Perencanaan pemasaran (marketing planning) merupakan suatu bagian dari suatu desain untuk mencapai suatu tujuan. Tujuannya yaitu untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan perusahaan, atau dalam konsep pemasaran saat ini, suatu hubungan yang saling menguntungkan. Rencana pemasaran ini merangkum penilaian terhadap kebutuhan dan keinginan pasar, kekuatan dan kelemahan pada perusahaan dan pada pesaing saat ini atau yang diperkirakan.Â
Desain yang dibuat untuk menciptakan nilai guna memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen dalam kondisi tetap untung. Rencana pemasaran berisikan rencana tindakan (siapa yang melakukan, apa dan kapan) dan visi, tujuan strategis, tujuan, serta sasaran. Perencanaan pemasaran ini dapat diartikan sebagai penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.
Dalam digital marketing ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dalam mempromosiakan  atau membuat sebuah citra baik dimata konsumen melalui beberapa cara yaitu :
1. Memanfaatkan Media Sosial
Marketing bisa membuat sebuah citra positif dari sosial media melalui konten-konten positif dan sesuai minat target pasarÂ
Era milenial dimana semua serba digital membuat sosial media yang merupakan bagian dari media online memiliki impact yang besar dalam ranah kehidupan. salah satunya dalam bidang marketing dan awareness sebuah brand.2. Memanfaatkan Copywriting dengan Baik
Konsumen akan tertarik nantinya dengan review dan caption baik itu postingan maupun artikel yang membahas tentang minat,hot topik maupun kebutuhan masyarakat. Disini marketing bisa membuat artikel berbasis SEO untuk muncul dilaman pertama Goggle maupun mesin pencari lainnya,bisa mempersuasif konsumen dengan kalimat Â
3. Memanfaatkan Media Patner Untuk Branding Brand Name
Menjalin hubungan baik dengan media cetak maupun online akan memberikan impact positif terhadap citra sebuah perusahaan atau instansi karena dengan hal tersebut media bisa memblowup berita tentang apa saja yang dilakukan oleh perusahaan,apa saja prestasi ,dan beberapa hal positif yang dapat membuat citra positif perusahaan dimata konsumenÂ
4. Membuat Conten baik Itu Online Maupun Event Lapangan Â
  Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H