Mohon tunggu...
Agus PrasetyoNugroho
Agus PrasetyoNugroho Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang Guru dan saya suka mendengarkan hal-hal tentang sastra dan karya seni.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Artikel Menggunakan Metode Star, Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

17 Februari 2023   10:51 Diperbarui: 17 Februari 2023   10:55 318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi

SMP NEGERI 3 BATURETNO WONOGIRI

Jl. Raya Baturetno Wonogiri

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Cerita Fantasi dan materi membuat Puisi Rakyat dari berita yang telah ditayangkan dengan menggunakan model PBL dan PjBL.

Penulis

AGUS PRASETYO NUGROHO

Tanggal

19 Januari 2023

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang dari praktik pembelajaran ini adalah peserta didik kelas 7A belum mampu membuat puisi rakyat dari berita yang telah ditayangkan. Hal ini tampak pada kemampuan dasar peserta didik dalam pemahaman terhadap materi mengidentifikasi isi berita yang telah ditayangkan oleh pendidik. Hal ini sangat penting untuk dibagikan karena berdasarkan Praktik Pengalaman lapangan (PPL) yang dilakukan banyak perubahan sikap pada peserta didik yang berdampak pada proses pembelajaran.  Sikap yang terjadi pada peserta didik seperti :

1. Peserta didik belum aktif dalam kegiatan berdiskusi

2. Peserta didik malu untuk menyampaikan hasil karya

3. Peserta didik terlihat lesu dalam mengikuti kegiatan belajar

4. Peserta didik tidak fokus dalam mengikuti kegiatan belajar

5. Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan diskusi kelompok.

Pada masing-masing kelompok terdiri dari 5/6 peserta didik, akan tetapi yang benar-benar bekerja atau berdiskusi hanya 3/4 orang saja, yang sisanya hanya bermain.

Selain itu kurangnya penggunaan TPACK dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dan kurangnya penerapan model pembelajaran inovatif dikelas dalam proses pembelajaran. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai peneliti yaitu meneliti tentang permasalahan yang terjadi selama proses belajar mengajar di kelas dan menyelesaikan masalah-masalah khusus pembelajaran yang dihadapi.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:

1. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut.

2. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas.

3. Anggapan peserta didik belajar menelaah unsur-unsur puisi rakyat dan membuat puisi rakyat itu sulit sehingga membuat peserta didik lesu dalam menerima pelajaran.

Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, pendidik, teman sejawat dan kepala sekolah. Tantangan itu yang menyebabkan pendidik harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik serta model pembelajaran yang mendukung.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Tantangan yang ada segera diselesaikan dengan baik oleh saya di antaranya yaitu:

1. Masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi karena peserta didik yang dominan lebih pandai dan pintar yang banyak menyelesaikan diskusi kelompok tersebut.

Saya lebih intens lagi dalam membimbing peserta didik yang belum memahami tugas yang akan dilakukan, agar peserta didik yang masih pasif dalam kegiatan diskusi dapat berperan aktif di kelompoknya.

2. Masih ada peserta didik yang belum percaya diri untuk mempresentasikan hasil laporannya di depan kelas.

Saya mendampingi dan memberikan contoh kepada peserta didik baik individu maupun kelompok bagaimana cara mempresentasikan hasil laporan kelompok dan tetap memberikan semangat dan apresiasi kepada peserta didik atau kelompok yang sudah tampil.

3. Berkaitan dengan anggapan peserta didik belajar menelaah puisi itu sulit.

Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran saya memberikan motivasi dan apersepsi yang bisa membuat peserta didik lebih bersemangat dalam belajar teks puisi rakyat.

Langkah-langkah yang lain juga diambil antara lain,

1. Berkaitan dengan model pembelajaran

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terdiri dari 6 sintaks pembelajaran yaitu:

Sintaks 1: Pertanyaan mendasar

Sintaks 2: Mendesain perencanaan produk

Sintaks 3: Menyusun jadwal pembelajaran

Sintaks 4: Memonitor keaktifan dan perkembangan proyek

Sintaks 5: Menguji Hasil

Sintaks 6: Evaluasi pengalaman belajar

Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terdiri dari 5 sintaks pembelajaran yaitu:

Sintaks 1: Orientasi peserta didik pada masalah

Sintaks 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar

Sintaks 3: Membimbing penyelidikan secara individu atau kelompok

Sintaks 4: Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Sintaks 5: Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Dari model pembelajaran yang dipilih dari mulai tahap satu sampai tahap akhir yang dituangkan dalam kegiatan pembuka, inti dan penutup.

2. Berkaitan dengan bahan ajar dan media ajar

Saya menggunakan bahan ajar berupa Handout per pertemuan juga LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk mengukur ketercapaian belajar peserta didik dan saya juga menggunaakan video pembelajaran yang ditampilkan lewat LCD proyektor, dengan berbantuan PPT berbasis TPACK sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

3. Berkaitan dengan penilaian

Saya juga menggunakan lembar penilaian untuk menilai secara keseluruhan dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Serta lembar penilaian spiritual dan sikap sosial.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana

respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dapat membuat pemahaman peserta didik lebih baik dan peserta didik lebih termotivasi terhadap materi puisi rakyat kelas VII A SMP N 3 Baturetno. Peserta didik bersemangat dan tidak cepat bosan dalam pembelajaran, karena pada saat pembelajaran peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok serta per kelompok menjawab soal yang diberikan oleh pendidik. Hasil yang didapatkan selama proses pembelajaran sangat efektif karena pemilihan model dan media pembelajaran sudah sesuai dengan materi pembelajaran.

Dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan menggunakan langkah-langkah tersebut, respon dari lingkungan sekitar yaitu teman sejawat dan kepala sekolah memberikan respon positif. Faktor yang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang telah dilakukan berhasil adalah dengan pemahaman peserta didik dalam belajar dan hasil belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun