Mohon tunggu...
Agustanto Imam Suprayoghie
Agustanto Imam Suprayoghie Mohon Tunggu... Administrasi - Konsultan Komunikasi di Republik Ini

berusaha mendisiplinkan diri, dengan menjadi diri sendiri, bersikap lebih baik, selalu memandang bahwa tidak ada sebuah kelebihan tanpa kekurangan, dan tidak ada kesempurnaan tanpa kesalahan, masa depan adalah tantangan, dan itu harus ditaklukkan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Tips Menulis Siaran Pers

23 Februari 2018   09:39 Diperbarui: 23 Februari 2018   10:13 893
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Siaran pers itu bazooka!!.

Kata kawan-kawan yang bergelut di dunia Public Relation,"Its important to build your firm reputation."

Selain kemampuan menulis, tentu ada "adab" yang harus diketahui oleh anda, para PR agar mampu menjadikan press releasesebagai sebuah informasi yang tidak sekedar bombastis dan selling your firm. Press releaseharus terkemas dalam bentuk berita. Ndak usah kepanjangan, gampang dipahami (bahkan sama anak baru lulus SMP mah kalo bisa) dan memang perlu untuk diinformasikan.

Bagaimana bikin press releaseyang seperti itu? Simak, ini beberapa tipsnya

1. Judul kudu NORAK

Ini maksudnya, judul yang anda bikin harus get attention. Norak itu seksi kata temen-temen jurnalis. Dengan judul yang Norak, Bombastis, tapi ringkas, diharapken jurnalis yang anad kirimin digelitik rasa penasarannya.

2. Judul Panjang itu HARAM

Nah, kerap saya dimintain pendapat tentang membuat sebuah judul. Bayangin aja..judul aja perlu dikonsultasikan? Ala maaak..tapi memang sih ini penting banget. Salah satu hal yang paling saya inget saat ikut pelatihan jurnalistik jaman di kampus dulu, senior says," Judul Panjang itu HARAM..!!. Usahakan judul menggunakan 5-6 kata. Nah susah kan? Makanya, konsultasikan sama saya (hahahahahaha)

3. Lead harus KINCLONG

Tau Lead tidak? Kalau ndak tau, coba cari di search engine, ketik kata "LEAD" dalam BERITA". Biar ndak fanjang-fanjang menjelaskan, intinya LEAD yang anda buat ini harus menarik, ringkes, dan keren. Lead tidak perlu banyak-banyak. Cukup 3-5 kalimat. Per kalimat 5-8 kata. Pelototin betul kalau bikin Lead. Kalau perlu, koreksi, koreksi dan koreksi lagi. Ibaratnya wajah, Lead itu make up. Artifisial yang bisa support judul yang dibuat. Ngerti gak??? (kalau ndak ngerti, japri saya ya...asal argonya jalan, tak buantu sampean...hahahahaha)

4.  WAJIBBBB!!!!!  5W 1H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun