Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Bocoran Soal Modul 7 dan 8 Pembatik Level 2: Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis TIK

23 Agustus 2023   08:35 Diperbarui: 23 Agustus 2023   08:59 699
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tak terasa, tanggal 22 ujian akhir bagi peserta Pembatik Level 2, dimana dalam ujian akhir ini harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari modul yang diberikan.

Ada empat modul yang telah disediakan dan harus dipelajari oleh para peserta Pembatik Level 2. Dua modul telah saya kirimkan soal-soal latihannya disini dan berikut ini adalah soal-soal latihan yang muncul untuk dua modul, modul 7 dan 8.

Walau sepenuhnya bukan jaminan akan ada soal yang keluar, namun setidaknya telah menambah wawasan kita dalam menjawab pertanyaan yang muncul di Ujian Akhir nanti.  

Latihan Modul 7: Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK Dalam Pembelajaran:

Kegiatan Belajar 1 : Lingkungan Belajar dalam Pembelajaran

1. Pengertian belajar menurut Prof. Oemar Hamalik adalah ...

a. mengembangkan kemampuan kreativitas, sosial, emosional

b. proses menyampaikan pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik

c. menerima instruksi dari seseorang yang lebih berpengalaman

d. usaha untuk mencapai nilai tinggi dan prestasi dari tugas dan ujian

e. perubahan tingkah laku akibat adanya interaksi individu dan lingkungan

Jawaban : E

2. Lingkungan belajar mengandung arti ...

a. hal yang dapat mempengaruhi perubahan tingkah laku peserta didik

b. segala hal di sekitar peserta didik yang dapat mempengaruhi tingkah laku

c. lingkungan untuk belajar dalam keluarga, sekolah dan masyarakat

d. semua yang ada di sekeliling individu yang dapat menimbulkan interaksi

e. lingkungan aman yang berperan dalam proses transfer informasi

Jawaban : B

3. Bagaimana dampak penggunaan model pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan belajar daring dalam proses pembelajarannya?

a. Memperluas akses peserta didik terhadap sumber belajar

b. Meningkatkan interaksi sosial antara pendidik dan peserta didik

c. Mengurangi fleksibilitas dalam penyampaian materi pembelajaran

d. Menyebabkan ketergantungan peserta didik pada teknologi

e. Membatasi kemampuan peserta didik dalam berkolaborasi dan diskusi

Jawaban : A

4. Model pembelajaran blended terdiri dari 3 komponen utama yaitu ...

a. Pembelajaran luring, pembelajaran campuran, pembelajaran inovatif

b. Pembelajaran luring, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran kreatif

c. Pembelajaran daring, pembelajaran tatap muka, pembelajaran mandiri

d. Pembelajaran daring, pembelajaran luring, pembelajaran campuran

e. Pembelajaran daring, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran aktif

Jawaban : C

5. Pada suatu waktu, seorang narasumber memberikan materi kepada para pendengar. Ada dua kelompok pendengar, yaitu yang hadir langsung di depan pembicara dan yang mendengarkan melalui Youtube Live Streaming. Di sesi diskusi, narasumber memberikan kesempatan baik kepada hadirin yang hadir maupun penonton daring di kanal untuk menyampaikan pertanyaan mereka. Contoh tersebut merupakan penerapan model pembelajaran ...

a. Daring

b. Luring

c. Blended 

d. Hybrid 

e. Mix 

Jawaban : D

6. Fitur unggulan LMS dalam pendukung proses belajar daring adalah....

a. News, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan

b. Permainan, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan

c. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Laporan

d. User Friendly Interface, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Diskusi, Chatting

e. User Friendly Interface, Pendaftaran Daring, Kelas Daring, Kuis dan Ujian Daring, Ruang Chatting

Jawaban : C

7. Berikut ini yang bukan merupakan kelebihan LMS adalah ....

a. Mempermudah pendidik untuk mengumpulkan dan menganalisis data hasil belajar peserta didik dengan waktu yang lebih singkat

b. Waktu pembelajaran jadi lebih efisien karena pembelajaran daring dapat diakses di mana saja dan kapan saja

c. Mendorong peserta didik bersantai-santai dalam belajar, dan tidak terbebani

d. Mempermudah guru dalam mengelola tugas, umpan balik, dan mengawasi kemajuan peserta didik dalam proses belajar

e. Mendorong peserta didik untuk melakukan pembelajaran secara mandiri

Jawaban : C

8. Berikut ini merupakan contoh Learning Management System, kecuali...

a. Zoom Meeting

b. Google Classroom

c. Kelas Maya

d. Microsoft Teams

e. Schoology

Jawaban : A

9. Apa saja fitur yang disediakan oleh Google Classroom?

a. Alat analisis data untuk mengevaluasi kemajuan peserta didik

b. Kemampuan untuk mengelola keuangan sekolah

c. Fasilitas pemesanan ruang kelas dan peralatan pembelajaran

d. Sarana untuk menjalankan simulasi laboratorium virtual

e. Pengaturan tugas, materi, pengumuman dan forum diskusi

Jawaban : E

10. Berikut ini adalah cara mengakses LMS yang kurang tepat yaitu ...

a. Kelas Maya : https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/

b. Microsoft Teams : https://www.microsoft.com/id-id/microsoft-teams/log-in

c. Google Classroom : https://classroom.google.com/

d. Schoology : https://app.schoology.com/login

e. Moodle : https://moodle.org/

Jawaban : B

Kegiatan Belajar 2 : Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK sesuai Lingkungan Belajar

11. Beberapa kemampuan di bawah ini diperlukan untuk menghadapi kebutuhan di abad ke 21, kecuali ....

a. Kemampuan TIK

b. Kemampuan berpikir kritis

c. Kemampuan numerasi

d. Kemampuan berkomunikasi

e. Kemampuan kolaborasi

Jawaban : C

12. Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran ....

a. Teknologi terkini, perencanaan pembelajaran, dan minat peserta didik

b. Karakter peserta didik, tujuan pembelajaran, dan lingkungan belajar

c. Keaktifan peserta didik, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah

d. Kondisi sekolah, kemampuan pendidik, dan kelengkapan fasilitas

e. Lingkungan belajar, kemampuan pendidik, dan teknologi terbarukan

Jawaban : B

13. Metode pembelajaran yang memiliki karakteristik dimana peserta didik diminta untuk mengalami suatu peristiwa yang sedang dipelajarinya, merupakan metode pembelajaran ....

a. Simulation based learning

b. Case/problem based learning

c. Product based learning

d. Resources based learning

e. Colaborative based learning

Jawaban : A

14. Pelaksanaan pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka menurut Standar Proses dalam Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 melalui beberapa tahapan, seperti ....

a. Pengembangan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran

b. Penentuan, perlakuan, dan penilaian proses pembelajaran

c. Perencanaan, praktik baik, dan refleksi pembelajaran

d. Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses pembelajaran

e. Perancangan, praktik baik, dan evaluasi pembelajaran

Jawaban : D

15. Dalam pembelajaran terdiferensiasi, ada beberapa aspek dari peserta didik yang perlu diperhatikan yaitu ....

a. Kreativitas, bakat, dan lingkungan belajar

b. Kemampuan, hobi, dan ekonomi

c. Keluarga, lingkungan, dan masyarakat

d. Asal, ekonomi, dan keterampilan

e. Kesiapan, minat, dan profil belajar

Jawaban : E

16. Aspek pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan hasil akhir dari pembelajaran untuk menunjukkan kemampuan peserta didik merupakan aspek ....

a. Konten

b. Proses

c. Produk

d. Lingkungan belajar

e. Dampak belajar

Jawaban : C

17. Metode pembelajaran yang melibatkan rotasi peserta didik antara beberapan area pembelajaran yang berbeda di dalam kelas, adalah ....

a. Flipped learning

b. Blended learning

c. Project based

d. Station rotation

e. Problem based

Jawaban : D

18. Kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas merupakan salah satu dari komponen utama refleksi yaitu ....

a. Whole heartedness

b.Open mindedness

c. Responsibility

d. Problem solving

e. Consistency

Jawaban : A

19. Pendidik yang konsisten menjalankan refleksi akan mendapatkan berbagai dampak positif, berikut ini yang bukan merupakan dampak baik refleksi adalah....

a. Memahami maksud dari apa yang telah dipelajari

b. Dapat mengerti apa yang dilakukan

c. Paham apa yang harus dilakukan selanjutnya

d. Mengetahui budaya belajar yang ada di kelas

e. Dapat meluluskan kemampuan peserta didik

Jawaban : E

20. Berikut ini pernyataan yang paling tepat terkait best practice, adalah ....

a. Pendekatan yang didasarkan pada perencanaan terbaik

b. Pendekatan paling efisien dan efektif dalam menyelesaikan suatu tugas

c. Praktik pembelajaran tidak perlu melibatkan asesmen pembelajaran

d. Praktik baik selalu melibatkan penggunaan teknologi yang canggih

e. Praktik baik dicapai menggunakan metode pembelajaran hybrid

Jawaban : B

TES AKHIR MODUL 7

1. Pendapat dari Slameto tentang lingkungan belajar yaitu ... 

a. prestasi belajar peserta didik dapat dipengaruhi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat

b. segala yang ada di sekeliling individu yang memiliki pengaruh tertentu

c. merupakan sesuatu yang ada di luar individu, walaupun ada juga yang mengatakan bahwa ada lingkungan yang terdapat dalam individu

d. semua yang ada di lingkungan peserta didik yang dapat memberikan pengaruh kepada tingkah laku individu

e. suatu pemicu perubahan tingkah laku pada individu melalui interaksi dengan lingkungannya

Jawaban : A

2. Salah satu kelemahan dari pembelajaran dalam jaringan (daring) yaitu ...

a. Peserta didik dapat mengakses sumber belajar melimpah dari internet

b. Pembimbingan dapat dilangsungkan dengan baik kepada tiap peserta didik

c. Mudah melakukan pemantauan terhadap aktivitas peserta didik dalam belajar

d. Keberhasilan sulit dicapai jika fasilitas kuota dan perangkat tidak tersedia

e. Kemandirian dan interaksi peserta didik dapat terdorong lebih baik

Jawaban : D

3. Metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran secara daring dikenal dengan istilah ...

a. hybrid learning

b. blended learning

c. simulation learning

d. case based learning

e. flipped learning

Jawaban : B

4. Fitur pada LMS yang menyediakan chart atau hasil yang dapat memudahkan pendidik melacak perkembangan peserta didiknya adalah fitur ....

a. antarmuka

b. ruang diskusi

c. ujian daring

d. laporan

e. konferensi video

Jawaban : D

5. Salah satu LMS yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran adalah...

a. Moodle

b. Microsoft Teams

c. Schoology

d. Kelas Maya

e. Google Classroom

Jawaban : E

6. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran, adalah .... 

a. Mencapai tujuan pembelajaran dengan efisien

b. Membangun keterampilan TIK peserta didik

c. Melatih kemampuan komunikasi peserta didik

d. Mengajak peserta didik berkolaborasi aktif

e. Mencapai prestasi belajar yang terbaik

Jawaban : E

7. Salah satu metode pembelajaran yang disarankan untuk membangun keterampilan abad 21 melalui pemberian berbagai ragam dan jenis bahan belajar yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah metode ...

a. Resources based learning

b. Colaborative based learning

c. Simulation based learning

d. Project based learning

e. Problem based learning

Jawaban : A

8. Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses, yang bukan merupakan karakteristik pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka adalah ...

a. Pembelajaran interaktif

b. Pembelajaran kolaboratif

c. Pembelajaran inspiratif

d. Pembelajaran menyenangkan

e. Pembelajaran menantang

Jawaban : B

9. Pelaksanaan pembelajaran dimana membedakan kegiatan peserta didik dalam aktivitas mereka, merupakan pembelajaran terdiferensiasi yang menggunakan aspek ....

a. Konten

b. Produk

c. Proses

d. Lingkungan

e. Kemampuan

Jawaban : C

10. Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meninjau kembali dengan lebih rinci pembelajaran yang sudah dilakukan, adalah pengertian dari ....

a. Asesmen

b. Evaluasi

c. Refleksi

d. Praktik Baik

e. Pengembangan

Jawaban : C

TEST AKHIR MODUL 8: DASAR-DASAR PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERTEKNOLOGI DIGITAL

1. Berikut ini adalah ciri-ciri media pembelajaran digital menurut Arsyad, kecuali ....

a. dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear

b. digunakan sesuai dengan keinginan perancang atau pengembang

c. pembelajaran berorientasi siswa, melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi dan memadukan kata serta visual dari berbagai sumber

d. gagasan-gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa dan relevan

e. prinsip-prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan media pembelajaran

Jawaban : B

2. Metode ACTION merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang baik. Jika seorang guru ingin menggunakan sebuah media namun ternyata kesulitan karena biayanya yang cukup mahal, pertimbangan yang digunakan disebut dengan ....

a. Access 

b. Technology 

c. Interactivity 

d. Cost 

e. Novelty

Jawaban : D

Perhatikan gambar berikut!

Sumber: Pembatik 2023
Sumber: Pembatik 2023

Video : Bukti Karya - (kemdikbud.go.id)

Gambar di atas merupakan salah satu contoh media pembelajaran video dalam bentuk ....

a. animasi tradisional

b. animasi 2D

c. animasi 3D

d. stop motion 

e. motion graphic 

Jawaban : C

4. Podcast adalah siaran berupa rekaman suara, rekaman asli video, dan juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio dari host yang membahas topik tertentu. Alamat podcast dari Pusdatin Kemendikbudristek adalah ....

a. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbud

b. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatinkemdikbud

c. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemdikbudristek

d. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbud

e. https://podcasters.spotify.com/pod/show/pusdatin-kemendikbudristek

Jawaban : A

5. Menurut Foreman, beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game edukasi adalah ....

a. active learning, motivation, action 

b. individualization, novelty, social 

c. scaffolding, action, feedback active 

d. technology, interactivity, transfer 

e. motivation, scaffolding, assessment 

Jawaban : E

6. Berikut yang tidak termasuk dari 4 alasan penting pemanfaatan media pembelajaran, yaitu ....

a. meningkatkan mutu pembelajaran

b. tuntutan paradigma baru

c. tuntutan dunia teknologi

d. memenuhi kebutuhan pasar

e. visi pendidikan global

Jawaban : C

7. Gambar berikut menunjukkan pemanfaatan media pembelajaran digital yaitu ....

Sumber Gambar: Pembatik 2023
Sumber Gambar: Pembatik 2023

a. augmented reality 

b. virtual reality 

c. game edukasi

d. video pembelajaran

e. podcast

Jawaban : C

8. Memanfaatkan media pembelajaran perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut, kecuali ....

a. fasilitas sekolah

b. materi pembelajaran

c. karakteristik peserta didik

d. gaya belajar peserta didik

e. tujuan dan visi--misi sekolah

Jawaban : E

9. Memanfaatkan media pembelajaran digital perlu memperhatikan hak cipta atas konten milik orang lain yang akan digunakan, dengan cara ....

a. membuat konten sendiri

b. mencantumkan sumbernya

c. mencantumkan konten asli

d. merubah konten sebagian

e. merubah konten seluruhnya

Jawaban : B

10. Berikut adalah alasan penggunaan konten pembelajaran berlisensi Creative Commons (CC), yaitu ....

a. konten premium

b. konten khusus

c. konten personal

d. konten terbuka

e. konten komersial

Jawaban : D

Akhir kata, semoga yang sudah lulus Pembatik Level 1 kembali mampu menjawab soal dengan baik dan mengumpulkan nilai 80 keatas sehingga dapat LULUS di Pembatik Level 2 ini Ke Level 3. Semoga kita mampu menjawab Soal Ujian Akhir yang diselenggarakan dari tanggal 22 Sampai 23 Agustus 2023 ini dengan BAIK...

Jangan Lupa Membaca Juga : Latihan Modul 5 dan Modul 6 Pembatik Level 2

Ingat teman-teman Tanggal 23 Agustus 2023 Terakhir Ujian Akhir Pembatik Level 2.....Semoga Lulus...AMIN..

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun