Alhamdulillah, kita semua sedang dinaungi bulan Ramadan. Bulan penuh keberkahan, yang setiap ibadah dilipat gandakan ganjaran. Bagaimana puasa Kompasianer's, semoga lancar ya. Era digital saat ini, kita terbiasa dengan belanja online.
Anak saya belanja mukena via marketplace, dan dikirim tepat waktu oleh kurir JNE. Duh, senengnya melihat anak wedok semangat berpuasa. Dan Ramadan menjadi moment, mengajari anak untuk berbagi.
Ya, Ramadan dibarengi dengan semangat berbagi. Di mana-mana, orang berlomba-lomba mengerjakan kebaikan untuk meraih ridho Alloh SWT. Sore hari di Masjid, berdatangan takjil dan menu berbuka. Sumbangan dari warga sekitar, untuk jamaah sholat maghrib,
Saat sahur di tempat saya tinggal, warga diberi jadwal berbagi untuk petugas keamanan. Kami menyambut suka cita, Â berkesempatan berbagi dengan sesama. Mengingat satpam, sering kami repoti dititipi kunci atau menerima paket belanja online---hehehe.
----
Berbagi di bulan suci di negeri tercinta, rasanya sudah menjadi tradisi turun menurun. Di kampung halaman saya, awal puasa ditandai dengan hantaran besekan. Semasa di rumah di kampung, saya diberi tugas keliling dari rumah ke rumah untuk selamatan.
Bener deh, hari hari awal Ramadan, menjadi hari yang menyenangkan. Aneka menu tersaji, bisa dijadikan lauk untuk sahur atau berbuka. Alhmarhum ayanda, biasanya akan memisahkan olahan. Mulai dari mie, sayur kentang, tempe tahu, telur, ayam, dan nasi akan dijadikan di satu tempat.
Dan soal berbagi bahagia, ternyata juga menjadi tradisi perusahaan logistik terkemuka sekelas JNE. Dengan turut memberikan kontribusi, saat meningkatnya kebutuhan pengiriman masyarakat dibanding hari-hari di luar Ramadan. Tidak terkecuali di masa endemi, sekaligus  dan adaptasi kehidupan baru.
Saya pribadi, tidak menyangsikan komitmen berbagi kebahagiaan di JNE. Paling sederhana, bisa kita lihat dari tagline yang disandang yaitu 'Connecting Happines'  Di usia JNE 32 tahun telah banyak karya dipersembahkan untuk konsumen.
Meneruskan tradisi tersebut, pada Ramadan 2023 di JNE diisi dengan berbagi keberkahan. Yaitu melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk menerbarkan kebermanfaatan bagi masyarakat luas. Diantaranya melalui program promo gajian, bekerjasama dengan Seller dari member JLC. Â Bahwa untuk setiap pembelian di merchant yang berpartisipasi, akan mendapatkan hemat ongkos kirim untuk layanan Yes dan Reguler dengan syarat dan ketentuan berlaku.
Program spesial Ramadan lainnya, adalah aktivasi giveaway di media sosial JNE. Yaitu menggelar Kuis Games Si JONI spesial Ramadan, Â berhadiah produk Brand lokal dari Itang Yunasz, Ija Kroeng, Jeffry Tan, Kamiidea dan brand lainnya.
O'ya, Game Si JONI juga memberi kesempatan #TemanJNE mendapatkan hadiah yang diinginkan di moment Ramadan. Eit's, masih ada lagi nih, JNE mengadakan program bagi -- bagi takjil kepada pelanggan dan masyarakat di sekitar cabang JNE di beberapa kota.
Kalian member JNE Loyalty Card (JLC), bakalan mendapatkan benefit program THR. Adalah hadiah untuk member (JLC) baru, dengan transaksi dan pengiriman terbanyak selama bulan Maret 2023, serta Program free ongkir untuk member JLC melalui kolaborasi program dengan Mandjha Ivan Gunawan.
Ramadan belum lengkap tanpa promo diskon, JNE memberikan diskon ongkos kirim 50 % untuk pengiriman service international dengan tujuan Saudi Arabia, Turkey, Qatar Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania, Kuwait, Bahrain dan Oman dari 23 Maret 2023 s.d 21 April 2023, dengan syarat dan ketentuan berlaku, serta dapat menukarkan point JLC menjadi donasi bekerjasama dengan Rumah Zakat.
Kolaborasi juga dilakukan JNE dengan seniman disabilitas, yaitu melalui art work Ramadan. Program yang menampilkan hasil karya Angkasa Nasrullah Emir (salah satu seniman Studio Tab Space Bandung), untuk design gate tema Ramadan di kantor Pusat JNE dan kantor cabang lainnya di indonesia.
Karya Angkasa Nasrullah, juga menghiasi design jadwal imsakiyah, amplop THR, design armada tematik dan aktivasi Augmented Reality di media sosia, selama Ramadan 2023 ini.
Menurut Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE,  bahwa momen Ramadan dan Idul Fitri 2023 yang dibarengi semangat berbagi, diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Tagline  Connecting Happiness, menjadi pemantik JNE berbagi melalui berbagai program - program menarik.
"Kali ini pelanggan setia dapat semakin mudah dan nyaman dalam mengirimkan paket ke seluruh Indonesia. JNE pun memberikan dukungan nyata kepada para online seller atau UKM di momen spesial ini dengan beragam program", jelas Eri Palgunadi.
Ramadan dan idul fitri di JNE, lazimnya akan mengalami peak session pengiriman. Dengan meningkat pengirman di atas 20-30%, sehingga hal ini diantisipasi mulai sekarang. Yaitu dengan penambahan di sektor SDM dan armada, dari jumlah karyawan yang saat ini berjumlah lebih dari 50 ribu orang.
JNE memastikan titik-titik layanan, khususnya Kantor Pusat dan Kantor Cabang di kota-kota besar setiap provinsi dapat melayani kebutuhan pengiriman pelanggan selama 24 jam.
Ramadan bulan penuh keberkahan, bulan kebahagiaan untuk umat muslim. Dan sudah semestinya, kita mengisi Ramadan dengan berbagi kebahagiaan bagi sesama. Karena sebaik-baik manusia, adalah yang bermanfaat untuk sesamanya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H