Seperti apa contoh campaign marketing yang sukses? Campaign marketing sendiri merupakan sebuah strategi dalam dunia marketing yang berguna untuk meningkatkan pemasaran dari berbagai aspek bagi sebuah brand. Sederhananya, ini merupakan cara-cara memasarkan produk untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk lebih memahami tentang campaign marketing, yuk ikuti ulasan berikut ini hingga akhir!
Apa itu Campaign Marketing?
Campaign marketing adalah upaya-upaya yang dilakukan brand untuk meningkatkan pemasaran dari beberapa aspek. Bentuknya tidak selalu berupa iklan, tapi juga bisa berupa demo (menampilkan cara menggunakan produk), konferensi video, hingga berbagai metode interaktif lainnya. Brand yang beroperasi di pasar kompetitif dapat memanfaatkan campaign marketing untuk meningkatkan brand awareness dan tentunya penjualan.
4 Manfaat Menjalankan Campaign Marketing
Campaign marketing bukanlah strategi marketing baru, namun masih relevan untuk diterapkan hingga saat ini. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjalankan strategi marketing ini:
Meningkatkan popularitas brand
Campaign yang dilakukan secara masif akan membantu meningkatkan popularitas brand. Dulu, sebelum populer seperti sekarang, Gojek terus meluncurkan campaign kreatif yang menunjukkan bahwa mereka adalah solusi transportasi untuk semua orang.
Ini menjadi bukti bahwa strategi marketing melalui campaign dapat membantu brand dalam meningkatkan popularitasnya. Jadi, buatlah campaign sekreatif mungkin agar orang-orang pun tertarik. Tak ada salahnya juga untuk memanfaatkan jasa influencer saat melakukan campaign.
Mendapatkan leads
Leads adalah calon konsumen yang memiliki potensi besar untuk menjadi pelanggan tetap. Dengan fokus pada leads ini, kamu bisa mendapatkan pelanggan baru yang setia. Ternyata, leads pun bisa didapat melalui campaign marketing. Konten campaign yang menarik tentu akan membuat audiens penasaran dengan produk yang kamu tawarkan. Mereka inilah yang kemudian menjadi leads.
Meningkatkan penjualan
Ketika kamu punya banyak konsumen potensial, otomatis penjualan pun akan ikut naik. Para konsumen potensial akan lebih mudah dipengaruhi untuk melakukan transaksi pembelian jika dibandingkan dengan mereka yang hanya melihat konten marketing sambil lalu. Jadi, konten campaign marketing harus dipikirkan baik-baik, ya.
Mendorong brand loyalty
Manfaat campaign marketing yang terakhir adalah untuk mendorong brand loyalty atau kesetiaan terhadap brand. Ketika konsumen sudah menjadi pelanggan yang loyal, mereka akan enggan untuk berpaling pada produk dari brand lain. Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau mereka menjadi "agen marketing" dengan merekomendasikan produkmu kepada orang lain.
Kekuatan rekomendasi atau word of mouth seperti ini tidak bisa dianggap sepele. Kebanyakan orang justru akan lebih percaya terhadap suatu brand jika mendapat rekomendasi dari orang terdekat. Semua ini bisa kamu dapatkan dengan menyusun strategi campaign marketing yang menarik!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H