Sebagai siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan maka siswa wajib mengenal tentang pengertian mesin, pengertian motor bakar, prinsip pembakaran di dalam mesin dan jenis motor bensin. Hal ini sebagai dasar untuk memahami materi berikutnya. Dalam materi Dasar-dasar otomotif tentang teknologi otomotif akan dibahas motor 4 langkah dan 2 langkah.
Apa yang dimaksud dengan mesin atau engine itu ?
Mesin atau engine adalah gabungan dari komponen yang bergerak (dinamis) dan komponen-komponen yang tidak bergerak (statis) yang bila bekerja dapat menimbulkan tenaga energi.
Sedangkan pengertian dasar tentang motor bakar itu apa ?
Motor bakar adalah suatu mesin yang dapat mengubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik dengan jalan pembakaran bahan bakar.
Bila tenaga panas untuk membakar menjadi tenaga penggerak dihasilkan di luar dari mesin disebut motor bakar luar atau external combustion engine dan biasanya digunakan untuk mesin uap dan turbin uap mesin.
Bila pembakaran bahan bakarnya  terdapat dalam mesin itu sendiri seperti  sepeda motor dan mobil dan diubah menjadi tenaga penggerak mesin semacam ini disebut motor bakar dalam atau internal combustion engine.
Prinsip pembakaran didalam mesin
Pada motor bakar pembakaran dalam, bensin di dalam ruang bakar dibakar sehingga gas yang terjadi akibat pembakaran tadi mengandung tenaga panas di mana temperatur dan tekanannya tinggi.
Gas Gas ini akan mengembang yang menekan dan mendorong torak atau piston untuk bergerak ke bawah. Gerak dari piston yang lurus itu diteruskan melalui batang torak atau connecting rod ke poros engkol atau crankshat yang merubah menjadi tenaga putar.
Jenis motor bensin ada 2 yaitu motor 4 langkah dan motor 2 langkah.
Motor 4 langkah adalah suatu motor yang tiap satu silindernya untuk mendapatkan satu kali pembakaran membutuhkan 4 kali gerakan piston yaitu 2 kali bergerak keatas dan 2 kali bergerak ke bawah atau 2 kali putaran poros engkol.
Motor 2 langkah adalah motor yang tiap satu silindernya untuk mendapatkan satu kali pembakaran membutuhkan dua kali gerakan piston yaitu 1 kali bergerak keatas dan 1 kali bergerak ke bawah atau satu kali putaran poros engkol.
Prinsip kerja motor bensinÂ
Campuran udara dan bensin dari karburator yang dihisap masuk ke dalam silinder oleh torak, kemudian dimampatkan dengan torak serta diakhir langkah busi memercikkan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara. Pembakaran  didalam silinder menghasilkan tenaga panas akan mempertinggi suhu dan tekanan. Hasil pembakaran mendorong torak  ke bawah.
Bila batang torak dan poros engkol dilengkapi untuk merubah gerakan turun naik menjadi gerak putar maka torak akan menggerakkan dan memutarkan poros engkol
Disamping itu torak juga digunakan untuk membuang gas-gas bekas yang sudah terbakar dalam silinder dan bertugas pula menyiapkan penyediaan campuran udara bensin pada saat-saat  tetap untuk menjaga agar torak dapat bergerak secara periodik dan melakukan kerja tetap.
Kerja periodik dalam silinder dimulai dari pemasukan campuran udara bensin ke dalam  silinder,  sampai pada kompresi,  pembakaran dan pengeluaran gas gas yang telah terbakar dari silinder.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H