologi, menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang elektromagnetik dalam menyelesaikan masalah. Peserta didik mampu memahami prinsip-prinsip gerbang logika dan pemanfaatannya dalam sistem komputer dan perhitungan digital lainnya. Peserta didik mampu menganalisis keterkaitan antara berbagai besaran fisis pada teori relativitas khusus, gejala kuantum dan menunjukkan penerapan konsep fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menggunakan video pembelajaran, peserta didik dapat menganalisis besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan tetap dan percepatan tetap dengan tepat.
2. Melalui latihan soal, peserta didik dapat menghitung besar jarak, perpindahan, dan kecepatan dengan benar.
3. Melalui penjelasan PPT, peserta didik dapat mengkomunikasikan data gerak dalam bentuk tabel atau grafik s-t dengan tepat.
D. ASESMEN
a. Asesmen diagnostik kognitif : Pretest sebelum proses pembelajaran
b. Asesmen sumatif : Tes tulis pada akhir proses pembelajaran
c. Asesmen pemahaman sains : Tes lisan, kuis, atau tes formatif selama proses pembelajaran
d. Asesmen keterampilan : Penilaian presentasi atau produk selama proses pembelajaran
e. Penilaian sikap : Observasi selama proses pembelajaran
E. PEMAHAMAN BERMAKNA
Peserta didik mampu mengidentifikasi gerak yang sedang dilakukan pengendara mobil yang bergerak di jalan yang lurus, berdasarkan perpindahan, kecepatan, dan waktu, peserta didik dapat mengidentifikasi apakah gerak tersebut termasuk kondisi gerak lurus beraturan dan manfaatnya dalam keselamatan berlalu lintas.
F. PERTANYAAN PEMATIK
Pertanyaan pemantik untuk peserta didik berdasarkan materi terkait materi yaitu sebagai berikut.
1. Pernahkan kalian melewati jalan tol saat berkendara? Mengapa pengendara yang melewati jalan tol lebih cenderung cepat sampai tujuan daripada yang melewati jalan biasa dengan kondisi padat lalu tintas?
2. Saat kamu melihat sebuah mobil yang mengalami kebocoran oli dan meninggalkan jejak tetesan oli di jalan, dapatkah kamu mengetahui bagaimana mobil itu bergerak ?
G. PERSIAPAN PEMBELAJARAN
1. Guru menyiapkan alat, bahan, dan media pembelajaran.
2. Guru menyiapkan LKPD.
3. Guru membuat kelompok/aturan pengelompokan.
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke -- 1
A. Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
PendahuluanÂ
1. Guru menyiapkan alat dan media pembelajaran
2. Guru mengucapkan salam dan meminta peserta didik untuk membaca doa
3. Guru memastikan semua peserta didik siap untuk belajar kemudian mengecek presensi kehadiran
4. Guru mengisi buku agenda kelas
ApersepsiÂ
1. Guru menanyakan persiapan yang dilakukan peserta didik untuk pertemuan pertama ini.
2. Guru menyampaikan dan menanyakan tentang kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan penilaian yang akan dilakukan
4. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5. Guru meminta peserta didik untuk mengerjakan 1 soal pretest terkait materi kinematika gerak lurus beraturan (kognitif)
Motivasi
1. Guru memberikan motivasi belajar berkaitan dengan kinematika gerak lurus kepada peserta didik
2. Guru memberikan pertanyaan pemantik untuk menarik minat peserta didik
B. Kegiatan Inti (110 menit)
Orientasi Murid pada MasalahÂ
1. Guru meminta peserta didik untuk mengunduh materi dan bahan ajar di google classroom untuk dibaca sebagai bahan referensi
2. Guru menayangkan video pembelajaran untuk minat peserta didik dalam belajar
3. Guru menayangkan dan menjelaskan materi presentasi dengan power point tentang pengenalan kinematika gerak lurus beraturan
4. Guru memberikan contoh soal dan mendemonstrasikanlangkah-langkah penyelesaiannya berdasarkan rumus
5. Guru menyampaikan gambar berisi masalah yang berkaitan dengan jarak dan perpindahan untuk didiskusikan (formatif)
Mengorganisasikan Peserta Didik untuk BelajarÂ
1. Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5-6 siswa
2. Guru membagikan LKPD pertemuan 1 kepada peserta didik
3. Guru menjelaskan secara singkat mengenai LKPD dan kegiatan yang akan dilakukan
4. Guru mengkondisikan peserta didik untuk melakukan diskusi dalam kelompok
Membimbing Penyelidikan individu maupun kelompok
1. Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, mencari penjelasan, dan solusi
2. Guru memantau keterlibatan peserta didik dalam pengumpulan data atau bahan selama proses penyelidikan serta saat proses pengerjaan LKPD
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
1. Guru memantau diskusi dan membimbing penyelesaianlaporanLKPDpertemuan1Â sehinggapesertadidiksiapuntuk mempresentasikan
Menganalisis dan Mengavaluasi Proses Pemecahan Masalah
1. Guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil laporannya serta mendorong kelompok lain untuk memberikan penghargaan dan masukan
2. Guru membantu peserta didik untuk melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil penyelidikan yang dilakukan
C. Kegiatan Penutup
Penutupan
1. Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan terkait pembelajaran dan melakukan kegiatan refleksi
2. Guru beserta peserta didik berdiskusi dalam membahas hasil dari pretest yang dilakukan di awal pembelajaran
3. Guru meminta peserta didik mengajukan pertanyaan seputar materi yang telah dijelaskan
4. Guru memberikan Pekerjaan Rumah (PR) untuk memberikan penguatan materi pada peserta didik (sumatif)
5.Guru memberikan pesan dan penjelasan singkat materi pada pertemuan berikutnya
6. Guru meminta peserta didik untuk berdoa dan mengucapkan salam untuk menutup pembelajaran
I. PENGAYAAN DAN REMIDIAL
PENGAYAAN : Diberikan dengan tujuan untuk memperluas pemahaman dan minat kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran. Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKTP.
- Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan sesuai kesepakatan peserta didik
- Berdasarkan hasil analisis penilaian tes, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan tugas pengayaan dengan tingkat kesulitan yang ditingkatkan untuk perluasan dan pendalaman materi (kompetensi)
- Pengayaan dapat dilakukan melalui soal, kuis, diskusi, atau pemecahan masalah yang lebih kompleks
REMIDIAL : Diberikan dengan tujuan untuk membantu peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Remedial diberikan kepada peserta didik yang capaian KKTP nya belum tuntas
- Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang belum tuntas
- Berdasarkan hasil analisis tes, peserta didik yang belum tuntas diberikan tugas remedial dengan tingkat kesulitan yang sama
- Remedial dapat dilakukan melalui pembelajaran ulang dengan tutoring individu atau kelompok kecil kemudian diberikan tugas untuk mengevaluasi perkembangan pemahamannya
J. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Terlampir
K. REFLEKSI PESERTA DIDIK, GURU, dan OBSERVER
Terlampir
L. BAHAN AJAR
PPT :
M. GLOSSARIUM
Kinematika : Kinematika adalah ilmu yang mempelajari gerakan relatif suatu komponen mesin yang meliputi posisi, kecepatan dan percepatan tanpa mempertimbangkan penyebab gerak.
Mekanika : Studi mengenai gerak benda, konsep-konsep gaya, dan energy yang saling berhubungan membentuk suatu bidang.
Dinamika : Ilmu yang mempelajari gerak dengan memperhatikan gaya penyebab gerak.
Gerak : Perubahan posisi (kedudukan) suatu benda terhadap sebuah acuan tertentu.
Gerak Lurus Beraturan (GLB) : Gerak suatu benda dengan kecepatan konstan/tetap sehingga percepatan benda sama dengan nol
Gerak lurus Berubah Beraturan (GLBB) : Gerak suatu benda dengan kecepatan berubah
Besaran : Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dapat dinyatakan dengan angka, dan memiliki satuan.
N. DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Rahmat Zainul. (2016). Penilaian Formatif dan Penilaian Sumatif. Universitas Yudharta Pasuruan
Radjawane, Marianna Magdalena, dkk. 2022. Fisika. Jakarta : Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
Subagya, Hari. 2016. Buku Konsep dan Penerapan Fisika untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Kelompok Peminatan MIPA. PT Bumi Aksara.
Syahputro, Riyo Adi. (2020). Makalah Fisika Besaran Satuan dan Dimensi. Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta.
O. MATERI AJAR FISIKAÂ
KINEMATIKA GERAK LURUS BERATURAN
https://drive.google.com/file/d/10TZJ9OrEJMRk6smS2SJAQG6Y3Npnusf8/view?usp=drivesdk
Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
JARAK, PERPINDAHAN, KECEPATAN, DAN KELAJUAN
Pertemuan 1
Sekolah: SMAN 7 Surakarta
Mata Pelajaran: Fisika
Topik/materi: Kinematika Gerak Lurus Beraturan Kelas/semester: XI / 1
Alokasi waktu: 60 menit
A. Pengantar
Kejuaraan Dunia MotoGP atau kerap disebut sebagai MotoGP saja, nama resminya yaitu FIM MotoGP World Championship, adalah kelas utama dari seri balapan Grand Prix Sepeda Motor. MotoGP adalah ajang balap paling bergengsi di seluruh penjuru dunia. LKPD ini menggunakan MotoGP untuk menjadi ilustrasi dalam memahami konsep jarak dan perpindahan pada materi Kinematika Gerak Lurus Beraturan. Sedangkan untuk memahami konsep kecepatan dan kelajuan akan menggunakan studi kasus yang memerlukan penalaran dan perhitungan rumus.
Sirkuit Mandalika di Lombok menjadi tujuan sirkuit balap MotoGP pada tanggal 20 Maret 2022 lalu. Pemenang ajang tersebut adalah pembalap muda baru yang berasal dari negara Italia bernama Miguel Oliviera. Miguel berhasil mencatat waktu tercepat yaitu selama 33 menit 27 detik. Sirkuit Mandalika memiliki karakter sendiri dengan tikungan yang cukup banyak.
Total panjang lintasannya yaitu 4,301 km dan jumlah putaran balap pada lomba tersebut adalah 20 kali putaran. Artinya, Miguel menempuh jarak total sepanjang 20 x 4,301 = 86,02 km pada perlombaan tersebut. Miguel Oliviera mempunyai jarak namun perpindahannya adalah nol. Mengapa demikian?
B. Tujuan Pembelajaran
- Melalui diskusi kelompok yang dipandu LKPD, siswa mampu menganalisis perbedaan jarak dan perpindahan dengan tepat.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menghitung kelajuan, kecepatan, dan percepatan menggunakan rumus seauai dengan data dengan cermat.
- Setelah melakukan diskusi, siswa dapat menganalisis rumus dan besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan dan percepatan 0.
C.Petunjuk Penggunaan LKPD
- Membaca materi pada materi ajar secara keseluruhan, kemudian lakukan kegiatan sesuai petunjuk pada kegiatan diskusi.
- Mengupayakan untuk memahami materi dengan cara berdiskusi dengan teman sejawat maupun melalui pemahaman diri sendiri.
- Mengerjakan penugasan pada LKPD secara sungguh-sungguh dan berikan kesimpulan pada akhir pembelajaran. Apabila dilakukan dengan serius dan jujur, LKPD dapat membantu dalam mengetahui sampai dimana pencapaian kompetensi siswa dan memudahkan dalam belajar.
D. Kegiatan Diskusi
Kegiatan 1
Perhatikan tayangan video yang dapat diakses melalui link youtube berikut ini https://youtu.be/LsAN4sR-C80
Kemukakan hasil observasi dan diskusi kelompok melalui video yang telah disajikan dan mengisi jawaban pada kolom di bawah ini. Sumber yang digunakan dapat diambil dari buku dan sumber lain.
1. Apakah masalah dari video tersebut yang berkaitan dengan materi hari ini?
2. Mengapa jarak dan perpindahan yang dialami peserta balapan MotoGP bisa berbeda?
3. Apa perbedaan antara jarak dan perpindahan?
4. Sebutkan contoh masalah serupa yang terjadi pada bidang lain !
Kegiatan 2
1. Rina dan Rini adalah siswi kembar pada sekolah di Jakarta. Pada suatu hari, Rina dan Rini memutuskan untuk berangkat bersama dengan berjalan kaki dikarenakan rumah yang dekat dengan sekolah. Saat berada di tengah perjalanan, Rina baru mengingat bahwa hari itu adalah jadwal piket kelaskanya yang mengharuskan ia datang lebih awal. Rina akhirnya meninggalkan Rini dan sampai di sekolah lebih awal dibandingkan Rini. Rina dan Rini memiliki jarak rumah dan waktu berangkat yang bersamaan, lalu bagaimana Rina bisa mencapai sekolah lebih awal daripada Rini?
2. Perhatikan gambar berikut ini
Gambar tersebut menunjukkan lintasan berlari Jena dari A menuju D dengan melalui titik B dan C selama selang waktu 5 menit, maka tentukan :
1. Berapa jarak total yang ditempuh Jena untuk berlari dari titik A ke titik D?
2. Berapa besar perpindahan Jena dari titik A ke titik D?
3. Berapa selang waktu yang dibutuhkan Jena untuk mencapai titik D?
4. Berapa kecepatan Jena berlari?
5. Apabila Jena melakukan kecepatan yang konstan tanpa adanya pecepatan, maka berdasarkan materi disebut gerak apa yang dilakukan Jena tersebut?
3. Affan mengendarai sepeda motor dari rumah menuju sekolahnya selama 15 menit. Apabila dilihat pada denah, besar jarak yang telah ditempuh Affan dari rumah menuju sekolah memiliki jarak 3 km. Berapakah kecepatan yang digunakan Affan selama mengendarai sepeda motor tersebut apabila diasumsikan menggunakan kecepatan konstan ?
INSTRUMEN DAN RUBRIK PENILAIAN
1. Penilaian Sikap
Format Penilaian Sikap
Format Rubik Penilaian Sikap
Religius
Memenuhi semua indikator penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran : mengikuti doa sebelum pelajaran, melaksanakan ajaran agama, dan toleransi beragama yang tinggi (2)
Memenuhi salah salah satu atau dua indikator penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran : mengikuti doa sebelum pelajaran, melaksanakan ajaran agama,dan toleransi beragama yang tinggi (1)
Tidak memenuhi indikator penilaian sikap spiritual dalam pembelajaran :mengikuti doa sebelum pelajaran, melaksanakan ajaran agama, dan toleransi beragama yang tinggi (0)
Berakhlak Mulia
Memenuhi minimal tiga indikator aspek berakhlak mulia dalam pembelajaran :kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, sikap sopan santun, dan kedisiplinan (2)
Memenuhi salah satu atau dua indikator aspek berakhlak mulia dalam pembelajaran : kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, sikap sopan santun, dan kedisiplinan (1)
Tidak memenuhi indikator aspek berakhlak mulia dalam pembelajaran :kejujuran, tanggung jawab, kepedulian, sikap sopan santun, dan kedisiplinan (0)
Gotong Royong
Mampu berpartisipasi dengan aktif dalam pelaksanaan tugas diskusi kelompok (2)
Sedikit partisipasi dalam pelaksanaan tugas diskusi kelompok (1)
Tidak ada partisipasi dalam pelaksanaan tugas diskusi kelompok (0)
Mandiri
Aktif dalam belajar mandiri dan dalam mencari tambahan pengetahuan secara proaktif (2)
Terkadang aktif dalam belajar mandiri namun masih memerlukan bantuan (1)
Tidak aktif dalam belajar mandiri dan selalu memerlukan bantuan (0)
Bernalar Kritis
Mampu berpikir kritis dalam analisis masalah, bertanya, maupun menjawab dengan baik (2)
Terbatas dalam berpikir kritis dan analisis masalah, bertanya, atau menjawab (1)
Tidak mampu dalam berpikir kritis dan analisis mendalam (0)
Format Rubrik Penilaian Sikap
Skor maksimal = 2 x 5 = 10Â
Nilai sikap = /Â x 100
Rentangan nilai :Â
 Sangat Baik = 91 -- 100Â
 Baik = 83 -- 90Â
 Cukup = 75 -- 82Â
 Perlu Bimbingan = < 75
2. Penilaian Pengetahuan
Soal Diagnostik Kognitif (Pretest)
Pernahkah kalian belajar tentang gerak sebelumnya? Apa saja contoh besaran dalam gerak yang kalian ketahui? Sejatinya, kinematika dalam gerak dibedakan menjadi 2 yaitu GLB dan GLBB, jelaskan perbedaan keduanya dan berikan contohnya !
Soal Pemahaman Sains FormatifÂ
1. Perhatikan gambar berikut !
Jaja, Juju, Jeje, dan Jojo berkemudi menuju ke sebuah pantai. Jaja diam di dalam mobil, sementara mobil yang dikemudikan Jeje bergerak dari titik A ke titik B. Apakah Jaja dapat dikatakan bergerak? Jelaskan apabila titik acuannya adalah titik A dan mobil!
2. Jelaskan perbedaan antara jarak dan perpindahan serta kelajuan dan kecepatan!Â
3. Perhatikan gambar berikut !
Sebuah mobil bergerak menuju ke arah barat dari titik A ke tititk B dengan jarak 2 km dan dalam waktu 30 menit. Kemudian berbelok ke arah utara menuju titik C dengan menempuh jarak 1,5 km dan dalam waktu 20 menit.
a. Berapa jarak dan perpindahan yang dialami mobil tersebut?Â
b. Berapa kecepatan dan kelajuan rata-rata yang ditempuh mobil tersebut!
Format Penilaian Pengetahuan Sumatif (PR)
Kerjakan soal -- soal di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan besaran fisika pada gerak lurus beraturan?
A. Besaran yang menyatakan posisi suatu benda pada setiap waktu.
B. Besaran yang menyatakan perubahan posisi suatu benda dari waktu ke waktu.
C. Besaran yang menyatakan kecepatan suatu benda pada setiap waktu.
D. Besaran yang menyatakan percepatan suatu benda pada setiap waktu.
2. Besaran yang menyatakan perubahan posisi suatu benda dari waktu ke waktu disebut?
A. Kecepatan
B. Jarak
C. Percepatan
D. Perpindahan
3. Bagaimana hubungan antara kecepatan dan perpindahan pada gerak lurus beraturan?
A. Kecepatan sama dengan perpindahan dibagi waktu.
B. Kecepatan sama dengan waktu dibagi perpindahan.
C. Kecepatan sama dengan perpindahan dikalikan waktu.
D. Kecepatan sama dengan akar kuadrat dari perpindahan.
4. Jika sebuah benda bergerak pada garis lurus tanpa mengalami percepatan, maka...
A. Kecepatannya selalu konstan.
B. Kecepatannya selalu nol.
C. Perpindahannya selalu nol.
D. Kecepatannya selalu meningkat.
5. Bagaimana perbandingan antara jarak dan perpindahan pada gerak lurus beraturan?
A. Jarak selalu lebih besar daripada perpindahan.
B. Perpindahan selalu lebih besar daripada jarak.
C. Jarak dan perpindahan selalu sama.
D. Tidak mungkin menentukan perbandingan tersebut.
6. Reza berlari dengan kecepatan 2 m/s. Jarak yang ditempuh Reza selama 3,5 menit adalah?
A. 360 m
B. 420 m
C. 180 m
D. 240 m
7. Seorang pelari berlari sepanjang lintasan yang lurus. Ia mencatat waktu yang diperlukan
untuk berlari 1200 m adalah 5 menit. Berapakah kecepatan pelari tersebut?
A. 5 m/s
B. 10 m/s
C. 4 m/s
D. 7 m/s
8. Jarak kota Banda Aceh ke kota Medan adalah 420 km. Jarak tersebut dapat ditempuh dalam
waktu 7 jam. Tentukanlah waktu yang diperlukan sebuah mobil untuk mencapai kota
Pekanbaru yang memiliki jarak 900 km dari kota Banda Aceh jika kecepatan yang digunakan
sama ketika mobil tersebut menempuh dari kota Banda Aceh menuju Medan.
A. 14 jam
B. 15 jam
C. 13 jam
D. 16 jam
9. Berikut ini yang merupakan grafik gerak lurus beraturan yang benar adalah ?
 A. 1 dan 3
B. 1 dan 4Â
C. 2 dan 3Â
D. 2 dan 4Â
10. Grafik berikut adalah hubungan kecepatan (v) dan waktu (t) dari mobil yang melakukan GLBB. Jarak tempuh mobil tersebut adalah..
A. 25mÂ
B. 36mÂ
C. 45mÂ
D. 52mÂ
E. 61m
KISI KISI SOAL PENILAIAN SUMATIFÂ
Tahun Pelajaran 2023/2024Â
Mata Pelajaran : FisikaÂ
Kelas : XIÂ
Bab : Kinematika Gerak Lurus BeraturanÂ
Alokasi Waktu : 60 MenitÂ
Penyusun : Agy Hafidzah Sukmaningrum
Jumlah Soal : 10 Soal Pilihan Ganda
Format Rubrik Penilaian Pengetahuan
Skor maksimal = 1 x 10 = 10
Nilai Pengetahuan = /Â x 100
Rentangan nilai :
Sangat Baik = 91 -- 100
Baik = 83 -- 90
Cukup = 75 -- 82
Perlu Bimbingan = < 75
3. Penilaian Keterampilan
Format Penilaian Keterampilan (Presentasi)
Sistematika PresentasiÂ
Materi presentasi disajikan secara runtut dan sistematis (2)
Materi presentasi disajikan secara kurang runtut atau kurang sistematis (1)
Materi presentasi disajikan secara tidak runtut dan tidak sistematis (0)
Penggunaan BahasaÂ
Menggunakan bahasa yang baik, baku, dan terstruktur (2)
Menggunakan bahasa yang baik, kurang baku, atau terstruktur (1)
Menggunakan bahasa yang baik, tidak baku dan tidak terstruktur (0)
Komunikatif
Lebih fokus kepada audiens dari pada bacaan presentasi dan menggunakan gestur tubuh yang baik (2)
Sesekali fokus kepada audiens dan terkadang membaca presentasi,bkurang dalam penggunaan gestur tubuh (1)
Hanya fokus pada bacaan presentasi tanpa menggunakan gestur tubuh (0)
Kebenaran KonsepÂ
Tepat dalam menjelaskan seluruh konsep materi diskusi (2)
Kurang tepat dalam menjelaskan seluruh konsep materi diskusi (1)
Tidak benar dalam menjelaskan seluruh konsep materi diskusi (0)
Format Rubrik Penilaian Keterampilan
Skor maksimal = 2 x 4 = 8
Nilai Pengetahuan = /Â x 100
Rentangan nilai :
Sangat Baik = 91 -- 100
Baik = 83 -- 90
Cukup = 75 -- 82
Perlu Bimbingan = < 75
 LEMBAR REFLEKSI PEMBELAJARAN
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H