Buku siswa untuk pelajaran matematika pada kurikulum 2013 mempunyai tujuan bagus seperti memberikan kerangka berpikir yang benar, membentuk daya nalar, dan keterampilan memecahkan masalah dalam kehidupan. Akan tetapi saya melihat buku siswa matematika kurikulum 2013 memiliki sejumlah kesalahan dan perlu direvisi. Revisi ini sangat perlu karena buku ini menjadi pegangan bagi siswa untuk mereka pelajari selama 3 tahun mendatang. Berikut kesalahan-kesalahan pada buku matematika dan hal-hal yang terkait dengannya yang perlu dilakukan revisi:
1. Urutan Materi
Beberapa materi pada buku tersebut susunannya masih tidak runtut seperti:
Materi transformasi diajarkan di semester 2 kelas 7 padahal perlu materi prasyarat sistem koordinat yang ternyata malah dipelajari di kelas 8 dan 9.
Materi persamaan linier satu variabel diajarkan di semester 2 kelas 7 padahal materi ini menjadi prasyarat untuk mempelajari materi sudut dan himpunan yang ternyata dipelajari di semester 1 kelas 7.
Pada materi bilangan untuk kelas 7 semester 1 terdapat materi bilangan berpangkat yang menurut saya lebih tepat diajarkan di kelas 9 semester 1 supaya sinkron dengan materi bilangan berpangkat dan bentuk akar.
2. Keluasan Materi
Materi matematika pada K-13 lebih banyak daripada KTSP padahal waktu penyelesaiannya sama yaitu 1 tahun pelajaran. Hal ini dikhawatirkan materi itu tidak bisa selesai dan dilemparkan ke siswa untuk belajar sendiri atau jikalau selesai maka materi yang diajarkan tidak dalam dan kita kurang peduli siswa paham ataupun tidak. Berikut ini saya berikan contoh perbandingan materi pada K-13 dan KTSP hanya untuk kelas 8 semester 2 Â
KTSP Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â K-13
Lingkaran                  Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Garis Singgung Lingkaran      Persamaan Kuadrat
Bangun Ruang Sisi Datar       Lingkaran
                        Bangun Ruang Sisi Datar
                        Perbandingan