Mohon tunggu...
Agil Septiyan Habib
Agil Septiyan Habib Mohon Tunggu... Freelancer - Esais; Founder Growthmedia, dapat Dikunjungi di agilseptiyanhabib.com

Plan, Create, Inspire

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Saat Pegawai Harus Menalangi Keperluan Perusahaan, Bagaimana Cara Menyikapinya?

19 Mei 2021   10:43 Diperbarui: 20 Mei 2021   08:03 1246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Thinkstockphotos.com via Kompas.com

Suatu hari seorang pegawai perusahaan swasta, sebut saja namanya Rena, menerima instruksi dari atasannya untuk memberikan perintah tugas lapangan ke anggota timnya. Dalam tugas tersebut perlu adanya "uang jalan" guna keperluan operasional semacam ongkos jalan atau sejenisnya.

Normalnya, ongkos jalan tersebut akan dicover oleh uang milik perusahaan. Akan tetapi, sehubungan dengan adanya prosedur tertentu sehingga menjadikan uang jalan tersebut baru bisa cair seminggu kemudian. 

Padahal saat itu atasan Rena menginginkan agar pekerjaan tersebut dilaksanakan saat itu juga. Sehingga mau tidak mau Rena pun terpaksan harus merogoh kocek pribadinya dalam rangka menalangi keperluan kerja tersebut. Anggapannya toh uangnya akan diganti seminggu lagi. Jadi seharusnya tidak masalah.

Dalam beberapa kasus situasi semacam itu sebenarnya sering dipandang sebagai sesuatu yang lumrah. Namun jikalau kondisi ini terus berulang maka tentunya akan cukup membebani pegawai yang bersangkutan.

Karyawan yang barangkali berpenghasilan biasa-biasa saja masih harus menalangi keperluan perusahaan yang sejatinya merupakan pihak yang menggaji pegawai tersebut.

Ilustrasi gambar: indonesiaexpat.id
Ilustrasi gambar: indonesiaexpat.id
Urusan pekerjaan memang sebaiknya terencana dengan rapi untuk segala hal. Sehingga sesuatu yang sifatnya mendesak bisa diminimalkan potensi terjadinya. Termasuk dengan keperluan biaya tertentu yang terkadang memang tidak bisa diambil sewaktu-waktu. 

Namun terkadang kita tidak bisa menghindari "case" tertentu, di mana hal itu bisa saja memantik dilema antara kemungkinan pekerjaan yang tidak tuntas atau kita harus "berkorban" finansial guna memastikan penuntasan pekerjaan tersebut.

"Memahami kesulitan orang lain dan menjalin komunikasi yang baik adalah kunci untuk menuntaskan setiap masalah yang terjadi di tempat kerja."

Bagaimanapun juga situasi semacam ini harus bisa ditanggulangi oleh perusahaan selaku pihak yang paling berkepentingan. Jangan sampai pegawai yang harus memberikan talangan biaya sementara perusahaan sendiri sebenarnya mampu melakukan hal itu tanpa harus ditalangi. 

Satu hal yang paling perlu dilihat disini adalah perihal prosedur. Apakah prosedur mengenai urusan finansial mampu mengakomodasi keperluan mendesak atau mengharuskan semua wajib terrencana beberapa hari sebelumnya.

Idealnya semuanya memang harus direncanakan. Hanya saja realitas seringkali tidak sepaham dengan hal itu. Sesuatu yang tidak terduga tetap harus diakomodasi sehingga seorang pegawai tidak sampai harus merogoh koceknya untuk menalangi keperluan organisasi yang tentunya memiliki penghasilan jauh berlipat ganda daripada gaji sang pegawai.

Hal ini sebenarnya hanya menyangkut prosedur yang semestinya bisa didesain sedemikian rupa sehingga mampu mengakomodasi setiap kemungkinan situasi di pekerjaan. 

Sebisa mungkin pihak perusahaan jangan sampai menjadi beban bagi pegawainya mengingat hal itu sebenarnya hanyalah urusan sepele yang bisa dengan mudah dituntaskan.

Cara Bersikap

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan tatkala menghadapi situasi semacam itu? 

Dalam kondisi ketika kita memiliki uang berlimpah barangkali mengeluarkan beberapa rupiah untuk menalangi sepertinya tidak jadi soal. Lain halnya saat kita dalam kondisi yang juga mengalami keterbatasan. 

Cara terbaik mungkin dengan berbicara langsung kepada atasan yang memberi perintah. Jika memang sang atasan memahami situasinya tentu akan memaklumi.

Tapi bukan tidak mungkin sang atasan justru bersikap masa bodoh dan tidak mau tahu dengan kesulitan yang dialami oleh anak buahnya. Hal itu tentu harus dibicarakan lebih lanjut kepada tataran yang lebih luas untuk mencari solusi yang lebih fair dalam menuntaskan masalah tersebut.

Cara terbaik memanglah dengan membuka dan menjalin komunikasi karena bagaimanapun juga setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan dan kesulitannya masing-masing. 

Tugas seorang pegawai yang ada didalamnyalah untuk mencari cara kreatif penuntasan masalah yang terjadi sehingga situasi menjadi lebih baik untuk semua orang. 

Komunikasi penting dilakukan karena bekerja di perusahaan tentu melibatkan tim, bukan semata kerja perorangan. Dengan lebih terbuka dan semangat solusi tentunya masalah model apapun akan lebih mudah diselesaikan.

Salam hangat,

Agil S Habib

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun