Siaran pers itu bazooka!!.
Kata kawan-kawan yang bergelut di dunia Public Relation,"Its important to build your firm reputation."
Selain kemampuan menulis, tentu ada "adab" yang harus diketahui oleh anda, para PR agar mampu menjadikan press releasesebagai sebuah informasi yang tidak sekedar bombastis dan selling your firm. Press releaseharus terkemas dalam bentuk berita. Ndak usah kepanjangan, gampang dipahami (bahkan sama anak baru lulus SMP mah kalo bisa) dan memang perlu untuk diinformasikan.
Bagaimana bikin press releaseyang seperti itu? Simak, ini beberapa tipsnya
1. Judul kudu NORAK
Ini maksudnya, judul yang anda bikin harus get attention. Norak itu seksi kata temen-temen jurnalis. Dengan judul yang Norak, Bombastis, tapi ringkas, diharapken jurnalis yang anad kirimin digelitik rasa penasarannya.
2. Judul Panjang itu HARAM
Nah, kerap saya dimintain pendapat tentang membuat sebuah judul. Bayangin aja..judul aja perlu dikonsultasikan? Ala maaak..tapi memang sih ini penting banget. Salah satu hal yang paling saya inget saat ikut pelatihan jurnalistik jaman di kampus dulu, senior says," Judul Panjang itu HARAM..!!. Usahakan judul menggunakan 5-6 kata. Nah susah kan? Makanya, konsultasikan sama saya (hahahahahaha)
3. Lead harus KINCLONG
Tau Lead tidak? Kalau ndak tau, coba cari di search engine, ketik kata "LEAD" dalam BERITA". Biar ndak fanjang-fanjang menjelaskan, intinya LEAD yang anda buat ini harus menarik, ringkes, dan keren. Lead tidak perlu banyak-banyak. Cukup 3-5 kalimat. Per kalimat 5-8 kata. Pelototin betul kalau bikin Lead. Kalau perlu, koreksi, koreksi dan koreksi lagi. Ibaratnya wajah, Lead itu make up. Artifisial yang bisa support judul yang dibuat. Ngerti gak??? (kalau ndak ngerti, japri saya ya...asal argonya jalan, tak buantu sampean...hahahahaha)
4. Â WAJIBBBB!!!!! Â 5W 1H