Mohon tunggu...
Agustine Dwi Kurniawati
Agustine Dwi Kurniawati Mohon Tunggu... -

a college student who is majoring in mathematics education

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Penanaman Olimpisme untuk Membangun Lingkungan yang Kondusif (Orientasi Sekolah-sekolah Modern)

29 Oktober 2013   21:06 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:51 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perubahan terjadi pada semua aspek kehidupan, termasuk pada aspek lingkungan pendidikan. Kegiatan pembelajaran dulu hanya menggunakan papan tulis sedangkan sekarang kegiatan pembelajaran sudah menggunakan komputer. Penggunaan teknologi informasi di dalam lingkungan pendidikan menjadi sangat berperan dalam lingkungan pendidikan karena dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan siswa. Tidak hanya pendidikan, penggunaan teknologi informasi juga diterapkan dalam berbagai sektor.

Dengan adanya penggunaan teknologi informasi di berbagai sektor, sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor strategis. Hal ini dikarenakan SDM berperan sebagai faktor sentral perubahan dan sebagai aset utama negara/perusahaan. Kompetensi SDM menjadi nilai kompetitif sehingga perlu adanya penyiapan dan pengelolaan SDM yang tepat dengan orientasi kompetensi global. Kompetensi yang dituntut oleh lingkungan kompetetif saat ini adalah:

1.Pengetahuan/wawasan global

-berbasis teknologi dan informasi

-kecerdasan dalam inovasi dan kreativitas

-pemahaman nilai-nilai universal (lintas budaya)

2.Keterampilan global

-Soft skill (komunikasi/interaksi)

-IPTEK dan informatika

-Keterampilan kompetitif (spesifik dan berdaya saing)

3.Sikap/perilaku

-Disiplin dan dipercaya

-Dinamis dan fleksibel

-Inisiatif dan proaktif

-inovatif dan kreatif

-Mandiri dan survive

Kompetensi-kompetensi di atas merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh SDM di Indonesia. Akan tetapi, masih terjadi jurang pemisah yang besar antara proses pendidikan yang terjadi Indonesia dengan tuntutan eksternal untuk menghasilkan kompetensi-kompetensi tersebut. Berikut adalah uraiannya.

Orientasi Pendidikan Indonesia

Tuntutan Eksternal

Orientasi terhadap pengembangan intelektual (intellectual development)

Orientasi terhadap human development (Intelektual, ketrampilan dan moral & periaku profesional).

Penyiapan untuk menghadapi masalah yang sederhana

Masalah yang dihadapi lebih kompleks, yang memerlukan ketangguhandaya nalar, fisik dan psikis.

Pembentukan sikap-sikap dasar normatif (etika, sopan - santun, disiplin, birokratis)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun