1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2
Tugas: Membuat gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan
Oleh : Agus Hasbullah (SDN Angkasa 1 Kalijati)
Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Subang
Berikut adalah gambaran diri saya setelah tiga tahun ke depan:
Setelah lulus program CGP dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak saya telah menjadi sosok yang seutuhnya melaksanakan filosofis pemikiran KHD. Guru penggerak harus mampu menjadi agen perubahan yaitu dengan menanamkan nilai-nilai guru penggerak. Nilai-nilai guru penggerak akan menciptakan tatanan kehidupan yang berbudi pekerti luhur serta berintelektual jika bisa dilakukan oleh semua orang yang terkait dalam dunia pendidikan. Melalui penerapan nilai-nilai guru penggerak ini, maka dapat menjadikan guru sebagai teladan khususnya bagi siswa sehingga dapat mewujudkan merdeka belajar guna menumbuh kembangkan profil pelajar pancasila.
Nilai-nilai guru penggerak yang sudah saya laksanakan adalah :
- Mandiri
Senantiasa mengembangkan potensi yang ada dalam diri tanpa bergantung kepada orang lain. Nilai Mandiri akan muncul dalam diri kita jika melakukan sesuatu tanpa ada perintah terlebih dahulu. Baik dari pimpinan atau siapapun. Keinginan untuk maju dan berkembang menjadi kunci tumbuhnya kemandirian.
- Reflektif
Mengadakan evaluasi dengan meminta murid/rekan sejawat memberikan komentar ataupun penilaian dari kegiatan pembelajaran dan program sekolah untuk mendapatkan umpan baik dan tindak lanjut dari kegiatan
- Kolaboratif
Yang sudah saya lakukan terkait dengan kolaboratif diantaranya : bekerja sama dengan rekan sejawat dalam menyusun rencana program sekolah maupun pembelajaran, bekerjasama dengan guru lain, Wali kelas dan Orangtua dalam mengatasi permasalahan belajar yang dihadapi oleh siswa.
- Inovatif
Yang sudah saya lakukan terkait dengan nilai inovatif diantaranya : mampu membuat media pembelajaran menggunakan berbagai aplikasi yang menarik, membuat karya inovatif dalam bidang pendidikan seperti aplikasi erapot, media pembelajaran berbasis TIK serta membuat video pembelajaran yang diupload di youtube untuk mendukung konten pembelajaran daring bagi siswa.
- Berpihak kepada murid
Yang sudah saya lakukan terkait dengan nilai berpihak pada murid diantaranya : membiasakan kegiatan pembelajaran dengan meminta siswa bertanya sebelum melanjutkan materi, memanfaatkan multimedia pembelajaran dan kegiatan praktikum dalam pembelajaran untuk memfasilitasi siswa belajar dengan gaya belajar yang berbeda-beda, memberikan kebebasan pada siswa untuk mengerjakan tugas sesuai kecepatan belajar dan tekniknya masing-masing, serta memberikan kebebasan pada siswa untuk memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada.
Terimakasih
salam bahagia, salam guru penggerak
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H