Mohon tunggu...
Afwa Sabrina
Afwa Sabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa psikologi yang hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implikasi Asumsi Konsep Diri dalam Pembelajaran Orang Dewasa

17 Juni 2022   03:47 Diperbarui: 17 Juni 2022   04:04 1400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Andragogi atau yang biasa disebut dengan pendidikan orang dewasa merupakan ilmu dan pengetahuan seni dalam membantu proses belajar untuk orang dewasa. Belajar merupakan sebauh kebutuhan bagi orang dewasa khusunya bagi seseorang yang sadar akan kebutuhannya. 

Orang dewasa yang sadar akan kebutuhan dan prioritasnya artinya memiliki konsep diri yang baik. Seperti yang telah diketahui menurut Knowles, bahwa konsep andragogi memiliki empat pokom asumsi yang terdiri dari :

  • Konsep diri
  • Pengalaman
  • Kesiapan Belajar
  • Orientasi belajar.

Berangkat dari asumsi yang pertama adalah konsep diri, artinya orang dewasa sudah memahami akan dirinya sendiri termasuk pada kebutuhan dirinya. Pemahaman tersebut dapat dipengaruhi oleh usia yang sudah dewasa, kelengkapan fisik, kejiawaan, serta dapat berperan sesuai dengan tuntutan tugas dari status yang dimilikinya. Kedewasaan dalam ilmu psikologi memiliki pengaruh terhadap proses belajar orang dewasa. 

Mencari tau dan menemukan sesuatu adalah bagiandari proses belajar orang dewasa yang melibatkan pengalaman yang akan menghasilkan pengetahuan tentang apa yang dituju atau dicari. Proses belajar tersebut biasanya dapat diperoleh melalui pendidikan. Pendidikan orang dewasa menyangkut dengan harga diri seseorang, aktualisasi diri, pengakuan diri dalam status sosial, dan penerimaan diri.

Pendidikan orang dewasa merupakan salah satu model dari pendidikan yang menjadi ciri khas dari pendidikan luar sekolah atau pendidikan nonformal. Selain itu Pendidikan Orang Dewasa menurut (Adenike & Amos, 2013) merupakan segala bentuk pendidikan dan proes belajar yang melibatkan orang dewasa untuk menggali dan menjaga pengetahuan mereka agar terus terjaga dan berkembang di seoanjang hidupnya.

Konsep Diri adalah rasa seseorang yang mengenal dirinya dengan mengetahui segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. (Fatimah, 2013) mengatakan bahwa konsep diri adalah suatu bentuk persepsi seorang individu akan dirinya sendiri yang terbentuk melalui sebuah pengalaman maupun tanggapan atau interpretasi dari orang lain tentang dirinya.  

(Jahja, 2011) mengemukakaan sebuah pengertian dari konsep diri yaitu deskripsi diri dengan cara mengenali semua bagian diri dari manusia baik secara fisik maupun non-fisik. Konsep diri yang dimiliki oleh seseorang tentu dapat memberi pengaruh terhadap bagaimana manusia dapat berfikir, memiliki perasaan, keinginan, sebuah nilai dan tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang.. 

Sedangkan Konsep diri (Hughes, A., Galbraith, D., & White, 2011) yaitu sebuah penuturan akan diri sendiri dengan cara dideskpripsikan yang mengandung evaluasi dan pembelajaran bagi diri seseorang.

 Menurut (Thalib, 2017) konsep diri bukan merupakan faktor yang ada sejak lahir di dunia. Namun, konsep diri muncul karena faktor belajar, dan faktor pengalaman seseorang yang berhubungan dengan orang lain yaitu individu dengan individu. Salah satu cara terbentuknya konsep diri adalah lewat interaksi, pengalaman, dan pemikiran. Biasanya konsep diri akan muncul dengan sendirinya

Dalam fase pembentukan konsep diri, seseorang dapat memiliki jenis konsep diri, yaitu konsep diri positif atau negative. Sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh (Calhoun, J. F., & Acocella, n.d.) bahwa di dalam proses pembentukan konsep diri terbagi menjadi dua konsep yaitu positif dan negatif, artinya yaitu : 

(1) Konsep diri positif  berarti seseorang mengetahui dengan baik tentang dirinya dan tidak menjadikan penerimaan diri sebagai kebanggaan besar yang cenderung bersifat sombong. Individu dengan konsep diri positif, akan lebih mengetahui dengan pasti dan membidik dengan tepat tentang tujuan hidup atau mimpi mimpi yang harus dicapai, dan menganggap bahwa dalam proses hidup adalah proses belajar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun