Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Modul 1.3: Demonstrasi Kontekstual Visi Guru Penggerak Angkatan 10

28 September 2024   05:24 Diperbarui: 28 September 2024   07:19 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salam dan Bahagia

Kembali saya mencoba menuangkan ke dalam blog saya ini hasil demonstrasi kontekstual dari Modul 1.3 dengan tema Visi Guru Penggerak. Tak terasa sudah hampir dua bulan menjalani aktivitas Pendidikan Guru Penggerak dan telah menyelesaikan Modul 1.1 dan 1.2.

Rangkaian tugas di modul 1.3 ini antara lain Merumuskan Visi Guru Penggerak Menggunakan Pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA). Lalu Mengidentifikasi hal baik yang telah ada di sekolah dan mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Ringkasan Alur Merdeka

Mulai dari diri: CGP membuat lukisan "Imajiku tentang murid di masa depan", CGP membuat sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang sekolah yang Bapak/Ibu impikan dengan melanjutkan kalimat rumpang yang telah diberikan, CGP mengartikulasikan nilai-nilai, filosofi, harapan yang mereka yakini atas murid di sekolah sebagai bagian dari kedigjayaan Indonesia di masa mendatang dalam sebuah VISI.

Agar dapat menerapkan Inkuiri Apresiatif, maka langkah yang dapat dilakukan adalah dengan metode BAGJA

BAGJA terdiri dari: B = Buat Pertanyaan Utama; A = Ambil Pelajaran; G = Gali Mimpi; J = Jabarkan Rencana; A = Atur / Eksekusi;

B = Buat Pertanyaan; Berisi pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan arah penelusuran

A = Ambil Pelajaran; Memandu bagaimana pengalaman positif dari individu, kelompok atau komunitas lain yang akan dijadikan pembelajaran

G = Gali Mimpi; Berupa narasi keadaan ideal jika prakarsa perubahan telah terwujud

J = Jabarkan Rencana; Mengidentifikasi tindakan-tindakan yang akan dilakukan

A = Atur Eksekusi; Membantu transformasi rencana menjadi nyata

Visi Guru Penggerak: "Mewujudkan Peserta Didik Berkarakter Profil Pelajar Pancasila, Cerdas, Berakhlak, dan Menguasai ITC"

Prakarsa Perubahan: "Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Teknologi"

Adapun tahapan BAGJA yang saya buat adalah sebagai berikut:

Tahap B = Buat Pertanyaan
Tahap B = Buat Pertanyaan

Tahap A = Ambil Pelajaran
Tahap A = Ambil Pelajaran

Tahap G = Gali Mimpi
Tahap G = Gali Mimpi

Tahap J = Jabarkan Rencana
Tahap J = Jabarkan Rencana

Tahap A = Atur Ekskeusi
Tahap A = Atur Ekskeusi

Demikian rancangan tindakan perubahan berdasarkan tahapan BAGJA

Semoga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan berpihak kepada peserta didik.

Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun