Menantea merupakan salah satu brand minuman yang berbasis teh. Dalam promosinya, Menantea menggunakan media sosial Instagram untuk melakukan pemasaran dengan memberikan konten beragam dan interaktif.
Menantea merupakan brand minuman asal Indonesia yang didirikan oleh Jerome Polin dan Jehian Panangian. Menantea sendiri merupakan minuman dengan basis teh seperti yang tertulis dalam brandnya yaitu tea.
Menantea dikenal dengan jenis minuman yang unik yaitu gabungan teh dan buah dengan nama diantaranya Matemateaka dan Mantappu Tea yang tidak dijumpai dalam merek lain.
Bahkan Menantea juga memiliki panggilan khusus untuk para customernya loh, yaitu Neteazen. Sedangkan pemiliknya, Jerome disebut Mintea1 dan Jehian disebut Mintea2.
Tidak hanya itu, Menantea memiliki maskot yang unik berbentuk seperti kapas hidup berwarna coklat dan di bagian kepalanya terdapat daun. Maskot ini disebut Bestea.
Akun Instagram
Untuk melakukan promosi, Menantea menggunakan media sosial Instagram dengan username @menantea.toko untuk melalukan pemasaran serta interaksi dengan customernya.
Akun Instagram Menantea saat ini memiliki jumlah pengikut 434.000 pengikut sejak bergabung di Instagram pada 6 Maret 2021 dan jumlah unggahan sebanyak 142.
Menantea memiliki highlight Instagram dengan cover yang rapi dilihat dari desain dan warnanya yang senada. Sedangkan pembedanya terletak pada tulisan.
Menantea menuliskan bio pada Instagram mereka dengan memberikan sambutan dan keterangan untuk memeriksa following mereka untuk mengetahui lokasi toko.
Dalam akun Instagram Menantea terdapat filter yang bisa digunakan semua orang. Filter ini memiliki desain maskot Menantea yang dapat bergerak.
Konten Instagram
Akun Instagram Menantea terbilang cukup aktif dalam membagikan informasi atau hanya sekadar mengunggah konten.
Bila diamati, Menantea mengunggah konten setiap hari. Atau ketika kurang aktif, Menantea mengunggah konten dua hari sekali.
Lalu seperti apa sih strategi dan manajemen media dari akun Instagram Menantea?
Menantea dalam mengunggah kontennya menggunakan beragam strategi pesan. Kebanyakan kontennya menggunakan strategi yang hampir sama.
Unggahan pertamanya di akun Instagram Menantea berupa foto si pemilik, Jerome dan Jehian. Unggahan ini berisi konten bahwa Menantea akan rilis.
Unggahan pertama tersebut lebih menekankan aspek emosional para pengikut akun tersebut khususnya bagi yang sudah menunggu Menantea untuk segara rilis dan membuka toko.
Hal ini dibuktikan dengan adanya komentar-komentar pada unggahan tersebut. Salah satunya komentar "MARI MENANTEA TOKO (nada Sisca Kohl)," ujar akun @gracecalista_ yang komentarnya juga disematkan dalam unggahan tersebut.
Bisa kita ketahui bersama bahwa unggahan tersebut menyasar ke emosional dilihat dari komentar-komentar dalam unggahan tersebut berisi antusiasme masyarakat.
Selain antusias, ternyata tidak sedikit yang merindukan momen penantian rilisnya Menantea dengan meninggalkan komentar baru. Ada juga yang sengaja mencari unggahan pertama untuk meninggalkan jejak.
Konten lainnya berisi informasi pembukaan toko yang mana strategi pesannya mengarah pada aspek kognisi dan tindakan.
Dikatakan aspek kognisi dan tindakan karena ketika individu mendapatkan informasi pembukaan toko di kota mereka, individu tersebut kemudian akan berpikir untuk memutuskan membeli atau tidak. Ketika sudah memutuskan, maka akan ada tindakan.
Berikutnya konten lain dari Menantea berisi informasi tentang produk-produk mereka yaitu minuman dan snack. Penggunaan angle foto untuk pengambilan produk membuat menarik dan penyusunan layout Instagram mereka menjadi menarik.
Konten lainnya dari Instagram Menantea adalah promo diskon untuk produk Menantea. Promo ini diberikan ketika customer telah berhasil menyelesaikan soal kuis matematika yang diberikan Mintea.
Promo tersebut cukup unik untuk menjadi strategi pesan karena belum pernah dijumpai strategi seperti yang dilakukan Menantea.
Tidak hanya untuk mendapatkan promo, kuis matematika juga dibagikan untuk konten hiburan. Konten hiburan lainnya adalah konten game permen dalgona yang sempat viral akhir-akhir ini.
Desain yang digunakan Menantea dalam konten Instagramnya sederhana didukung dengan menggunakan warna earth tone yang eye catching yaitu hijau, kuning, dan coklat.
Menantea juga memanfaatkan fitur Instagram TV atau yang dikenal dengan IGTV untuk menyimpan hasil live Instagram mereka.
Jadi, kamu berminat membeli Menantea?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H