Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Latihan Modul 5 dan Modul 6 Pembatik Level 2 Optimalisasi Pembelajaran Berbasis TIK

14 Agustus 2023   05:52 Diperbarui: 14 Agustus 2023   06:20 600
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siap Mengikuti Pembatik Level 2: Sumber Gambar: pembatik.kemdikbud

Salam Pembatik 2023...

Tak terasa pengumuman Pembatik yang lulus tahap 2 sudah dikumandangkan, syukur masihdiberi kesempatan untuk melangkah ke level 2 ini.

Tantangan level 2 tentunya semakin sulit dari Level 1. Peserta yang lulus dibagi kedalam beberapa kelas dan saya ditempatkan di kelas online atau daring berbasis berbasis Google Classroom Implementasi 54.

Seperti diketahui, Google Clasroom menjadi sebuah media pembejalaran online paling smart untuk digunakan selama pagebluk Covid-19 melanda dunia, disamping itu juga sudah terintegrasi dengan akun belajar.id.

Di Level 2 ini, dengan tema "Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar", maka kita diberikan 4 (empat) modul, mulai dari modul 5 dengan tema "Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21", dimana dalam materi ini ada dua kegiatan pembelajaran, (1) Pendekatan TPACK Dalam Pembelajaran Digital, dan (2) Implementasi Pembelajaran Digital Dalam Kurikulum Merdeka.

Sementara modul 6 mengusung tema "Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital" yang diawali video pengenalan oleh Duta Belajar dari Sumatera Utara.

Pada Modul 6 ini, sama seperti modul 5 dengan dua kegiatan belajar: pertama, Pemanfaatan Sumber Belajar Digital, dan yang kedua, Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital Untuk Pembelajaran Terdiferensiasi.

Materi-materi dari kedua modul ini harus kit abaca dan pahami dengan baik sehingga nantinya dalam pembuatan tugas akhir, kita mampu membuat sebuah video pembelajaran yang sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Juga dalam dua materi ini, terdapat latihan-latihan ataupun tes akhir modul yang perlu dipahami oleh peserta Pembatik Level 2 dengan baik.

Berikut ini soal-soal latihan maupun tes akhir modul dari Modul 5 dan 6:

Tes Akhir Modul 5 : Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21

Petunjuk: Bacalah setiap soal dengan seksama, kemudian pilih jawaban dari opsi yang tersedia dan menurut Bapak/Ibu guru paling benar. Tulislah jawaban di kertas atau tempat lain, kemudian bandingkan hasilnya dengan kunci jawaban di lembar berikutnya.

1.Faktor yang menjadi pendukung utama dalam pelaksanaan pembelajaran digital adalah...

a. kebutuhan peserta didik untuk memperoleh pembelajaran yang kontekstual dan relevan

b. meningkatnya  kemampuan  profesional  guru  setelah  mengikuti  program pelatihan

c. berkembangnya    teknologi    terbaru    yang    masih    belum    dioptimalkan penggunaannya

d. berkembangnya kebijakan dinas pendidikan untuk memberikan bantuan TIK di sekolah

e. tumbuhnya motivasi kepala sekolah untuk menjadikan sekolahnya sebagai sekolah penggerak atau sekolah contoh

Jawaban : A

2. Guru menggunakan fasilitas kelas digital Google Classroom dan Google Form untuk memberikan pengayaan dan remedial bagi peserta didik yang membutuhkan, di luar jam mengajarnya.

Contoh di atas adalah penerapan pembelajaran digital sesuai fungsi ....

a. personalisasi

b. akselerasi

c. subtitusi

d. suplemen

e. komplemen

Jawaban : E

3. Salah satu aktivitas belajar di kelas digital (LMS) adalah peserta didik mempelajari materi tertentu secara mandiri dan asinkron melalui video pembelajaran yang ditautkan di LMS tersebut.

Ranah (domain) TPACK yang dominan pada aktivitas belajar tersebut adalah ....

a. TK (technological knowledge)

b. PK (pedagogical knowledge)

c. TPK (technological and pedagogical knowledge)

d. TCK (technological and content knowledge)

e. PCK (pedagogical and content knowledge)

Jawaban : D

4. Pada masa pandemi, banyak peserta didik yang merasakan kurangnya interaksi belajar dengan teman sebaya. Salah satu aktivitas pembelajaran digital yang dapat dirancang guru untuk meningkatkan interaksi antar peserta didik adalah ....

a. melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dan hasilnya dipresentasikan oleh tim melalui aplikasi vicon

b. memberikan     tugas     observasi     lingkungan     rumah     individu     dan didokumentasikan (foto dan video)

c. memberikan soal kuis sebagai persiapan belajar melalui aplikasi digital dan memberikan hadiah kepada pemenang

d. merekam video penjelasan materi kemudian membagikannya kepada grup komunikasi peserta didik

e. memanfaatkan siaran radio daerah untuk menjangkau peserta didik yang sulit mengakses internet

Jawaban : A

5. Pembelajaran digital pun dapat dilakukan di kelas konvensional, tidak selalu jarak jauh. Contoh penerapan pembelajaran digital secara klasikal yang tepat adalah sebagai berikut, kecuali ....

a. pemanfaatan sumber belajar digital di kelas

b. melakukan asesmen daring dengan aplikasi google form di kelas

c. melakukan diskusi melalui konferensi video di kelas

d. pencarian referensi materi melalui internet browser di kelas

e. penggunaan aplikasi kuis daring sebagai ice-breaking sebelum memulai kelas

Jawaban : C

6. Salah satu peranan yang dapat dilakukan oleh dinas pendidikan daerah sebagai pemangku kebijakan untuk mendukung implementasi pembelajaran digital adalah

a. mendaftarkan semua sekolah di daerahnya menjadi sekolah penggerak

b. mendata  semua  guru,  tenaga  kependidikan,  dan  peserta  didik  sebagai penerima bantuan TIK

c. memastikan infrastruktur dan perangkat pembelajaran digital merata aksesnya

d. mengganti kurikulum yang berlaku dengan membuat desentralisasi kurikulum digital

e. memastikan semua sekolah memiliki web sekolah dan pendataan terpusat

Jawaban : C

7. Guru    harus    terampil    menggunakan    teknologi    digital    sehingga    dapat memanfaatkan kelebihan teknologi dalam mengelola pembelajaran dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi digital oleh guru dalam mengelola pembelajaran, kecuali ....

a. mengumpulkan portofolio hasil belajar siswa di LMS

b. mengikuti program keprofesian berkelanjutan secara daring

c. melakukan asesmen diagnostik melalui platform Merdeka Mengajar

d. mengoreksi hasil ujian menggunakan program aplikasi digital

e. berkolaborasi dengan pihak sekolah dan dinas membuat e-rapor

Jawaban : B

8. Evaluasi pembelajaran digital tidak hanya dilakukan di akhir proses belajar, tapi perlu dilakukan sepanjang proses persiapan hingga implementasinya. Salah satu tujuannya adalah untuk mengetahui kesiapan dan kebutuhan peserta didik dalam penyusunan kegiatan belajar. Evaluasi ini termasuk dalam jenis evaluasi ....

a. program

b. eksternal

c. diagnostik

d. formatif

e. sumatif

Jawaban : C

9. Evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur capaian pengetahuan hasil belajar dengan memanfaatkan teknologi digital seperti Google Form akan membantu meningkatkan efektivitas proses dalam hal ....

a. pengelolaan (pengolahan dan portofolio)

b. daya tarik belajar bagi peserta didik

c. pencarian sumber belajar digital

d. memudahkan mengecek keikutsertaan

e. peningkatan mutu pendidikan

Jawaban : A

10. Salah satu bentuk kolaborasi yang berkelanjutan (sustainable) antar pemangku kepentingan (stakeholders) di daerah supaya implementasi pembelajaran digital terjadi secara optimal dan relevan/kontekstual sesuai dengan potensi lokal adalah:

a. meningkatkan anggaran pendidikan daerah untuk dibelanjakan perangkat TIK yang paling terbaru

b. menerapkan kurikulum digital berbasis pendekatan TPACK untuk seluruh sekolah tanpa terkecuali

c. memperbaiki sarana dan prasarana sekolah, memastikan semua sekolah memiliki aliran listrik

d. mengembangkan   beragam   bahan   belajar   digital   secara   terpusat   lalu didistribusikan ke seluruh sekolah

e. meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan TPACK melalui program pelatihan berkelanjutan

Jawaban : E

Tes Akhir Modul 6 : Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar

1. Implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran baru nanti, kemendikbudristek menyiapkan 3 jalur pilihan sesuai satuan pendidikan yang sudah disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari masing-masing satuan Pendidikan, yaitu:

a. Mandiri Belajar, Mandiri Berbagi dan Mandiri Berubah

b. Mandiri Belajar, Mandiri Berubah dan Mandiri Berkolaborasi

c. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bergotong-Royong

d. Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi dan Mandiri Bekerjasama

e. Mandiri Berubah, Mandiri Berkolaborasi dan Mandiri Bergotongroyong

Jawaban : A

2. Manfaat dengan adanya pusat sumber belajar adalah...

a. Penyimpanan, pelayanan, penyajian dan kolaborasi

b. Penyimpanan, pelatihan, pembaharuan dan berbagi 

c. Penyimpanan, pelayanan, pemasaran, kolaborasi

d. Pelayanan, pelatihan, pemasaran dan pembaharuan

e. Pembaharuan, pemasaran, kolaborasi, pembaharuan

Jawaban : B

3. Platform Merdeka Mengajar memiliki fitur/menu yang dapat membantu pengembangan kompetensi guru dan menunjang kegiatan belajar mengajar, yaitu:

a. Asesmen Murid, Komunitas, Bukti Karya dan Sumber Belajar

b. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Sumber Belajar dan Edugame

c. Asesmen Murid, Pelatihan Mandiri, Perangkat Ajar dan Komunitas 

d. Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Edugame dan Bukti Karya

e. Asesmen Murid, Sumber Belajar, Bukti Karya dan Video Inspirasi

Jawaban : C

4. Menu Perangkat Ajar pada PMM merupakan menu yang memuat berbagai materi pendukung dalam kegiatan pembelajaran Guru di sekolah berupa:

a. Modul Kelas

b. Sumber Belajar

c. Edugame

d. Modul dan Bahan Ajar 

e. Praktik Baik

Jawaban : D

5. Diferensiasi konten dalam pembelajaran terdiferensiasi dilakukan dengan cara:

a. Memberikan konten yang sama kepada semua peserta didik

b. Menyediakan sumber belajar yang variatif sesuai dengan materi ajar yang dipelajari 

c. Menggunakan berbagai metode pengajaran yang fleksibel

d. Mempertimbangkan preferensi gaya belajar peserta didik

e. Menggunakan PMM sebagai sumber belajar digital

Jawaban : B

6. Asesmen yang bertujuan untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik dalam mempelajari materi dan pencapaian tujuan pembelajaran, merupakan:

a. Asesmen Kelas

b. Asesmen Sekolah

c. Asesmen Sumatif

d. Asesmen Nasional

e. Asesmen Awal 

Jawaban : E

7. Asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran merupakan:

a. Asesmen Kelas

b. Asesmen Sekolah

c. Asesmen Sumatif 

d. Asesmen Nasional

e. Asesmen Awal

Jawaban : C

Itulah Latihan Soal Modul 5 dan 6...

Semoga Bermanfaat...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun