Seiring perkembangannya, Teknologi Informasi dan Komunikasi memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kehidupan manusia. Awalnya hal ini dipicu oleh munculnya komputer yang menyebabkan adanya peristiwa ledakan informasi sehingga membuat manusia hidup dalam tatanan masyarakat informasi. Tidak hanya itu hadirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi juga memicu laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain munculnya komputer sebagai perangkat komputasi juga muncul berbagai soft ware seperti aplikasi pengolahan data, internet dan tentunya search engine yang masih kita gunakan sampai detik ini.
Sebagai manusia yang memiliki sifat praktis dan rasa ingin tau yang tinggi, yang mendorong masyarakat untuk terus berinovasi menciptakan suatu hal yang mempermudahkan berbagai kerja yang dilakukan. Salah satu hasil inovasi manusia di era sekarang adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menjadi media manusia beraktivitas di jaman sekarang misalnya dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi mempermudah manusia melakukan komunikasi jarak jauh dengan media gawai dan koneksi jaringan internet, belanja berbasis e-shoping dan lainnya. Hal ini kemudian menjadi fenomena baru dalam masyarakat karena seluruh aktifitas yang dilakukan sehari-hari dapat dilakukan dengan bermodalkan Teknologi Informasi dan Komunikasi saja.
Dengan adanya fenomena ini, masyarakat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di setiap sektor atau bidang yang ada mulai dari sektor pertanian, sektor pertahanan, bidang kesehatan, pendidikan dan tidak lupa juga dalam sektor bisnis. Apalagi ditengah perekonomian global, Teknologi Informasi dan Komunikasi sangat memiliki peranan penting dalam kemajuan sektor ekonomi baik itu dari segi produksinya hingga pemasarannya. Salah satunya adalah UMKM yang ada dalam masyarakat, sebagai salah satu penyokong perekonomian tentunya UMKM ini sangat terpengaruh dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi meski pun masih banyak UMKM yang belum memanfaatkanya secara maksimal.
Hadirnya Teknologi Informasi dan Komunikasi tentunya menjadi peranan penting bagi keberlangsungan UMKM yang ada. Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi menjadi media terbarukan yang menjadi jawaban atas kendala yang dijumpai dalam pelaksanaan kegiatan UMKM. Berikut ini beberapa peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan UMKM:
A.Teknologi Informasi
1.Pengolahan Data (Manajemen Data) Administrasi UMKM
Dalam hal ini Teknologi Informasi berperan sebagai penyimpanan atau storage mengenai data-data yang dimiliki oleh suatu UMKM, misalnya data kepemilikan, ijin oprasional, dan lainnya. Kemudian dengan adanya Teknologi Informasi ini dapat mengatur pengelolaan data guna memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan oleh stakeholder, nah melalui data atau informasi inilah nantinya UMKM akan mengambil suatu keputusan dan mengolah keputusan tersebut secara tepat. Selain itu juga Teknologi informasi ini juga berperan dalam pengolahan data seperti pembuatan laporan hasil penjualan, laporan keuangan, administrasi karyawan dan lainnya yang sekiranya dibutuhkan dalam UMKM.
2.Membuat Desain Produk
Dalam bidang UMKM desain produk memegang peranan penting dalam pembuatan suatu produk. Bagaimana tidak dalam UMKM desain produk ini akan menjadi acuan dalam menentukan produk yang akan dibuat. Menurut DR. Buchori Alma dalam Nara Umdiana (2018:171) bahwasanya desain poduk merupakan suatu kelengkapan yang sangat penting dalam UMKM dalam memproduksi produk baik itu berwujud ataupun tidak dimana didalamnya mencangkup komposisi warna, brand, nama perusahaan yang dapat diterima serta memuaskan konsumen. Desain produk ini dimaksudkan agar produk yang akan kita hasilkan nanti tidak mengalami kegagalan, selain itu juga dengan adanya desain produk ini dapat dijadikan suatu gambaran bagaimana nantinya produk yang dihasilkan berjualitas dan memiliki standarisasi sehingga produk yang diproduksi memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu pula dengan adanya desain produk ini membuat pelaku UMKM dapat menciptakan produk yang ekonomis. Disinilah Teknologi Informasi mengambil peranan, dimana pembuatan desain produk ini menggunakan software pengolahan data dalam komputr.
3.Penggunaan Komputer Pada Pengoprasian Mesin Dalam Proses Produksi Produk UMKM
Seiring perkembangan revolusi industri, dalam bidang industri sekarang mengenal yang namnaya teknologi smart manufacturing. Smart manufacturing ini merupakan pengintegrasian data, dengan kinerja komputasi yang sangat tinggi dan berbasis big data ke dalam manufaktur tradisonal guna menciptakan suatu produk dengan kualitas yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih sedikit tentunya (Dwi Iskandar, 2021:96). Selain itu dalam hal ini juga memanfaatkan teknologi pintar untuk memantau segala bentuk proses produksi. Meskipun hal ini masih berkembang dalam bidang UMKM akan tetapi hal ini memiliki potensi yang sangat tinggi dalam keberhasilan UMKM baik dari segi pembelian, produksi hingga penjualan.
B.Teknologi Komunikasi
Seperti yang dipaparkan diatas bahwasanya teknologi komunikasi ini berkaitan dengan media yang digunakan untuk mentransfer dan memproses suatu informasi. Salah satu peranan teknologi komunikasi dalam bidang UMKM adalah sebagai media pemasaran dan media promosi. Sebagai bidang promosi biasanya UMKM akan berkerja sama dengan tokoh yang memiliki pengaruh bagi publik untuk memasarakan produknya, biasanya hal ini dilakukan melalui platform media sosial yang berkembang pesat sekarangf seperti facebook, instagram dan lain sebagainya. Dalam pemasaran produk UMKM ditengah kecanggihan teknologi, sekarang sudah bisa memanfaatkan yang namanya e-commerce.
E-commerce ini merupakan suatu kegiatan jual beli melalui sistem elektronik dan jaringan internet. Menurut Gradon dan Pearson (2004) merupakan transasksi jual beli suatu barang melalui media internet secara luas selain itu menurut Ramanathan et al. (2012) merupakan pemanfaatan jaringan komputer untuk kegiatan membeli, menjual, maupun pertukaran produk, jasa maupun informasi (Rakanita, 2019:1283).
Dengan adanya e-commerce ini tentunya menguntungkan UMKM yang ada, misalnya dengan adaya e-commerce ini akan meningkatkan daya saing produk yang akan dipasarkan, selain itu produk yang dipasarkan nantinya dapat menembus pasar global sehingga produk UMKM tidak hanya digunakan orang dalam negri tapi juga dapat di ekspor ke luar negri. Selain e-commerce juga terdapat beberapa marketplace yang tentunya mendukung pemasaran produk UMKM. Di era digitalisasi ini banyak sekali marketplace yang dimanfaatkan oleh UMKM yang ada misalnya seperti lazada, tokopedia, dan shopee. Dengan begitu pemasaran produk dapat dilakukan dalam kurun waktu 24 jam, sehingga UMKM dapat meraup keuntungan yang tinggi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H