Mohon tunggu...
Pramono Agung
Pramono Agung Mohon Tunggu... Guru - Seorang guru yang ingin berlatih menulis, terus menulis dan tetap menulis

Sedikit kebaikan pasti akan berarti

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Komponen Mesin Tidak Bergerak

26 Februari 2024   14:10 Diperbarui: 26 Februari 2024   14:28 1217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Otomotif. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Mesin merupakan komponen utama untuk menghasilkan tenaga pada kendaraan yang begitu penting.

Baik atau tidaknya sebuah kendaraan bisa dilihat dari kondisi mesin yang dipakai pada kendaraan tersebut.

Sebagai penghasil tenaga mesin terdiri dari ratusan komponen yang terpasang padanya.

Komponen yang terpasang pada mesin terbagi menjadi dua yaitu komponen mesin yang tidak bergerak dan komponen mesin yang bergerak.

Komponen mesin yang tidak bergerak yaitu komponen mesin yang memang hanya diam saja ketika mesin tersebut bekerja. Oleh karena itu komponen-komponen jarang terjadi kerusakan dibanding komponen-komponen yang bergerak.

Sedangkan komponen-komponen yang bergerak yaitu komponen mesin yang bergerak ketika mesin bekerja dan tidak akan bergerak pada saat mesin mati. Oleh karenanya komponen-komponen ini lebih bekerja keras dibanding komponen yang tidak bergerak.

Komponen mesin yang tidak bergerak contohnya adalah sebagai berikut :

1. Tutup kepala silinder

Tutup kepala silinder berfungsi sebagai penutup pada bagian atas mesin. Komponen ini sangat mudah untuk dilepas dan dipasang. Pada tutup kepala silinder terdapat lubang pengisi oli yang terbuat dari material plastik dan mudah untuk dibuka hanya dengan menggunakan tangan.

2. Kepala silinder

Kepala silinder adalah komponen yang menopang kerjanya komponen katup. Pada kepala silinder terdapat beberapa komponen diantaranya saluran masuk,  saluran buang,  water jaket, ruang bakar dan lubang busi.

3. Blok silinder

Blok Silinder  berfungsi sebagai tempat piston naik turun pada lubang silinder untuk menghasilkan tenaga. Pada blok silinder terdapat water jacket sebagai tempat saluran air pendingin terdapat juga lubang-lubang baut dan saluran oli.

4. Saluran masuk

Saluran masuk berfungsi sebagai jalur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Saluran masuk terhubung dengan karburator pada mesin konvensional dan terhubung dengan intake chamber pada mesin EFi.

5. Saluran buang

Saluran buang pada mesin berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa-sisa pembakaran yang berasal dari ruang bakar.  Saluran ini sangat panas karena berkaitan dengan suhu panas yang tinggi. Oleh karena itu biasanya saluran buang dilapisi oleh plat khusus yang berfungsi melindungi komponen ini agar tidak membahayakan bagi para teknisi. Saluran buang terhubung dengan knalpot

6. Panci oli

Panci oli atau bak oli sebagai wadah oli yang terletak di bagian paling bawah mesin. Pada panci oli terdapat baut pembuangan oli yang berfungsi sebagai lubang pembuangan oli. Selain itu panci oli pada bagian dalam dipasang separator agar oli tetap rata walaupun berjalan pada posisi yang miring.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun