Mohon tunggu...
AFRIZA BAYUPAMBUDI
AFRIZA BAYUPAMBUDI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru di sebuah pulau 3T yang suka mendaki gunung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Essay Guru Penggerak

6 Januari 2023   20:31 Diperbarui: 6 Januari 2023   21:08 25522
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?

Saya masih ingat sekali, dulu saat masih kelas 6 MI, guru menanyakan kepada seluruh siswa mengenai cita-cita kami. Beberapa teman menjawab dokter, pilot, tentara, polisi, dan guru, saya pun menjawab ingin menjadi kepala sekolah suatu hari nanti. Entah apa yang terbesit di kepala saya saat itu namun semakin berjalannya waktu saya menemukan jawabannya alasan saya menjawab ingin menjadi kepala sekolah waktu itu.

Saya ingin menjadi seorang pemimpin yang mampu membantu orang lain untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Saya merasa sangat senang ketika melihat teman-teman saya telah menggapai cita-citanya dan hidup bahagia. Saya juga merasa termotivasi melihat rekan-rekan guru yang telah mengikuti program calon guru penggerak sehingga saya merasa tertantang untuk mengikutinya. Itulah beberapa motivasi saya dalam mengikuti calon guru penggerak.

Dalam mewujudkan motivasi tersebut saya sering dipercayai kepala sekolah untuk mewakilinya mengikuti beberapa kegiatan seperti menjadi pemimpin upacara, menjadi Pembina ekstrakurikuler di sekolah, dan menghadiri rapat kepala sekolah. Saya juga mengajukan diri menjadi bendahara BOS dan operator dapodik di SDN 1 Karimunjawa. Saya juga aktif dalam organisasi yang berkaitan dengan PGRI misalnya menjadi sekretaris KKG Dewadaru dabin 1 kecamatan Karimunjawa, menjadi pengurus PKG kecamatan Karimunjawa, pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Karimunjawa, menjadi ketua maupun anggota dalam kegiatan di sekolah misalnya ANBK dan PPDB. 

Saya juga bersedia menjadi panitia upacara HUT KORPRI tingkat kecamatan Karimunjawa. Selain hal-hal tersebut, saya juga mengikuti pelatihan-pelatihan offline maupun online misalnya diklat mengenai IKM di Dinas Dikpora Jepara, diklat-diklat yang diselenggarakan PGRI jepara misalnya Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Teknologi GWE PGRI Jepara, bimtek-bimtek di SIMPKB misalnya Guru Belajar dan Berbagi Seri Pemimpin Merdeka Belajar, Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru, dan Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum. 

Selain itu saya juga sudah mencapai level 3 bimtek Pembatik yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Saya juga termasuk orang yang terbuka sehingga sering melakukan diskusi positif dengan kepala sekolah, rekan guru, komite sekolah maupun pihak luar seperti teman-teman dan warga masyarakat. 

Kegitan tersebut saya lakukan agar bisa melatih kemampuan public speaking saya dan juga mengatasi kelemahan saya yakni kemampuan public speaking yang belum terasah. Dengan program ini nantinya saya bisa menyerap banyak pengalaman dan ilmu-ilmu baru yang dapat saya terapkan di dalam maupun luar sekolah. Terakhir, Harapanya saya bisa membuat dan menggerakkan komunitas belajar, baik di dalam maupun di luar sekolah.

Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Kelebihan yang menurut saya mendukung sebagai guru penggerak yakni saya unggul dalam bidang administrasi sekolah dan mampu menyelesaikannya sebelum deadline seperti membuat perangkat pembelajaran mislanya melalui canva, quiz, google classroam dan jamboard, laporan SPJ BOS, dapodik, asset BMD, mengelola administrasi bulanan, SKP, dan mengelola PIP. Saya juga membantu guru lain dalam mengelola administrasinya seperti mengajari mengoperasikan aplikasi raport, mengajari membuat SKP, PAK Tahunan ataupun membimbing dalam penelitian. 

Saya juga unggul dalam IPTEK sehingga mampu memanfaatkan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran, mengembangkan materi pembelajaran sesuai keterampilan abad 21 yakni critical thinking, communication, collaboration and creative dan menggunakan model pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa.

Saya juga suka mengajak berdiskusi dengan kepala sekolah dan rekan guru dalam mengambil keputusan agar keputusan yang saya ambil nantinya akan bermanfaat bagi orang lain. Hal itu juga bertujuan agar informasi yang kita bahas akan tersampaikan kepada banyak orang. Selain itu, saya juga sering meminta saran kepada kepala sekolah dan rekan guru ketika mengalami hambatan dalam proses pembelajaran seperti ketika siswa saya belum bisa membaca, dari saran-saran yang saya terima kemudian saya memberikan les privat membaca setelah pembelajaran selesai, tentu saya juga meminta izin kepada wali murid agar kegiatan yang saya laksanakan bisa terlaksana dengan baik.

Kelebihan lainnya adalah saya tidak pelit ilmu alias suka menyebarluaskan informasi positif kepada khalayak ramai melalui media social WA ataupun FB misal informasi mengenai bimtek online, informasi mengenai perkembangan dapodik maupun ARKAS, informasi lomba, informasi kenaikan pangkat PNS, dan infromasi lainnya yang bermanfaat bagi orang lain. 

Saya juga suka membantu rekan guru ketika hendak belajar mengenai operator ataupun belajar mengenai membuat perangkat pembelajaran. Hal itu saya lakukan, salah satu alasannya adalah saya termotivasi dengan tindakan rekan guru yang mengajari saya dulu. Beliau berpesan agar suatu saat nanti ilmu yang kamu peroleh akan lebih baik ditularkan kepada orang lain.

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Pertama, dampak yang paling terasa hasilnya oleh orang lain atas tindakan saya adalah ketika saya memutuskan menjadi bendahara dan operator dana BOS SDN 1 Karimunjawa pada bulan Juli 2020 sampai sekarang. Dari dalam hati saya berinisiatif melakukannya demi menyelamatkan keuangan sekolah dan agar sekolah tidak bergantung kepada orang lain dan menjadi mandiri dalam membuat administrasi keuangan. Atas tindakan saya tersebut mendapatkan dukungan dari rekan-rekan guru sehingga menambah semangat saya.

Dampaknya kini sekolah saya perlahan membaik mulai dari bangunan fisik yang menjadi bagus seperti adanya tempat parkir, semula tembok rusak sekarang menjadi bagus, adanya pagar dan gapura sekolah serta identidan sekolah, bangunan WC dan perpustakaan menjadi baru, adanya taman sekolah dan tersedianya sarana prasarana yang menunjang kegiatan sekolah. Dampak lainnya adalah saya juga membantu rekan guru sekolah lain dalam mengerjakan laporan keuangan. Peran bendahara tersebut bisa terlaksana akibat adanya dukungan dari kepala sekolah, rekan guru, wali murid, komite dan staff satkordikcam.

Kedua, inovasi yang saya lakukan adalah mengaktifkan ekstrakurikuler pramuka sejak 2021 di pangkalan SDN 1 Karimunjawa dimana sebelumnya ekstrakurikuler pramuka tidak aktif. Latihan pramuka dilakukan setiap hari Jumat setelah ashar di pangkalan SDN 1 Karimunjawa. Motivasi saya mengaktifkan ekstrakurikuler pramuka agar siswa-siswi mendapatkan haknya yakni mengenal dunia kepramukaan dan melatih karakter disiplinnya. 

Dampaknya kini siswa-siswi SDN 1 Karimunjawa bisa pramuka dan Alhamdulillah kemarin mendapatkan banyak juara di Jambore ranting kwartir Karimunjawa yakni juara 1 pionering, juara 1 pentas seni, juara 2 tali temali, juara 1 halang rintang, juara 1 smapore, dan juara 3 kebersihan. Dampak lainnya adalah kini rekan guru juga yang sekaligus pembina pramuka juga aktif dalam membimbing ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan ini bisa terlaksana karena adanya dukungan dan kerjasama antara lain kepala sekolah, rekan guru, wali murid, komite, siswa-siswi dan staff satkordikcam.

Ketiga, gerakan yang saya lakukan adalah melatih keterampilan komputer bagi siswa dan melatih lomba. Sebagai bendahara, saya melakukan belanja pengadaan laptop, menserviskan laptop, dan meminta bantuan pengadaan laptop ke Dikpora Jepara. Alhamdulillah Oktober 2022 SDN 1 Karimunjawa sudah bisa melaksanakan ANBK secara mandiri. Kelancaran kegiatan tersebut karena adanya kerjasama dari berbagai pihak. Tenaga pendidik dan kependidikan SDN 1 Karimunjawa mengadakan rapat kemudian saya usul mengadakan pelatihan keterampilan komputer bagi kelas IV,V, VI setiap hari Sabtu. 

Alhamdulillah dampaknya siswa-siswi sangat antusias dalam mengoperasikan komputer. Hal dasar yang saya latih adalah mengenal bagian-bagian laptop dan cara meawatnya, menghidupkan dan mematikan laptop, mengoperasikan Microsoft word dan excel dan menggunakan aplikasi paint. Hasilnya kini siswa-siswi sudah mengenal dunia komputer/laptop sehingga kelas IV dan V sangat siap dalam menghadapi ANBK secara mandiri. Selain siswa, saya juga melatih para guru mengoperasikan laptop terutama dalam mengerjakan raport siswa. Hal ini sudah saya lakukan sejak Juni 2019 dan hasilnya kini para guru sudah bisa mandiri menggunakan aplikasi eraport.

Semua inovasi dan gerakan yang saya lakukan bisa terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi orang lain karena adanya konsistensi saya, kerjasama dengan orang lain dan komunikasi yang baik agar tidak terjadi mis komunikasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun