Prioritas harus diberikan kepada kebutuhan pelanggan atas barang-barang berkualitas tinggi dan harga yang kompetitif. Konsumen yang bahagia lebih cenderung memberi tahu teman, keluarga, atau rekan kerja mereka tentang bisnis, brand, dan perusahaan atau produk. Sebanyak 90% orang mempercayai rekomendasi dan saran dari teman dan keluarga, sementara 70% mempercayai ulasan online dari pelanggan sebenarnya, menurut HubSpot.
Berikut adalah beberapa masalah umum yang dihadapi pedagang dengan layanan pelanggan POS yang buruk.
- penanganan dan dukungan untuk pertanyaan pelanggan yang kompleks tidak efektif.
- POS (point of sales) yang tidak efisien dan tidak aman.
- informasi pelacakan dan detail produk yang tidak memadai.
- kegagalan untuk membangun ikatan yang langgeng dan mempertahankan reputasi brand yang positif.
Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa POS bisnis, brand, dan perusahaan ritel Anda memberi pelanggan pengalaman yang lancar dan menyenangkan?
Anda benar, jawabannya adalah dengan menggunakan AI Percakapan (Conversational AI)
Dengan bantuan teknologi pesan otomatis yang disebut "AI Percakapan (Conversational AI)", Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen secara lebih efektif. Semua masalah pengalaman pelanggan Anda dapat diselesaikan dengan teknologi ini di satu tempat.
Ya, saatnya berinovasi dan berpikir kreatif untuk meningkatkan profitabilitas.
Satu API yang disediakan oleh platform AI Percakapan (Conversational AI) Gupshup dapat meningkatkan seluruh pengalaman pembelian pelanggan Anda, terutama saat menutup penjualan.
Berikut adalah beberapa taktik yang digunakan Gupshup untuk meningkatkan kepuasan pelanggan baik selama dan setelah penjualan.
- proses checkout sederhana yang memungkinkan Anda membeli produk di keranjang Anda.
- Opsi pembayaran instan.
- fasilitas untuk melacak pesanan
- Layanan pelanggan pribadi 24/7
- Memastikan konsumen memiliki pengalaman positif dengan memberikan dukungan yang cepat dan sangat dipersonalisasi
- memberi tahu orang-orang tentang penjualan mendatang dan rekomendasi produk
Pendekatan Gupshup
Mari kita jelajahi bagaimana Gupshup, sebuah platform untuk pesan percakapan, dapat membantu bisnis, brand, dan perusahaan ritel Anda.
1. Prosedur yang Lancar untuk Menempatkan Pesanan
Pelanggan dapat memesan produk apa pun dari toko Anda secara lisan menggunakan Gupshup API. Jika pelanggan menemukan sesuatu yang mereka suka, mereka dapat menanyakan ke chatbot tentang spesifikasi dan biayanya. Mereka dapat menggunakan chatbot untuk menginformasikan bahwa mereka ingin membeli sesuatu, yang akan memandu mereka melalui prosedur.
Pelanggan dapat melihat katalog produk, mengikuti pesanan, berbagi lokasi pengiriman real-time, dan mendapatkan penawaran terpanas di perangkat mereka dengan bantuan Gupshup.
Pada tahap ini, Anda dapat memberikan diskon yang luar biasa kepada pembeli untuk meningkatkan kebahagiaan pelanggan dan mengubah pelanggan "satu kali pembelian" menjadi pelanggan setia.
Pengguna dapat melakukan pembelian menggunakan pembayaran WhatsApp dengan privasi data yang kuat berkat perdagangan berbasis WhatsApp. Mereka dapat memesan dan memilih dari berbagai opsi pembayaran melalui WhatsApp.
Anda dapat memberi pelanggan Anda pengalaman yang nyaman ke mana pun mereka bepergian, tidak hanya di WhatsApp. Lebih dari 30 layanan perpesanan, termasuk SMS, Instagram, Viber, Telegram, Messenger, dan lainnya, kompatibel dengan Gupshup.
Pelanggan dapat melakukan pembelian cepat dari toko Anda dengan memindai kode QR dengan layanan kode QR Gupshup. Saat Anda memiliki Gupshup, tidak ada penghalang yang dapat mencegah pembelian mereka.
