Mohon tunggu...
Agung Gumelar
Agung Gumelar Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Konvergensi Media pada Perpustakaan untuk Mahasiswa

18 Juli 2018   23:46 Diperbarui: 19 Juli 2018   00:05 459
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Menulis skripsi bukanlah hal yang mudah bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi jenjang sastra atau S1. Gagasan, ide serta keinginan sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan penulisan, sedangkan ide dalam penulisan bisa saja muncul secara tak diduga dan bisa saja hilang begitu saja.

Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir tersebut, pasti membutuhkan banyak refrensi buku yang tak lain adalah perpustakaan sebagai media penyedia berbagai buku tersebut. Selain itu, perpustakaan juga berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi.

Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi sangat penting posisinya dalam dunia informasi, keterbukaan informasi publik, literasi informasi, perkembangan pendidikan dan penyebaran informasi dengan cepat, tepat, maupun global bagi masyarakat informasi. Alangkah baiknya jika ada solusi dimana manusia khususnya para mahasiswa tingkat akhir bisa mengakses perpustakaan dan bahan pustakanya tanpa terhalang jarak, ruang dan waktu.

Oleh karena itu lah kita semua berharap, perpustakaan bisa mengembangkan dan memanfaatkan jaringan nirkabel dalam hal ini yaitu internet untuk menyediakan pustaka maya bagi siapa saja yang ingin mengakses bahan pustaka mereka.

Perpustakaan ditinjau dari segi perkembangan budaya, dapat merupakan agen perubahan. Hal itu dimungkinkan dan dapat dimengerti, karena di perpustakaan terkumpul dan tersimpan banyak sekali informasi, ilmu pengetahuanm sejarah, filsafat, dan penemuan serta pemikiran dari masa lalu. Kemudian sumber informasi dan ilmu pengetahuan itu dapat dipelajari, diteliti,dan dikembangkan, sehingga berkembang ilmu pengetahuan dan penemuan-penemuan yang baru.

Tujuan dibentuknya perpustakaan yaitu antara lain, mengembangkan dan meningkatkan minat baca, literasi informasi, bakat dan kecerdasan (intelektual, emosionl, dan spiritual) peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka mendukung tujuan pendidikan nasional melalui penyedia sumber belajar.

Perkembangan perpustakaan semakin pesat karena teknologi informasi semaki maju. Banyak istilah perpustakaan, seperti perpustakaan kertas, perpustakaan digital, perpustakaan maya, perpustakaan tanpa dinding, perpustakaan elektronik, perpustakaan polimedia dan perpustakaan hibrida. Kemudian apabila dilihat dari jenis-jenisnya, maka perpustakaan dapat dibagi menjadi:Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi,Perpustakaan Khusus Perpustakaan Sekolah.

Internet merupakan perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat milyaran informasi atau data yang berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa mengakses internet kapan saja, dimana saja karena sangat efektif dan efisien dari segi jarak, ruang dan waktu Istilah internet berasal dari bahasa Latin "inter" yang berarti "antara". Secara perkata internet berarti jaringan antara atau penghubung.

Sekitar tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menciptakan ARPANET dalam rangka menjamin keamanan komputer-komputernya ketikda terjadi perang atau bencana alam. Setelah itu, berbagai perguruan tinggi dan lembaga pengetahuan lainnya menciptakan jaringannya sendiri. Semua ini kemudian bergabung dengan ARPANET  dan membentuk internet pada tahun 1969.

Dulu internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peniliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, dan pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia. Internet juga memberikan dampak pada pendidikan tinggi dan bisnis karena semakin banyak perusahaan yang menawarkan pendidikan dan semakin banyak perusahaan yang menawarkan barang dan jasa secara online.

Tentunya internet sebagai salah satu jaringan yang sangat luas memiliki dampak positif maupun dampak negatif. Berikut beberapa dampak positif yang ditimbulkan oleh internet diantaranya: Menambah wawasan dan pengetahuan Mendapatkan banyak ide, Mencari Uang di Internet.Kemudian dampak negatif yang ditimbulkan oleh internet antara lain:Cybercrime, Pornografi,.Penipuan, dan mengurangi sifat sosial manusia,

Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya saluran-saluran keluar komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portable dan interaktifnya. Konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence, sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konvergensi merupakan keadaan menuju satu titik pertemuan. Konvergensi pada umumnya berarti persimpangan media lama dan baru.

Konvergensi media tidak hanya pergeseran teknologi atau proses teknologi, namun juga termasuk pergeseran dalam paradigma industri, budaya, dan sosial yang mendorong konsumen untuk mencari informasi baru. Konvergensi media terjadi dengan melihat bagaimana individu berinteraksi dengan orang lain pada tingkat sosial dan menggunakan berbagai platform media untuk menciptakan pengalaman baru, bentuk bentuk media dan konten yang menghubungkan kita secara sosial.

Aplikasi berasal dari kata application yaitu bentuk benda dari kata kerja to apply yang dalam bahasa Indonesia berarti pengolah. Secara istilah, aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pemakai.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang telah membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali dalam dunia perpustakaan.  Dalam hal ini, aplikasi yang dimaksud adalah untuk membantu para pustakawan untuk mengetahui apakah ada buku yang mereka cari di suatu perpustakaan hanya dengan menggunakan aplikasi karena dengan cara mengunduh aplikasi tersebut di komputer atau telepon genggam.

Perpustakaan merupakan pusat informasi dan ilmu pengetahuan yang menyimpan milyaran buku. Terdapat banyak jenis-jenis perpustakaan seperti, perpustakaan nasional, perpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, dan perpustakaan sekolah. Seiring perkembangan jaman yang terus menerus berkembang dalam era globalisasi, terdapat juga perpustakaan yang tercipta karena perkembangan teknologi informasi seperti, perpustakaan digital, perpustakaan polinemik,  perpustakaan hibrida, dan perpustakaan elektronik.

Dalam era globalisasi saat ini, munculah istilah konvergensi media yaitu penggabungan saluran komunikasi massa, dimana kita dapat mengakses segala media seperti, internet, televisi, radio dan masih banyak lagi media yang lainnya. Dengan adanya konvergensi media maka tercipta suatu aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mengakses buku yang ada di perpustakaan tersebut, dan adanya refrensi buku yang ada di dalam aplikasi tersebut. Hal ini akan memudahkan juga para mahasiswa untuk mencari bahan pustakanya dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsinya, hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

NS, Sutarno. 2006. Manajemen Perpustakaan ; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto

Hs, Lasa. 2009. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher

Hs, Lasa. 2013. Manajemen Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma dkk. 2007. Pengantar Teknologi Informasi Internet ; Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra

Arismunandar. 2006. Manajemen Pendidikan ; Peluang dan Tantangan. Makassar: State University of Makasa Press

HM, Jogiyanto. 1999. Analisis dan Design Sistem Informasi ; Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: ANDI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun