Mohon tunggu...
agil qolby
agil qolby Mohon Tunggu... Atlet - Muhammad Agil Qolby Wibowo

Muhammad Agil Qolby, seorang mahasiswa yang tertarik dengan dunia politik dan bisnis

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Mcdonalds dan Pelanggan Setianya

25 Juni 2023   10:23 Diperbarui: 25 Juni 2023   10:30 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Suatu hari pada tahun 1917, seorang remaja yang berasal dari Amerika Serikat, Ray Kroc ingin bergabung sebagai bagian dari palang merah, tetapi ia berbohong dan malah mengikuti latihan militer untuk mempersiapkan perang dunia I, nasib punya nasib Perang Dunia I berakhir lebih dahulu sebelum ia menyelesaikan pelatihannya. Saat itu memang situasi sedang memanas dan perang global yang berpusat di Eropa  dimulai pada 28 Juli 1914 dan resmi berakhir pada 11 November 1918.

Singkat cerita akhirnya Kroc bekerja serabutan dan suatu hari pada tahun 1954, ia mengunjungi restoran bernama mcdonalds Bar B-Q di california,  restoran merupakan restoran kecil yang cukup sukses dan dikelola oleh Dick dan Mac McDonald, dan Kroc mulai tertarik akan alur bisnisnya yang sederhana tetapi selalu mencapai target.

Saat itu Mcdonalds memiliki keterbatasan menu yang dimana hanya menjual beberapa item seperti burger, kentang goreng, dan beberapa minuman agar mereka dapat bekerja cepat dan fokus, disitu Kroc melihat peluang emas, seperti pada website resmi Mcdonalds, tahun 1955, Kroc membeli lisensi dari Dick dan Mac McDonald bersaudara, lalu mendirikan McDonald's System Inc, awal mula dari McDonald's Corporation, dan 6 tahun kemudian membeli hak eksklusif untuk nama dan sistem operasi McDonald. Tahun 1958.

Sampai saat ini McDonalds masih menjadi salah satu restoran cepat saji dengan valuasi dan pelanggan terbesar di dunia, bagaimana sih cara Mcdonalds menjaga relasi dengan pelangganya sehingga tidak pernah bosan untuk kembali lagi?

Salah satu kunci sukses waralaba McDonald's memfokuskan pada kualitas, layanan, kebersihan, dan nilai. Beberapa aspek tersebut merupakan strategi account management perusahaan McDonald, terus apasih account management. Singkatnya account management adalah pasca penjualan yang berfokus untuk memelihara hubungan dengan klien.

Segmentasi pasar Mcdonalds yang mengincar banyak niech market juga banyak meninggalkan kesan bahwa restoran ini memiliki ikatan emosional kepada para pelangganya, contoh ketika Mcdonalds bekerja sama dengan BTS, mereka melakukan perubahan besar untuk membuat tempat makanan yang cukup kontras dari merah ke ungu demi mendapatkan emosional pelanggan dari fans BTS, yang tentunya akan terus memiliki kesan walau sekedar bekas kotak kertas makanan.

Mcdonald juga memiliki tim khusus untuk menjaga relasi jangka panjang dengan pelanggan  ,yang bertanggung jawab atas manajemen dan pelayanan pelanggan. Tim ini dapat bekerja sama dengan pelanggan secara langsung, memberikan dukungan, menjawab pertanyaan, menyelesaikan masalah, dan memastikan kepuasan pelanggan secara menyeluruh.

Mcdonald juga mempunyai tim dengan komunikasi yang efektif sehingga pelanggan merasa dihargai, contohnya komunikasi yang ada 24/7, banyak gerai yang buka 24 jam, dan kehadiran yang aktif di sosial media membuat nilai tersendiri dimata pelanggan.

Secara harga, Mcdonald terbilang sangat bersaing di pasar per ayaman dikarenakan dengan harga  20-50 ribu sudah bisa mendapat ayam yang varianya beragam, mulai dari original sampai spicy, harga eskrim, burger dan berbagai makanan lain juga cukup bersaing sehingga banyak orang betah makan di Mcdonald. Selain harga yang terjangkau Mcdonald juga sering mengeluarkan inovasi terkait produknya, sehingga bisa saya bilang Mcdonald adalah satusatunya FnB perayaman yang berani keluar dan melenceng jauh dari zona nyaman nya, walau ga semua produk dapat mencuri hati konsumen, tapi tidak bisa berhenti membuat penasaran konsumenya akan inovasi baru yang dikeluarkan.

Periklanan yang dilakukaan secara masif baik di media televisi maupun media sosial, dan promo yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan juga salah satu yang membuat Mcdonald dapat bersaing hingga saat ini.

Bagaimana menurut kalian?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun