Mohon tunggu...
Agatha Atika
Agatha Atika Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis dengan sepenuh hati untuk orang lain...

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Cara Meningkatkan Brand Awareness Secara Offline

3 Juli 2023   18:00 Diperbarui: 3 Juli 2023   18:13 390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media online dan offline adalah dua wadah yang umum digunakan para pebisnis dalam membangun usahanya. Media online telah merajai dunia marketing dewasa ini dengan publikasi melalui media sosial karena tidak memerlukan banyak biaya.

Namun, tidak selamanya kita hanya cukup menyebarkan citra brand atau sering dikenal dengan istilah brand awareness dengan publikasi online.

Promosi offline tetap menjadi jalan yang penting dalam menyebarkan brand awareness suatu produk. Hal ini dikarenakan agar brand dapat lebih dekat dan langsung berkomunikasi dengan para konsumen atau calon konsumennya.

Lantas bagaimana cara meningkatkan brand awareness melalui promosi offline agar dapat dikenal oleh masayarakat luas?

Sebelum jauh membahas mengenai cara meningkatkan brand awareness kita akan berkenalan dengan istilah brand awareness dan pentingnya brand awareness bagi suatu bisnis berikut ini.

Apa itu brand awareness?

Brand awareness atau dalam Bahasa Indonesia disebut kesadaran merek adalah cara yang dilakukan perusahaan untuk memperkenalkan produk/jasanya ke masyarakat agar dikenali dan mudah diingat.

Citra brand juga penting dibangun untuk memperkuat brand dikenali oleh masyarakat. Citra brand tersebut akan memudahkan proses brand awareness sampai di hati audience.

Pentingnya brand awereness bagi suatu bisnis 

Data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey menunjukkan, 59% konsumen lebih memilih untuk membeli produk baru yang dibuat oleh brand yang tidak asing bagi mereka.

Hal ini dikarenakan masyarakat akan percaya jika banyak orang telah membuktikan keamanan produk tersebut.  

Oleh karena itu, penting bagi suatu brand untuk memperkenalkan produknya agar masyarakat umum mengenal lebih dulu brand tersebut untuk mengambil tempat di pasaran.

Cara meningkatkan brand awareness yang efektif 

Mengenalkan produk di pasaran dapat dilakukan secara offline atau langsung bertemu dengan konsumen atau calon konsumen. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti event atau expo.

Suatu acara akan dihadiri oleh banyak orang, Anda akan mendapatkan exposure jika produk Anda membuka booth dalam acara tersebut. Untuk mendapatkan crowd yang maksimal, carilah acara atau expo yang target audiencenya sama dengan citra brand Anda.

Salah satu cara meningkatkan brand awareness secara offline adalah Expo Mommy N Me yang diikuti oleh Habbie Aromatic, brand Telon dari Yogyakarta yang memiliki target audience sama dengan expo Mommy N Me.

Habbie merupakan brand asal Yogyakarta dengan mengusung produk telon dan kayu putih yang mengikuti expo Momy N Me by IMBEX yang berhasil menjual ribuan botol telon dan kayu putih selama expo di Jakarta Convention Center, Senayan (JCC). Expo tersebut diadakan selama 3 hari mulai tanggal 30 Juni-2 Juli 2023 dan telah menghimpun banyak pengunjung khususnya di booth Habbie T2, Hall A.

Mengikuti expo dapat memberikan kesempatan pada calon konsumen untuk berkenalan dengan secara langsung dengan merek. Yaitu dengan melihat wujud produk yang ditawarkan merek secara langsung. Saat mengikuti expo Anda akan semakin dekat dengan konsumen brand Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun