Mohon tunggu...
Agus Arta Diva Anggara
Agus Arta Diva Anggara Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

"write what should not be forgotten"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

"ABS-CBN" Menjadi Tonggak Sejarah Media Filipina

24 September 2021   09:51 Diperbarui: 24 September 2021   09:55 705
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ABS-CBN Logo. Sumber: Deviantart

ABS-CBN atau Alto Broadcasting System and Chronicle Broadcasting Network merupakan stasiun televisi terbesar dan tertua di Filipina. Didirikan sejak 23 Oktober 1953, ABS-CBN merupakan bagian dari ABS-CBN Corporation, sebuah perusahaan dibawah Lopez Group.

ABS-CBN menjadi stasiun televisi tertua di Filipina setelah pertama kali mengudara pada 23 Oktober 1953 sebagai Alto Broadcasting System (ABS) di DZAQ-TV, hanya berselang tiga bulan setelah penyiaran pertama dari Nippon Television di Jepang.

Dalam sejarah perkembangannya, ABS-CBN tidak lagi hanya bergerak dalam media siaran arus utama seperti televisi, namun ABS-CBN juga berhasil melakukan cross-multiplatform untuk memperluas perusahaan menggunakan platform media lain. 

Keberhasilan ini menjadikan ABS-CBN sebagai media yang mengilhami hadirnya media-media multiplatform di Filipina. 

ABS-CBN dan Multiplatform

Wenger &Potter(2008), mempunyai sebutan lain untuk jurnalisme multimedia, yakini cross-platform journalist.

Artinya adalah jurnalis yang bisa bekerja secara efektif pada lebih dari satu medium. Contoh, seorang jurnalis televisi juga membuat berita untuk website dan versi cetak. 

Fenomena cross-platform journalist ini dapat kita jumpai pada perusahaan media besar seperti ABS-CBN Filipina sebagai tonggak lahirnya media-media baru di negara tersebut. 

Hingga saat ini ABS-CBN memproduksi berbagai jenis konten yang mereka bagi kedalam tujuh kategorisasi media. 

Kategorisasi tersebut meliputi entertainment, news, digital, global, film and music, cable channel, publishing.

Dari kategorisasi tersebut kita dapat melihat  bagaimana ABS-CBN tidak lagi hanya sebagai perusahaan stasiun televisi Filipina, melainkan mereka berhasil menjajaki platform media lain dan memproduksi konten kedalam media yang berbeda jenis.  

Kategorisasi Konten. Sumber: Tangkapan layar
Kategorisasi Konten. Sumber: Tangkapan layar
Begitu banyak konten media yang diproduksi oleh ABS-CBN, namun kita akan berfokus pada konten berita online yang mereka produksi dan melihat bagaimana penerapan jurnalisme multimedia pada perusahaan media terbesar di Filipina tersebut. 

Kategorisasi Berita Online ABS-CBN. Sumber: Tangkapan layar
Kategorisasi Berita Online ABS-CBN. Sumber: Tangkapan layar
Jurnalisme Multimedia ABS-CBN News

ABS-CBN news adalah salah satu dari tiga portal berita online yang diproduksi ABS-CBN, dua portal berita lain yang diproduksi adalah ANC dan juga Teleradyo.

Widodo (2020) dalam bukunya menyebutkan bahwa multimedia setidaknya harus dapat mengombinasikan minimal tiga jenis media dalam satu platform. 

Jika kita pergi dan mengakses ABS-CBN News, kita akan melihat pada bagian atas halaman portal berita tersebut terdapat beberapa pilihan untuk melihat konten berita yang disajikan. 

Option Bar. Sumber: Tangkapan Layar
Option Bar. Sumber: Tangkapan Layar
Tidak hanya menjaikan teks dan gambar, platform berita online ABS-CBN news juga menyediakan elemen media berupa video (pada bagian TV Patrol) dan juga siaran radio (pada bagian Teleradyo). 

Melihat bagaimana ABS-CBN news memanfaatkan lebih dari tiga elemen media yakini teks, gambar, video, dan juga suara maka dapat dikatakan bahwa ABS-CBN news sudah menerapkan apa yang kita pahami sebagai jurnalisme multimedia. 

ABS-CBN telah banyak menginspirasi perusahaan-perusahaan media lain di Filipina dalam bentuk maupun cara mendistribusikan konten media kepada masyarakat lokal bahkan dunia.

Keberhasilan ABS-CBN dalam mengembangkan konten media kedalam berbagai bentuk platform media, menjadi salah satu faktor tingginya pendapatan yang diperoleh perusahaan media ini. Dilansir dari networthspot.com  ABS-CBN memperoleh keuntungan sekitar $63.25 juta US Dolar. 

ABS-CBN menjadi salah satu media yang memanfaatkan cross-platform sebagai upaya untuk mengembangkan perusahaan media dan melihat peluang pada era media digital. 

Dengan menerapkan elemen multimedia pada setiap platformnya ABS-CBN telah memberikan beragam pilihan dan segmentasi audiens yang menikmati konten medianya tersebut.  

Jurnalisme multimedia memberikan peluang untuk mendistribusikan konten media kepada audiens dalam jangkauan yang lebih luas. Elemen-elemen multimedia yang diterapkan ABS-CBN melahirkan perusahaan-perusahaan media Filipina serupa yang ikut menerapkan elemen multimedia dalam kontenya seperti GMA News, Inquirer.net, dan masih banyak berita online lainya. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun