Agustina Rahmawati.
CGP angkatan 7 Kabupaten Klaten Jawa Tengah.
Â
Setelah saya mempelajari modul 1.1 sampai 1.2 ini banyak hal baru saya pelajari yang bisa saya jadikan sebagai pedoman perubahan pembelajaran berikutnya, yaitu:
Peristiwa: Momen yang paling penting dan berkesan mendalam serta mampu memberikan inspirasi bagi saya dari modul 1.1 adalah bahwa sebagai guru harus berpedoman pada semboyan KHD, ing ngarso sang tulodho, ing madyo mangun karsa, tut wuri handayani. Sebagai guru harus mampu menjadi tauladan bagi siswanya, guru harus mampu memberikan motivasi dan mendorong siswanya untuk belajar.Â
Selain itu Pendidikan menurut KHD merupakan momen yang juga sangat penting yang harus dipahami dan dijalankan yaitu bahwa Pendidikan merupakan menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.Â
Tujuan Pendidikan tersebut dapat terwujud jika kita sebagai guru mampu melakukan pembelajaran yang berpusat pada sisswa, melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kodrat siswa yaitu kodrat zaman dan kodrat alam, siswa bukan kertas kosong yang kita bisa menulis apa saja di atasnya tetapi siswa memiliki potensi yang sudah ada yang tugas kita menuntun mereka menebalkan potensinya. Guru ibarat petani yang tugasnya hanya menuntun mereka menemukan potensi dan kehidupan yang lebih baik, guru menuntun mereka untuk memiliki budi pekerti.
Kemudian ketika mempelajari modul 1.2 momen yang paling penting yang saya dapatkan yaitu nilai dan peran guru penggerak. Lima nilai yang harus dimiiki oleh guru penggerak, yaitu berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, inovatif dan reflektif. Berpihak pada murid yaitu guru dalam melakukan pembelajaran harus berpihak pada murid, desain atau rancangan pembelajaran diharapkan sesuai dengan kebutuhan murid.Â
Mandiri yaitu, guru harus selalu belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan pembelajaran. Kolaboratif yaitu guru harus mampu bekerjasama baik dengan guru baik dalam hal pembelajaran maupun yang lain. Inovatif yaitu guru harus selalu mencari inovasi untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, misalnya dengan membuat media pembelajaran yang menarik atau pemilihan metode pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Reflektif, yaitu guru harus mampu melakukan refleksi atau evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan sehingga mampu mencari solusi jika ditemukan kendala.
Keterkaitan antara modul 1.1 dan 1.2, yang saya fahami adalah bahwa tujuan Pendidikan adalah menuntun anak-anak sesuai kodratnya dan memerdekakan. Agar tujaun itu dapat tercapai maka guru harus memiliki nilai-nilai guru penggerak yaitu, inovatif, berpihak pada muird, kolaboratif, mandiri dan reflektif. Peran kita sebagai guru penggerak mampu menjadi pemipin pembelajaran yang berpihak pada siswa sesuai dengann tujuan pendidikan.
Perasaan: saat momen itu terjadi saya merasa bahwa selama ini saya belum bisa menjadi guru, kenapa? Karena setelah mempelajari Ilmu yang baru berkaitan dengan pengembangan diri, orang lain dan peserta didik yang dipelajari pada modul 1.1 dan modul 1.2 saya menjadi bersemangat, seperti menemukan sesuatu yang baru bagi saya yang sangat berharga .Â