Mohon tunggu...
Agam Yulfian
Agam Yulfian Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Hargailah skill dan kemapuan diri sendiri maupun orang lain , setiap orang pasti bisa berpikir tapi tidak semua orang memiliki kepercayaan diri untuk menyampaikan pikirannya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Perancangan dan Manfaat E-lerning Berbasis LCMS Moodle untuk Meningkatkan Kualitas Media Pembelajaran Siswa di SMA Negri 3 Tanggerang

18 Oktober 2021   02:10 Diperbarui: 18 Oktober 2021   02:14 414
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Praktik Kerja ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah )

Pendidikan yang bersifat konvensional yang hanya dibatasi pada pertemuan di sekolah saja tidak akan mengembangkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh pelajar. Waktu yang tersedia bagi pengajar untuk bertatap muka di ruang kelas sangat terbatas. Di samping itu proses penyampaian bahan ajar bisa terlambat atau bahkan tidak tersampaikan jika pertemuan tidak terjadi. Hal tersebut dapat membuat pelajar menjadi terlambat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah E-Learning. (Sukamto, 2012).

E-Learning merupakan model pembelajaran baru dalam pendidikan di mana memberikan peran dan fungsi yang besar bagi dunia pendidikan. Hal ini untuk menjawab kekurangan dan kelemahan pendidikan konvensional (pendidikan pada umumnya) diantaranya adalah keterbatasan ruang dan waktu dalam proses pendidikan konvensional. 

Teknologi informasi (IT) yang mempunyai standar platform internet bisa menjadi solusi permasalahan tersebut karena sifat dari internet yaitu memungkinkan segala sesuatu saling terhubung, murah, sederhana dan terbuka sehingga internet bisa digunakan oleh siapa saja (everyone) di mana saja (everywhere), kapan saja (everytime) dan bebas digunakan (available to everyone). (Keban & Taufik, 2015).

Pada kegiatan Kerja Preaktek kali ini kami mencoba untuk membantu sekolah untuk membuat perancangan sistem E-learning ini dengan tujuan agar nanti sistem yang di buat bisa di gunakan semaksimal mungkin sehingga siswa dan guru lebih mudah untuk berinteraksi secara online. Tidak di pungkiri sekarang pembelajaran berbasis online ini sangat di butuhkan apa lagi di masa pandemi sekarang ini peserta didik benar benar di tuntut untuk lebih ekstra dalam belajar dan lebih memaksimalkan teknologi pada pembelajarannya.

Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan dan kasih sayangnya penulis bisa menyelesaikan laporan kerja praktek yang berjudul " PERANCANGAN DAN PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LCMS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DI SMA NEGERI 3 TANGERAN'' dengan tepat waktu, kami berterimakasih juga kepada Bapak Saprudin, S.Kom., M.Kom,. Selaku Dosen pembimbing yang telah membimbing kami semasa kegiatan Praktek kerja ini, Kami juga berterimakasih kepada Keluarga Besar SMAN 3 Tangerang terutama Ibu Hj. Ruruh Wuryani, M.M., M.Si selaku Kepala Sekolah dan juga Bapak Ivan, S.kom selaku Pembimbing Instansi  yang telah mengizinkan kami untuk melakukan kegiatan Kerja Praktek, begitu pula orang tua dan rekan rekan seluruh pihak yang membantu terselesainya Praktek kerja ini.

Kita sebagai penulis sudah menyelesaikan kerja praktek di SMA Negeri 3 Tangerang yang beralamatkan di JL. KH. Hasyim Ashari No.6 Karang Tengah, Kota Tangerang,  Banten 15157

Berikut Tampilan Rancangan sistem E-learning yang kami buat :

Gambar 1. Perancangan menu Login

Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)
Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)

Gambar 2.  Perancangan menu Dasboard

Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)
Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)

Gambar 3. Perancangan menu Coureses

 

Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)
Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)

Gambar 4.  Perancangan menu Kuis

Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)
Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)

Gambar 5. Perancangan menu Diskusi

Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)
Rancangan aplikasi ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah)

Gambar 6. Backgroud SMAN 3 Tangerang

Tim Praktik Kerja ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah )
Tim Praktik Kerja ( sumber gambar : Asep Jamaludin Abdullah )

PENANGGUNG JAWAB BERITA/KEGIATAN : Asep Jamaludin Abdullah

Artikel ini dibuat sebagai Publikasi kegiatan Kerja Praktik  Mahasiswa Universitas Pamulang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun