Pasar adalah tujuan perusahaan menawarkan produk barang dan jasa. Tanpa tujuan pasar yang jelas, pemasaran produk pun akan mengalami kesulitan bahkan kegagalan. Market Dibedakan menjadi beberapa bagian:
1. Â Market berdasarkan negara, provinsi dan kota.
 Masyarakat dalam suatu negara memiliki perbedaan sosial budaya, agama dan peraturan. Negara satu berbeda dengan negara lainnya. Sebagai  contoh Perusahaan makanan wajib memiliki keterangan kehalalan makanannya jika produknya ingin diedarkan di negara-negara mayoritas muslim. Contoh lain, tempat rekreasi yang memiliki tempat ibadah yang luas, nyaman, tempat wudhu yang dibedakan dan tertutup, akan memiliki kunjungan yang lebih dari biasanya, karena masyarakat saat ini yang semakin melek agama.
Di mana bumi dipijak
Di situ langit dijunjungÂ
2. Â Market berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan
Produk juga wajib melihat selera, usia dan jenis kelamin. Jam tangan bermodel usia dewasa tidak cocok jika di pakai anak muda, demikian pula sebaliknya. Anak kecil senang sekali menonton youtube berbau kartun, seperti naruto, doraemon. Sedangkan orang tua akan konsern terhadap berita-berita politik, ekonomi, dan informasi terkini yang terjadi di dalam masyarakat. Semuanya memiliki minat masing-masing.
Begitu juga tingkat pendidikan. Masyarakat yang heterogen dengan tingkat pendidikan yang berbeda, akan memiliki minat yang berbeda pula, karena terkait kata-kata yang sulit dicerna dan yang bisa mencerna hanya yang duduk di bangku kuliah dan itu tidak bisa dipungkiri.
Minuman jamu akan sering dikonsumsi oleh orang tua yang telah mengalami badan yang kurang fit atau bagi yang ingin tetap fit. Berbagai Minuman dingin yang sudah menjamur beberapa tahun ini sangat digandrungi anak muda dan ABG. Maka produknya pun akan dikemas dengan kombinasi warna yang menarik dan semeriah mungkin sesuai dengan jiwa mereka. Bahkan para ABG akan membeli minuman, sesuai yang diminum artis idolanya.
3. Â Market berdasarkan psikologis
Psikologis, terkait dengan hobi, kesenangan dan lain-lain. Seorang yang hobi bermain catur akan mengidolakan tokoh-tokoh yang berkesan dalam hatinya, seorang grand master. Seorang maniak bola, akan senang sekali jika berfoto dengan pemain bola dambaannya dan mendapat tanda tangannya. Kadangkala dia akan mengumpulkan barang-barang bermerk klub sepokbola demi kepuasan dan kebahagian dirinya.
Sentuh hatinya
Dia akan berada dalam genggamanmu
Tanpa segmentasi dan tujuan market yang jelas, perusahaan akan mengalami kesulitan memasarkan produknya.
Namun perlu diingat dalam-dalam, tak boleh menipu dalam berniaga, agar senantiasa diberi kebaikan yang melimpah.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H