Sembilan puluh sembilan persen (99%) keluarga di dunia dapat dipastikan mengonsumsi produk-produk berikut ini. Pasta gigi, sabun mandi, shampo, minyak goreng, sabun cuci piring dan lain sebagainya. Produk-produk yang dalam Bahasa Inggris biasa disebut Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Untuk selanjutnya akan kita sebut sebagai barang konsumsi.
Namun tahukah anda? Seberapa panjang perjalanan barang konsumsi dari pabrik sampai ke rumah anda. Melibatkan pengaturan yang rumit serta teknologi canggih. Berikut akan saya jelaskan proses tersebut dengan cerita yang sederhana.
Secara garis besar proses perjalanan barang konsumsi adalah sebagai berikut. Dari pabrik produk  dikirim ke distributor. Dari distributor produk didistribusikan ke outlet grosir. Dari outlet grosir produk dijual ke outlet eceran. Sehingga akhirnya konsumen akan membeli produk di toko eceran. Artinya barang konsumsi mengalami perpindahan yang banyak sejak selesai diproduksi sampai tiba di tempat konsumen.
Mari kita bahas masing-masing perhentian tersebut.
Distributor
Setelah selesai diproduksi dan melewati serangkaian pengujian kualitas. Barang dikirimkan ke distributor. Distributor ditunjuk oleh produsen / pemilik merk. Untuk menjadi distributor diperlukan persyaratan tertentu. Seperti memiliki gudang dengan luas tertentu. Memiliki armada mobil pengiriman. Memiliki tenaga penjual. Serta persyaratan lain tergantung persyaratan dari pemilik merk.
Distributor diberi kewenangan untuk mendistribusikan barang di wilayah yang sudah ditentukan. Dan penentuannya biasanya mengikuti wilayah administrasi pemerintah. Biasanya kabupaten/kota. Di luar wilayah yang ditentukan, distributor dilarang untuk beroperasi. Karena di luar wilayah tersebut, sudah ada distributor lain yang beroperasi.
Satu distributor bias mendistribusikan beraneka macam produk. Dan masing-masing produk memiliki benang merah. Misalnya distributor yang khusus menangani produk makanan. Atau khusus menangani produk non makanan. Ada juga distributor yang khusus menangani makanan beku. Dan lain sebagainya.
Outlet
Dari distributor, produk didistribusikan ke outlet yang ada dalam wilayah operasionalnya. Outlet atau dalam bahasa awam disebut juga toko.
Secara garis besar outlet dapat dibagi menjadi 2 chanel. Outlet modern dan outlet tradisional.