Mohon tunggu...
Agung Jayadi
Agung Jayadi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Chatbot API

We are a Conversational Messaging Platform that helps businesses engage with customers across 30+ messaging channels across commerce, marketing and support.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

3 Manfaat Conversational AI dalam Industri Elektronik

13 Oktober 2022   21:49 Diperbarui: 13 Oktober 2022   22:11 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apakah Anda mengalami masalah dalam meningkatkan interaksi dengan pengguna selama pengalaman/proses pembelian mereka? Apakah Anda memerlukan rencana keterlibatan pengguna yang akan mendorong pelanggan untuk berbelanja di toko Anda?

Industri elektronik di Indonesia berkembang pesat. Industri yang bernilai $10,93 miliar pada 2019, diperkirakan akan mencapai nilai $21,18 miliar pada 2025. Peningkatan ini terutama disebabkan oleh perubahan gaya hidup konsumen, meningkatnya permintaan, dan peningkatan daya beli konsumen. Selain itu, karena pemerintah memutuskan untuk berinvestasi secara ekstensif di bidang listrik. Sektor pedesaan juga mulai tumbuh.

Di sisi lain, perusahaan teknologi menghadapi sejumlah tantangan sebagai akibat dari tingkat persaingan yang semakin meningkat. Karena banyaknya pilihan pasar dan perubahan perilaku pelanggan, proses pembelian konsumen menjadi sangat kompleks. Keputusan akhir untuk membeli alat apa pun dipengaruhi oleh sejumlah variabel, termasuk kesadaran awal, peringkat Internet, pengalaman brand sebelumnya, serta harganya.

Pelanggan dimanjakan dengan pilihan karena banyaknya pilihan, yang merupakan masalah utama bagi bisnis di sektor elektronik konsumen:

* Konsumen tidak mudah mempercayai rekomendasi dari orang lain.

* Konsumen lebih menyukai proses pembelian yang sederhana dan cepat.

* Pelanggan menginginkan bantuan pasca pembelian yang lebih baik.

Manfaat Conversational AI untuk perusahaan elektronik meliputi: 

* Ketersediaan pelanggan sepanjang waktu.

* Memberikan kemudahan penggunaan untuk pembelian online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun