Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Soal Latihan Kegiatan Belajar 1 Modul 01 "Ekosistem Digital Merdeka Belajar"

27 Juli 2023   15:22 Diperbarui: 27 Juli 2023   15:28 3762
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Soal Latihan Kegiatan Belajar 1 Modul 01 "Ekosistem Digital Merdeka Belajar". Soal latihan ini disusun sebagai latihan mandiri dan tidak termasuk dalam penilaian PembaTIK level 1 tahun 2023. Selamat mengerjakan dengan baik ya, Peserta Pembatik 2023! Tetap semangat!

1. Education 4.0 hadir sebagai implikasi yg tak terhindarkan di era revolusi industry 4.0 dimana peran dan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) beserta pemanfaatan segala ragam perangkat digitalnya telah berkembang pada tingkatan dimana perpaduan antara otomasi dan data menjadi "currency" (mata uang) baru yang memegang peranan penting di segala aspek kehidupan. Yang menjadi pembeda utama era revolusi industri 4.0 dari era-era industri sebelumnya adalah ....

a. konektivitas manusia dengan mesin melahirkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)

b. menggambarkan    fase    ke-5    dari    kemasyarakatan    dalam    sejarah perkembangan peradaban manusia mulai dari fase yang pertama

c. membawa   dampak   yang   signifikan   pada   banyak   aspek   kehidupan masyarakat, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan

d. aspek yg lebih ditekankan adalah pada faktor manusia-nya sebagai pusat

Jawaban : A

2. Pernyataan yang paling benar dan sesuai tentang aspek-aspek yang mendasari konsep Education 4.0 dan Society 5.0 adalah ....

a. Pada   era   Education   4.0,  aspek   penekanannya   lebih   kepada   faktor teknologinya sedangkan di era Society 5.0, aspek manusia sebagai pusat atau subjek yang mampu secara kritis dan bijak menyikapi berbagai macam perkembangan teknologi tanpa meninggalkan aspek humanisme

b. Baik  pada  era  Education  4.0  maupun  Society  5.0  berbagai  macam perubahan teknologi yang pesat memunculkan aspek negatif yang membuat manusia tidak mampu memilah nilai-nilai yang baik dari yang buruk

c. Pemanfaatan Artificial Intelligence harus dihentikan secara total karena dapat mengancam aspek peradaban kemanusiaan

d. Peningkatan   kemampuan   berteknologi   tidak   perlu   mencakup   aspek berkomunikasi dan berkolaborasi karena teknologi saja sudah dapat menggantikan manusia melakukan fungsi komunikasi dan kolaborasi

Jawaban : B

3. Episode Merdeka Belajar yang ke 24 adalah ....

a. Kampus Merdeka

b. Praktisi Mengajar

c. Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

d. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan

Jawaban : D

4. Untuk  meningkatkan  kualitas  proses  pembelajaran,  mengoptimalkan  hasil belajar siswa, serta mengurangi dampak-dampak negatif pandemi COVID-19 bagi pendidikan di Indonesia. Proses telaah dan analisis kurikulum inilah yang menghasilkan  kurikulum prototipa  yang  kemudian  secara  resmi  ditetapkan dengan nama Kurikulum Merdeka. Kebijakan yang mengatur tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka) adalah ...

a. Permendikbudristek No.5 Tahun 2022

b. Permendikbudristek No.7 Tahun 2022

c. Permendikbudristek No.262/M/2022

d. Permendikbudristek No.56/M/2022

Jawaban : C

5. Salah satu keunggulan kurikulum merdeka adalah "Lebih Merdeka". Artinya adalah ....

a. fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi siswa pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan

b. pembelajaran melalui kegiatan projek (project-based learning) memberikan kesempatan lebih luas kepada siswa untuk secara aktif mengeksplorasi isu- isu aktual misalnya isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila yang relevan dengan kehidupan sehari- hari siswanya.

c. merdeka bagi Siswa memiliki arti yaitu Tidak ada program peminatan di SMA, siswa memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya.

d. kurikulum Merdeka dipandang sebagai langkah yang inovatif dalam usaha merevitalisasi sistem pendidikan

Jawaban : C

6. Berikut pernyataan yang benar terkait Contekstual Teaching Learning (CTL), kecuali...

a. menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka sendiri

b. menekankan pada pemecahan masalah dan mendorong siswa untuk belajar dari satu sama lain dan bersama-sama

c. mengajarkan  siswa  untuk  memonitor  dan  mengarahkan  pembelajaran mereka sendiri sehingga mereka menjadi pembelajar yang mandiri

d. selalu Menggunakan Teknologi dan kecerdasan buatan dalam pembelajaran

Jawaban : D

7. Berikut  adalah  contoh  metode  yang  dapat  dilakukan  oleh  guru  dalam memberikan pengajaran yang inovatif (innovative teaching) dalam membangun kreativitas, kecuali:

a. Melakukan brainstorming dengan menggunakan teknologi digital

b. Belajar di luar kelas tanpa guru harus memonitor dan mengevaluasi hasil belajar

c. Membuat roleplay dan menggunakan permainan dengan animasi

d. Melakukan Story telling dengan alat bantu audio dan video

Jawaban : B

8. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yang benar terkait dengan Pedagogi Diital Kritis (Critical Digital Pedagogy), kecuali:

a. Pembelajaran dalam Pedagogi Digital Kritis (Critical Digital Pedagogy) tetap menempatkan siswa sebagai pusat simpul pembelajaran (student-centered learning), kolaborasi pembelajaran (collaborative learning), membangun kemandirian, menumbuhkan belajar sepanjang hayat serta mengintegrasikan dengan kehidupan masyarakat sebagai learning experiential.

b. Implementasi dari pedagogi digital kritis di era Education 4.0 dan Society 5.0 ini membutuhkan lingkungan dan ekosistem pendidikan yang terbuka dan berjejaring, kontekstual dan inovatif serta membangun karakter dan kepribadian yang baik, luhur, dan unggul.

c. Dalam pedagogi digital kritis ini tidak perlu dilakukan analisis terkait kondisi dan kebutuhan siswa di lingkungan belajarnya karena guru memegang kontrol utama pembelajaran dan semua siswa tanpa kecuali harus dapat menyesuaikan.

d. Dalam pembelajaran yang mengacu pada pedagogi digital kritis, beragam perangkat apat digunakan, antara lain: social media, learning management system, web-based tools, machine learning, dan smartphone.

Jawaban : C

9. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yg benar terkait esensi Merdeka Belajar kecuali:

a. Merdeka belajar tidak hanya memberikan kemerdekaan berpikir terhadap potensi-potensi yang ada dari setiap individu namun juga memberikan kemerdekaan kepada institusi pendidikan yang menjadi prasyarat untuk berinovasi.

b. Dalam  konsep  Merdeka  Belajar  juga  memuat  suatu  upaya  perubahan mindset dari teacher sentris menjadi collaboration sentris.

c. Merdeka Belajar adalah tentang kebebasan atau otonomi atau kemandirian dalam menentukan pilihan dan keputusan yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan yang beragam sehingga hasil yang dicapai dapat lebih optimal dan tepat sasaran.

d. Merdeka Belajar lebih diterjemahkan sebagai "Independent Learning" karena lebih menitikberatkan pada aspek kemandirian saja.

Jawaban : D

10. Berikut ini adalah pernyataan-pernyataan yang sesuai dan benar mengenai program Merdeka Belajar pada episode V, kecuali:

a. Episode  ke-V  Merdeka  Belajar  diluncurkan  oleh  Kemdikbudristek  pada tanggal 3 Juli 2020.

b. Arah program Guru Penggerak berfokus pada pedagogi, berpusat pada murid dan pengembangan holistik, on-the-job coaching, pendekatan formatif dan berbasis pengembangan, serta kolaboratif.

c. Terdapat  tiga  modul  pelatihan:  Paket  Pertama  adalah  Motivasi  Guru Penggerak. Paket Kedua adalah Model-model dan layanan untuk Good Practice  Guru  Penggerak.  Paket  Ketiga  adalah  Kepemimpinan  Kepala Sekolah.

d. Melalui visi Merdeka Belajar, Guru Penggerak diharapkan dapat mencetak sebanyak mungkin agen-agen transformasi dalam ekosistem pendidikan yang mampu menghasilkan murid-murid berkompetensi global dan berkarakter   Pancasila,   mampu   mendorong   transformasi   pendidikan Indonesia.

Jawaban : C

 

Berikut ini adalah soal-soal latihan pada Kegiatan Belajar 2 Modul 01 "Ekosistem Digital Merdeka Belajar". Soal latihan ini disusun sebagai latihan mandiri dan tidak termasuk dalam penilaian PembaTIK level 1 tahun 2022. Selamat mengerjakan dengan baik ya, Sahabat! Tetap semangat!

1. Pada  awal  peluncuran  akun  akses  layanan pendidikan  sasaran  pengguna adalah sebagai berikut, kecuali;

a. Guru dan siswa PAUD

b. Guru dan siswa SD/SMP

c. Guru dan siswa SMA/SMK

d. Tenaga Administrasi sekolah/TU

Jawaban : A

2. Laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi sistem pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan penetapan rapor pendidikan disebut

a. Rapor pendidikan

b. Platform rapor pendidikan

c. Profil pendidikan

d. Hasil Asesmen Nasional

Jawaban : C

3. Akun elektronik yang memuat nama akun (User ID) dan akses masuk akun (Password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan adalah ....

a. Akun pribadi

b. Akun Sekolah

c. Akun Guru

d. Akun pembelajaran

Jawaban : D

 

4. Akun pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dengan domain ....

a. belajar.com

b. belajar.id

c. belajar.go.id

d. belajar.go.com

Jawaban : B

 

5. Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui :

a. Aplikasi Android saja

b. Aplikasi platform Merdeka Mengajar di Google Playstore dan Web browser : https://PMM.kemdikbud.go.id/

c. Aplikasi platform Merdeka Mengajar di Google Playstore dan Web browser : https://guru.kemdikbud.go.id/

d. Web browser : https://guru.kemdikbud.go.id

Jawaban : C

6. Apa tiga fungsi utama platform Merdeka Mengajar?

a. Mengajar, Bekerja, Berkarya.

b. Belajar, Mengajar, Berdampak.

c. Mengajar, Belajar, Berkarya.

d. Mengajar, Bertumbuh, Berkarya.

Jawaban : C

7. Berikut ini adalah Fitur Platform Merdeka Mengajar yang tidak dapat dilakukan dalam produk Pelatihan Mandiri adalah....

a. Belajar Materi

b. Unggah Bukti Karya Saya

c. Mengerjakan Post Test

d. Praktik Aksi Nyata

Jawaban : B

8. Pada hasil rapor satuan pendidikan capaian tertinggi yang diperoleh adalah....

a. Cakap

b. Dasar

c. Mahir

d. Perlu Intervensi Khusus

Jawaban : D

 

 Tes Akhir Modul

Pilihlah jawaban yang paling tepat pada soal-soal pilihan ganda berikut ini!

1. Society 5.0 yang menekankan human centered atau berpusat pada manusia dalam implementasi basis teknologi yang tengah dan akan terus berkembang. Kapan pertama kali konsep society 5.0 diperkenalkan pada ....

a tahun  2018  oleh  Fushida  Takahano pada pertemuan  dua  tahunan  Forum ASEAN Council of Teachers (ACT) di Tokyo-Jepang

b. tahun 2019 oleh Shinzo Abe pada pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia di Davos Swiss

c. tahun 2017 oleh Jiseon Yoo pada pertemuan lima tahunan Forum The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di Abu Dhabi

d. tahun 2020 oleh Jinmyeong Chung pada pertemuan tahunan Forum Korean Education and Research Information Service (KERIS) di Korea

Jawaban : B

2. Yang merupakan tiga elemen penting yang perlu diperhatikan dalam implementasi kemerdekaan belajar di era Education 4.0 dan Society 5.0 adalah:

a. Pembelajaran  yang  mandiri,  kontekstual,  dan  inovatif  dalam  membanguh kreativitas.

b. Pembelajaran mandiri yang konvensional, kontraproduktif, dan berstruktur.

c. Pembelajaran  yang  terpusat  pada  guru  serta  mengacu  pada  aturan  dan mekanisme yang mengikat.

d. Pembelajaran yang mengutamakan peningkatan kecerdasan dengan model drilling, reward, dan punishment; evaluasi yang konvensional dan kontrol belajar yang terus menerus di ruang kelas.

Jawaban : A

3. Dalam pembelajaran mandiri, guru lebih memposisikan diri sebagai moderator dan fasilitator dalam proses pembelajaran yang dapat membangun tiga aspek kemampuan siswa, salah satunya adalah Metacognitive skills artinya ....

a. mampu  membuat  hipotesis  masalah,  mengklasifikasi  objek  berdasarkan kriteria, mengkonstruksi cara berfikir untuk menyelesaikan masalah secara logis, dan lain-lain

b. mampu mendeskripsikan dan mengidentifikasi cara mereka belajar, seperti mendengar, mengingat, mengecek kebenaran pengetahuan, menulis, dan lain- lain.

c. keterampilan  mengelola  perasaan.  Dalam  hal  ini,  motivasi  adalah  atribut keterampilan afektif yang paling penting dalam pembelajaran independen.

d. memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  melakukan  "self  monitoring" (pengawasan mandiri).

Jawaban : B

 

4. Terkait dengan implementasi Kurikulum Merdeka, berikut ini adalah opsi-opsi yang diberikan kepada sekolah sesuai dengan kesiapan masing-masing, kecuali:

a. Sekolah  diperbolehkan  menggunakan  kurikulum  2013  bila  belum  merasa nyaman melakukan perubahan.

b. Sekolah  diperbolehkan  menggunakan  Darurat,  yaitu  kurikulum  2013  yang disederhanakan jika merasa masih diperlukan penyesuaian/masa transisi ke kurikulum Merdeka.

c. Sekolah diperbolehkan menggunakan kurikulum Merdeka jika sudah siap.

d. Sekolah  diwajibkan  mengimplementasikan  kurikulum  Merdeka  tanpa  harus mempertimbangkan situasi atau kondisi tertentu siswanya.

Jawaban : D

5. Episode Merdeka Belajar yang ke XV adalah ....

a. Rapor Pendidikan Indonesia

b. Kurikulum Merdeka dan PMM

c. Guru Penggerak

d. Transisi Paud ke SD yang Menyenangkan

Jawaban : B

 

6. Di bawah ini adalah kebijakan-kebijakan penting yang diluncurkan pada Episode ke-XV Merdeka Belajar, kecuali....

a. Kurikulum  Merdeka  menjadi  salah  satu  program  Kemendikbudristek  untuk mengatasi  ketertinggalan  dan  hilangnya  pembelajaran  (learning  loss)  di Indonesia

b. Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai akselerasi mutu pembelajaran dan peningkatan kualitas guru dan pendukung bagi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka.

c. Kurikulum   Merdeka   memfokuskan   siswa   pada   pembelajaran   dengan pemanfaatan teknologi yang mengharuskan setiap siswa memakai perangkat teknologi terkini yang kompleks dan advanced untuk hasil belajar yang maksimal

d. Implementasi Kurikulum Merdeka telah diperkuat landasan hukumnya dengan dikeluarkannya  Kepmendikbudristek  No.56  tahun  2022  tentang  Kurikulum Merdeka yang dirancang lebih sederhana dan mendalam, lebih merdeka, dan lebih relevan serta interaktif

Jawaban : C

 

7. Tujuan dari diluncurkan platform Merdeka Mengajar yaitu....

a. untuk menambah beban kerja Guru

b. menambah angka kredit Guru

c. menjadi teman penggerak Guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

d. hanya menjadi tempat mengungah hasil karya

Jawaban : C

8. Berikut fitur-fitur yang disediakan oleh Produk Perangkat Ajar pada   Platform Merdeka Mengajar dalam mengelola Folder adalah....

a. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder, memindahkan folder menjadi sub-folder

b. membuat folder baru, merubah nama folder, menghapus folder

c. membuat folder baru dan menghapus folder

d. membuat folder baru, menghapus folder, mengelompokkan folder ke dalam kategori-kategori yang sama

Jawaban : A

9. Laporan komprehensif mengenai layanan pendidikan sebagai hasil dari evaluasi sistem pendidikan yang digunakan sebagai dasar peningkatan mutu dan penetapan rapor pendidikan disebut....

a. rapor pendidikan

b. platform rapor pendidikan

c. profil pendidikan

d. hasil Asesmen Nasional

Jawaban : C

10. Kumpulan  referensi  materi  yang  terstruktur  berupa  video,  animasi,  web  dan permainan terdapat pada fitur....

a. Kelas Maya

b. Bank Soal

c. Sumber Belajar

d. Peta Budaya

Jawaban : C

 

Good Luck...

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun