Mohon tunggu...
Agnes Rumagit
Agnes Rumagit Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

UNIVERSITAS NEGERI MANADO - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR (PGSD)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Refleksi Shortcut Word, Membuat Daftar Nilai di Excel, Rumus Excel, Merge & Cells dan Penggabungan Word dan Excel Melalui Jendela Mailings

12 September 2023   23:47 Diperbarui: 12 September 2023   23:55 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fungsi CTRL A sampai Z dalam Word

  • Ctrl + A : untuk mem-block semua tulisan 
  • Ctrl + B : untuk membuat tulisan menjadi tebal
  • Ctrl + C : untuk meng copy tulisan
  • Ctrl + D : untuk memilih font pada Word
  • Ctrl + E : untuk membuat tulisan menjadi rata tengah
  • Ctrl + F : untuk mencari karakter/sebagai navigation  mencari headings and pages
  • Ctrl + G : untuk masuk ke halaman tertentu / Go to
  • Ctrl + H : untuk menggantikan teks dengan teks lain atau mengganti dengan format lain
  • Ctrl + I : untuk memberikan efek miring pada tulisan, baik huruf maupun angka
  • Ctrl + J : untuk membuat tulisan dengan rata kanan kiri
  • Ctrl + K : untuk memasukkan link atau tautan
  • Ctrl + L : untuk membuat tulisan menjadi rata kiri
  • Ctrl + M : untuk memberikan paragraf dari kiri
  • Ctrl + N : untuk membuka jendela baru atau file baru
  • Ctrl + O : untuk membuka file baru
  • Ctrl + P : untuk mencetak atau print
  • Ctrl + Q : untuk mengubah gaya tulisan atau paragraf menjadi normal
  • Ctrl + R : untuk membuat rata kanan tulisan
  • Ctrl + S : untuk menyimpan file
  • Ctrl + T : untuk menggeser tab ke kanan
  • Ctrl + U : untuk memberikan garis bawah pada tulisan baik huruf maupun angka
  • Ctrl + V : untuk menampilkan tulisan yang sudah di copy atau salin ( paste )
  • Ctrl + W : untuk menutup menu Word
  • Ctrl + X : untuk memotong tulisan yang sudah diblok
  • Ctrl + Y : untuk mengembalikan tulisan yang sesudahnya 
  • Ctrl + Z : untuk mengembalikan tulisan yang sebelumnya

Membuat Daftar Nilai di Excel

Langkah-langkahnya yaitu :

1. Cell 1 dan 2A ketik Nomor lalu di blok dan pilih menu home lalu Merge & Center

2. Cell 1 dan 2B ketik Nama lalu di blok dan pilih menu home lalu Merge & Center 

screenshot
screenshot

3. Lalu cell 1C sampai 1G di blok dan pilih menu home lalu Merge & Center dan ditulis Daftar Nilai

screenshot
screenshot

4. setelah itu, cell 1C diketik mata pelajaran matematika, 2D b.indo, 2E agama, 2F Pjok, dan 2G Pancasila

screenshot
screenshot

5. Cell 1 dan 2H diketik Jumlah Lalu Merge & Center

6. Cell 3-12 A ketik nomor 1-10, cell 3-12 B tuliskan nama", lalu cell 3-12 C-G tuliskan nilai-nilainya

screenshot
screenshot

6. Cell 13 AB di blok dan pilih menu home lalu Merge & Center dan diketik Jumlah

7. Cell 14 AB di blok dan pilih menu home lalu Merge & Center dan diketik Minimum

8. Cell 15 AB di blok dan pilih menu home lalu Merge & Center dan diketik Maximal

 9. Cell 16 AB di blok dan pilih menu home lalu Merge & Center dan diketik Rata-Rata

screenshot
screenshot

10. untuk menjumlahkan nilai dari mapel MTK - Pancasila dari nomor 1sampai10 dengan rumus =SUM(C3 : G3), =SUM(C4 : G4), =SUM(C5 : G5) sampai nomor 12

screenshot
screenshot

Rumus 

untuk menentukan Jumlah,Min, Max dan Rata-rata dari nilai-nilai tersebut dengan mengikuti rumus berikut 

Jumlah : =SUM(C3 : C12) ataupun bisa dengan cara  =SUM(lalu blok cell 3-12 C dgn nilai mapel mtk) lalu enter begitu seterusnya sampai nilai mapel Pancasila

screenshot
screenshot

Minimum : =MIN(C3 : C12) 

screenshot
screenshot

Maximal : =MAX(C3 : C12) 

screenshot
screenshot

Rata-rata : =AVERAGE(C3 : C12)

screenshot
screenshot

lalu daftar nilai yang telah dibuat jangan lupa di save.

Cara Penggabungan Word dan Excel dengan Jendela Mailings

Membuat Laporan Hasil Belajar di Word

1. mengetik laporan hasil belajar dengan rata tengah atau Ctrl + E tulisan bold atau Ctrl + 

2. mengetik Nama dengan rata kiri

3. mengetik daftar nilai dengan rata tengah

4. membuat tabel 5 kolom dan 7 baris yang berisi nomor, mata pelajaran, nilai, dan rata-rata

5. pada baris pertama kolom 1-5 diisi dengan no, mapel, nilai, rata" lalu di baris ke 2 pada mata pelajaran diisi dengan mapel mtk,b indo, agama, pjok, dan pancasila

6. pada baris ke 7 kolom 1,2 diketik Jumlah lalu di blok dan klik kanan pilih Merge Cells

7. lalu dibawah tabel yang telah dibuat, di ketik dengan kota, tanggal dan nama penulis dengan rata kanan

screenshot
screenshot

8. lalu setelah itu letakkan kursor pada kolom ke 3(nilai) baris ke 2 dan memilih menu Mailings

9. lalu memilih Start Mail Merge dan klik Letters

screenshot
screenshot

10. mengklik Select Recipients dan memilih Use an Existing List lalu mencari file excel yang tadi telah dibuat dan disimpan lalu klik open

screenshot
screenshot

screenshot
screenshot

11. lalu mengklik Edit Recipient List dan memilih yang mana nanti yang akan ditampilkan misalnya hanya dari nomor 1 sampai 10 saja lalu klik OK

screenshot
screenshot

12. lalu kursor nya diletakkan pada Nama dan memilih Insert Merge Field yaitu Nama

13. lalu pilih Insert Merge Field dan pilih sesuai yang muncul misalnya mapel mtk F3, b indo, F4 dst.

screenshot
screenshot

14. lalu mengklik Preview results

screenshot
screenshot

15. setelah itu mengklik Finish & Merge dan memilih Edit Individual Document, lalu OK

screenshot
screenshot

mohon maaf jika masih ada kesalahan.

Terima Kasih

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun