Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (25/11), PermataBank kembali menyelenggarakan program berkesinambungan 'Guruku Permataku' pada tanggal 23 November 2017 di Jakarta yang diikuti 250 guru tingkat SD - SMA/K wilayah Jabodetabek, termasuk 27 guru pendamping Program PermataBankir Cilik dan 25 guru dari Maluku Tenggara Barat, yang terselenggara atas kerjasama dan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan & Kebudayaan, khususnya bidang Pembinaan PKLK & GTK.
Tahun ini, program Guruku Permataku diawali dengan acara seminar bertema "Guruku Cerdas, Guruku Berkarakter" yang dilanjutkan dengan sesi bincang-bincang bersama guru-guru inspiratif yang akan berbagi inspirasi mengenai peran serta guru dalam melahirkan calon pemimpin berkarakter di masa depan dan bagaimana para Guru dapat mengoptimalkan potensi diri mereka, kuat berkarakter dalam menghadapi tantangan Guru masa kini -- Teachers Jaman Now.
Guruku Permatakuadalah program pengembangan dan pelatihan bagi para guru sebagai bentuk apresiasi dan komitmen PermataBank terhadap peningkatan kualitas guru-guru di Indonesia, mulai dari tingkat PAUD/TK, SD, SMP hingga SMA/SMK. Melalui program ini, para Pahlawan tanpa Tanda Jasa tersebut dapat meningkatkan kreatifitas, wawasan, pengetahuan dan potensinya sebagai tenaga pengajar profesional melalui beragam kegiatan yang menarik sepertiseminar, workshop, training of trainers, financial clinics,dan monitoring & evaluation.
Melalui program Guruku Permataku ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi tenaga pengajar maupun peserta didiknya. Selain menambah wawasan, juga dapat menjadi bekal bagi para guru untuk menjadikan proses belajar mengajar menjadi jauh lebih menarik dan efektif, serta termotivasi untuk menjadi guru yang berkarakter pemimpin. Dapat dikatakan, bila ingin melihat kualitas suatu bangsa maka lihatlah kualitas gurunya. Guru yang berkualitas akan memiliki karakter yang baik, yang perilakunya dapat ditiru oleh peserta didik.
Apresiasi Guruku Permataku tahun 2017 dari PermataHati diserahkan langsung oleh Richele Maramis -- Head of Corporate Affairs PermataBank  kapada Mohamad Hikmat -- Guru Berprestasi Penyandang Disabilitas (Tuna Daksa) dari SLB Bhakti Pertiwi, Sukabumi, M. Hamid Basuki -- Guru Musik Penyandang Disabilitas (Tuna Netra) dari SLB A Pembina Tingkat Nasional, Jakarta, Dra. Wiwik Budiasih -- Guru Berprestasi se-Kota Tangsel 2017 di SDN Pondok Kacang 03, Bintaro dan Agustinus Walaluyo, SPd -- Kepala Sekolah SD Inpres Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, penyerahan apresiasi & penghargaan didampingi & disaksikan oleh Agusnadi - Head of CSR PermataBank, Hilman - Perwakilan UPZ PermataBank Syaria. Sri Wahyuningsih, M. Pd. -- Kepala Sub Direktorat Pembinaan PKLK, KemenDikBud, Santi Ambarukmi -- Kasubdit Perencanaan Kebutuhan Peningkat Kualifikasi dan Kompetensi, KemenDikBud, Bpk. Munif Chatib -- Tokoh Pendidikan.
PermataHati merupakan tanggung  jawab sosial (CSR) PermataBank yang berfokus pada pendidikan, khususnya literasi keuangan. PermataHati dirancang dengan memadukan berbagai aktivitas dalam tiga pilarnya yaitu: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Perbaikan Fasilitas, dan Pemberdayaan Masyarakat. Partisipasi aktif dari para karyawan PermataBank sebagai Employee Volunteer (EVO) merupakan tulang punggung dan kunci keberhasilan dari semua kegiatan CSR yang dilakukan PermataBank, dimana EVO menyisihkan waktu dan tenaganya dalam menjalankan kegiatan CSR untuk mendapatkan Poin Senyum. Setiap 15 Poin Senyum yang terakumulasi, PermataBank akan memberikan 1 beasiswa bagi anak berprestasi yang kurang mampu selama 1 tahun ajaran. Untuk mendukung program CSR ini, setiap karyawan PermataBank berhak mendapatkan 1 hari cuti CSR, diluar jatah cuti tahunannya.
Sejak diluncurkan pada tahun 2010, 17.349 PermataBankers telah mengajukan diri secara sukarela melakukan kegiatan CSR dan berhasil mengumpulkan 55.127 Poin Senyum diakumulasikan menjadi  8.420 penerima beasiswauntuk anak-anak berprestasi yang kurang mampu.
Pengakuan terkini atas pencapaian PermataBank adalah "Excellent Service Experience Award 2016" kategori Regular Banking dan Sharia Banking dari Majalah Service Excellence dan Carre CCSL, Contact Center Service Excellence Award (CCSA) 2016, Exceptional Grade untuk kategori Regular Banking-Sharia Banking-Priority Banking; "Best Business Model Execution" dari The Asian Banker Indonesia Country Awards. Untuk informasi lebih lanjut  terkait PermataBank tersedia melalui website di http://www.permatabank.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H