Gamification, istilah yang digunakan ketika mengaplikasikan unsur dari gim seperti poin dan badge kepada konteks yang bukan merupakan gim. Dalam marketing, gamification ini adalah strategi yang kita bisa lihat hampir di setiap perusahaan modern. Apalagi dalam perusahaan asing. Tetapi sebenarnya apa yang bisa kita dapatkan ketika mengaplikasikan strategi tersebut demi menarik perhatian konsumen? Dan apa resikonya?
Gambar via Source
Loyalty Program dengan Gamification
Dalam bidang bisnis manapun, siapa yang tidak mengenal istilah loyalty program? Ketika kita butuh daya konsumen tambahan, promosi seperti diskon dan 'beli 2 gratis 1' biasa tak pernah mengecewakan. Tetapi apa sejauh itu saja loyalty program yang bisa lakukan?
Tentunya barang gratis itu memang menarik, tetapi jika berbicara loyalty atau kesetiaan, untuk apa kita memberi produk kita secara gratis kepada mereka yang sudah berkemungkinan membayar untuk produk itu? Kalau dipikir lagi, itu akan terdengar tidak masuk akal.
Contoh penggunaan gamification pada loyalty program adalah dengan pemberian status daripada barang sebagai hadiah bagi pelanggan kita yang setia. Sesuatu yang dipraktekkan dengan sempurna oleh perusahaan asing, Starbucks dengan program mereka: My Starbucks Rewards Yang, dengan memberi perhatian khusus dan status eksklusif pada pelanggan-pelanggan paling setia mereka, berhasil menunjakkan pendapatan Starbuck sebanyak 16 triliun dollar.
Dan tanpa mengeluarkan uang untuk hadiah mahal ataupun produk gratis yang merugikan, loyalty program seperti ini hanya akan bekerja untuk menjatuhkan 2 burung dengan 1 batu.
Gamified Digital Marketing dan Distribusi
Contoh kasus terbaik untuk ini adalah ketika Autodesk, sebuah perusahaan perangkat lunak untuk 3D modelling, menggunakan gamification pada free trial dari software mereka. Dengan memberi pengguna tujuan, poin dan engagement dalam free trial mereka, Autodesk yang tadinya sulit mendatangi pelanggan karena kesulitan dan kerumitan untuk membuat model 3D mengalami kenaikkan revenue sebanyak 30$ dan pembelian dari free trial hingga 16%.
Jika membicarakan Pro dari gamification, artikel ini saja bisa semakin panjang hingga ribuan kata, karena jika kamu kreatif, 2 hal di atas bersama tak terhingga metode lain memang lah cara yang bisa kamu contohi ketika mengaplikasi gamification dalam rencana marketingmu. Belum termasuk pula tipe gamification seperti Black dan White Hat Gamification yang mengeksploitasi sisi-sisi otak tertentu pada manusia untuk secara alami menarik kaingin tahuan dan kemauan konsumen kita untuk melakukan hal sesuai yang kita mau, baik itu menjalani iklan hingga memainkan gim yang kita buat.
Kontra dalam Gamification