2. Proses Checkout Tanpa Kerumitan untuk Pembeli Di Toko
Pelanggan menghindari toko dengan prosedur checkout yang panjang dan rumit. Semua orang lebih menyukai proses checkout yang memudahkan mereka untuk menambahkan barang ke troli mereka dan mengirim pembayaran langsung yang aman. Pelanggan dapat check out dan melakukan pembayaran secara lisan berkat conversational AI.
Tahapan ini benar-benar memudahkan dengan bantuan Gupshup. Pelanggan dapat meminta chatbot, dan mereka akan menerima antarmuka yang mudah digunakan untuk menambahkan barang ke troli mereka, memeriksa, dan melakukan pembayaran menggunakan cara yang mereka sukai. Pelanggan merasa seolah-olah mereka sedang bercakap-cakap dengan salesman sejati dari perusahaan Anda karena seluruh sistem dalam pengertian ini adalah percakapan.
Pengguna dapat melihat sekilas barang-barang yang telah mereka masukkan ke keranjang mereka dan memastikan bahwa semuanya sudah benar sebelum melanjutkan ke proses checkout. Dengan bertanya kepada chatbot, mereka dapat dengan cepat menambah atau menghapus produk sebelum melanjutkan checkout.
Pelanggan yang memilih untuk berbelanja melalui WhatsApp dapat mengakses katalog produk, ikhtisar keranjang, checkout, dan opsi pembayaran dalam aplikasi WhatsApp.
3. Sistem Pelacakan Pesanan Berbasis Dialog
Setelah melakukan pemesanan, Gupshup akan melacak item untuk pelanggan jika mereka memintanya. Untuk memberikan tautan pelacakan untuk ID produk, pengguna dapat meminta chatbot untuk informasi pelacakan.
Bahkan setelah mereka meninggalkan toko Anda, itu akan menjamin pengalaman pelanggan yang mulus. Pelanggan lebih cenderung untuk mempromosikan perusahaan Anda kepada teman dan keluarga mereka ketika mereka merasa dihargai di seluruh pengalaman pengguna.
Apakah itu terlalu indah untuk menjadi kenyataan? Dapatkan demo dari Gupshup sekarang juga.
4. Memperhatikan Keluhan Konsumen
Jika pelanggan tidak puas dengan suatu produk, mereka dapat menggunakan API Gupshup untuk menghubungi tim layanan pelanggan perusahaan Anda dan mengajukan keluhan. Chatbot akan mengumpulkan informasi tentang masalah dan memberi tahu staf pendukung Anda. Dalam pendekatan ini, Anda dapat mengatasi keluhan pelanggan, memberikan perbaikan, dll.
Menurut laporan Customer Experience masa depan PwC, 33% pelanggan meninggalkan brand atau toko hanya setelah satu pengalaman negatif. Hal ini membuat mendengarkan keluhan pelanggan menjadi perhatian utama. Selain itu, 92% konsumen berhenti menggunakan brand setelah dua atau tiga insiden yang tidak menguntungkan.
Dengan menyediakan produk berkualitas tinggi dan pengalaman berbelanja yang sempurna kepada pelanggan, pastikan Anda memberikan keterlibatan dan kebahagiaan pelanggan yang tinggi. Pengalaman membeli pelanggan menyenangkan, nyaman, dan menarik dengan Gupshup di setiap kesempatan. Segera buat janji untuk demo dengan Gupshup untuk melihat sendiri kelebihan dari messaging API yang satu ini.
Kesimpulan
Saat ini, pesan percakapan membantu banyak perusahaan dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, terutama di sektor ritel. Pengguna dapat berbelanja dari mana saja menggunakan chatbot cerdas. Perbaikan dan kenyamanan pelanggan seperti itu menguntungkan bagi industri ritel. Pelanggan dapat menelusuri katalog produk, memasukkan barang ke keranjang belanja mereka, dan membeli apa yang mereka suka segera setelah mereka melakukannya.
Semua ini sekarang dapat dicapai berkat API perpesanan atau messaging API cerdas seperti Gupshup, yang memungkinkan bisnis, brand, dan perusahaan menawarkan layanan secepat kilat dan dengan demikian meningkatkan kepuasan pelanggan. Tingkatkan pengalaman berbelanja di toko Anda untuk meningkatkan penjualan sekarang juga. Gupshup dapat membantu memulai jalan Anda menuju kesuksesan.
Sumber
Dilokalisasi dari:
Conversational AI Improves Customer Satisfaction At Retail POS
Sumber Sekunder:
Enhance Retail Customer Experience With Conversational AI
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H