Mohon tunggu...
Deltajaya
Deltajaya Mohon Tunggu... Penulis - Pencinta sastra

Dia adalah pemerhati sastra

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practices Ida Taruli S.

28 September 2022   19:51 Diperbarui: 28 September 2022   20:20 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

LK 3.1 Menyusun Best Practices (Ida Taruli Silaban)


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP Negeri 5 Lintongnihuta

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi

Penulis

Ida Taruli Silaban

Tanggal

13 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah: a) siswa kurang memahami struktur surat dinas; b) guru yang belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi; c) media pendukung yang digunakan dalam proses pembelajaran masih minim



  • Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu:
  •  dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, simpulan dan sampai dengan refleksi serta penutup.
  • Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian siswa/tidak membosankan.
  • Proses bembelajaran lebih tersetruktur.
  • Pembelajaran berpusat pada peserta didik.
  •  Saat proses pembelajaran berlangsung siswa lebih fokus.
  • Pembelajaran lebih menarik.

  • Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu: saya sebagai guru berperan mengubah strategi mengajar dengan menerapkan model yang relevan  yaitu model PBL dalam kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan media Audiovisual (PPT dan video) sehingga kemampuan menulis puisi siswa meningkat.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan yang dihadapi untuk menacapai tujuan pembelajaran adalah:

  • Guru harus menerapkan model pembelajaran yang  relevan saat pembelajaran
  • Peserta didik harus memiliki kemampuan memahami materi yang disajikan.
  •  Guru harus lebih mengakaktifkan peserta didik dalam pembelajaran mandiri atau kelompok saat proses pembelajaran.
  • Guru harus memilih dan menggunakan media pembelajaran yang  tepat dan menarik bagi siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan
  • Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah
  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
  • Guru sebagai fasilitator.
  •  Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses melaksanakan aksi
  • Rekan guru yang membantu terlaksananya aksi ini.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

  • Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut: a) Mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan; b) Pemilihan dan  penggunaan media yang tepat; c) Penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran
  •  
  • Strategi yang dilakukan adalah memilih media pembelajaran yang tepat dan menarik juga sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa,yaitu disini saya menggunakan Video Pembelajaran, kemudian Slide PPT. Proses pemilihan media pembelajaran yang berupa video, harus mencakup: materi yang sesuai,suara dan tampilan videonya jelas dan mudah dimengerti, sedangkan proses pembuatan media PPT: gambar dan tulisannya harus jelas,singkat dan mudah dimengerti, serta tampilan yang menarik untuk dibaca.

  • Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah menggunakan model PBL (Problem Based Learning). Problem Based Learning (PBL) merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk terlibat  aktif dalam pemecahan masalah yang dipilih, mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut, mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.

Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah kemampuan guru dalam mengoprasikan alat-alat seperti laptop, LCD,  jaringan internet, dan pembuatan PPT serta penggunaannya.

Refleksi hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan yaitu:  a) Penggunaan dari video pembelajaran dan presentasi slide PPT sangat membantu pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan; b) Pemilihan model dan media pembelajaran yang efektif , dilihat dari keaktifan siswa saat memberikan tanggapan dan jawaban di setiap diskusi kelompok, c)  Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.


  • Hasilnya efektif,  karena peserta didik mampu mengikuti dengan semangat saat proses pembelajaran berlasung, mulai dari awal hingga akhir pembelajaran.

  • Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan adalah  respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatatan pembelajaran yang telah dilaksanakan, rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran PBL yang telah saya laksanakan.

  • Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu: a) dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu mempersiapkan alat dalam proses perekaman kegiatan pembelajaran; b) situasi dan kondisi sangat mendukung terlaksananya kegiatan; c) dapat mengantisipasi atau mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan; d) berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang telah direncanakan.

  • Pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan ini adalah peran guru dalam menerapkan model dan strategi mengajar yang baik akan berpengaruh besar pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur surat dinas dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun