Berikut ini merupakan refleksi yang didapatkan setelah mempelajrai mengenai ZPD dalam topik 4
Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Hal pertama yang dipikirkan mengenai ZPD adalah sesuatu yang kompleks. Â Dalam topik ini ZPD masih sangat asing bagi saya walau sebelumnya sudah dibahas dalam mata kuliah lain. Tetapi dalam mata kuliah ini menghubungkan antara ZPD dan sosiokultural yang sering dijumpai dalam dunia pendidikan
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Menurut Vygotsky perkembangan kemampuan seseorang dapat dibedakan ke dalam dua tingkat, yaitu tingkat perkembangan aktual dan tingkat perkembangan potensial. Lebih lanjut dikatakan  proses pembelajaran akan terjadi jika anak bekerja atau menangani tugas-tugas yang belum dipelajari, namun tugas-tugas tersebut masih berada dalam jangkauan mereka yang disebut dengan zone of proximal development. Sehingga dalam mencapai tujuan tersebut seorang anak membutuhkan bantuan dari guru/pelatih/pendidik guna mencapai tahap perkembangan potensial atau dalam keseharian disebut dengan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.
Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi saya dan kelompok membahas serta berdiskusi mengenai ZPD dari beberpa pertanyaan pemantik yang sudah disediakan. Pertanyaan merupakan refleksi dari alur sebelumnya yang kami jawab sesuai dengan sudut pandang masing-masing anggota, jadi dari kami mengemukakan pendapat masing-masing. Tentunya ada banyak pendapat yang kami dapatkan sehingga dapat menambah wawasan mengenai ZPD.
Demonstrasi Kontekstual