Mohon tunggu...
afrilia pratrikasari
afrilia pratrikasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Peran E-Commerce dalam mengembangkan sebuah usaha di Era Modern

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran E-Commerce dalam Mengembangkan Sebuah Usaha di Era Modern

22 Januari 2022   12:55 Diperbarui: 22 Januari 2022   13:00 1620
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di Era modern ini, tidak asing lagi dengan adanya Teknologi Informasi (TI), karena Teknologi Informasi di Era modern ini semakin canggih dan berkembang pesat. karena hampir semua orang di muka bumi melakukan aktivitasnya menggunakan Teknologi informasi untuk kegiatan sehari-hari, yang secara langsung didukung dengan adanya jaringan internet. 

Hal tersebut dapat mempermudah para pengguna mengakses dan mengembangkan teknologi untuk keperluan pribadi atau bisnis dan usahanya. 

Dengan berkembangnya Teknologi Informasi (TI) yang sangat pesat dapat memberikan kemajuan disegala bidang, tidak terkecuali E-Commerce yang berdampak pada Sistem penjualan yang awalnya melalui toko offline, menjadi online. 

Dengan adanya E-Commerce dalam mengembangkan sebuah usaha atau bisnis menjadi mudah dan efisien, karena kegiatan tersebut dapat dilakukan transaksi bisnis secara online, yang melalui media internet dan perangkat yang terintegrasi dengan internet. hal ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi produsen maupun konsumen yang bergelut dibidang perdagangan.

Definisi E-commerce yaitu sebuah teknologi atau aplikasi untuk menghubungkan antara perusahaan, konsumen, dan masyarakat untuk melakukan transaksi elektronik, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik ( David baum 1999). 

Ada beberapa Standar Teknologi informasi (TI) E-Commerce yang sering digunakan dalam bertransaksi yaitu : Electronic Data Interchange (EDI), Open Buying on the Internet (OBI), Open Trading Protocol (OTP), Open Profiling Standard (OPS). E-commarce merupakan tempat untuk menjual dan membeli atau pemasaran suatu produk melalui elektronik oleh perusahaan dan konsumen yang pengguaannya melalui perantara computer dengan memanfaatkan jaringan komputer atau internet. 

Ada beberapa Jenis-jenis E-Commerce, Antara lain Business to Business (B2B), Business to Consumer (B2C), Consumen to consumen(C2C), Comsumen to Business(C2B), dan Nonbusinnes E-Commerce.

Electronik Commerce (E-Commerce) belakangan ini sedang di gandrungi oleh semua orang, dan banyaknya perusahaan dan wirausahawan yang menawarkan atau menjual barang dagangannya didalam website melalui Sistem dagang berbasis e-commerce, E-commerce juga memebrikan banyak perubahan dalam hal perdagangan. hal tersebut dapat dijadikan sebagai jalan alternatif bagi para pengusaha atau wirausahawan dalam mengembangkan bisnisnya. 

Dengan melalui Sistem dagang berbasis e-commerce dapat dijadikan sebagai media promosi, komunikasi dan informasi dalam memasarkan barang dagangannya keseluruh dunia dan tentunya akan meningkatkan hasil penjualan lebih efektif dan efisien. 

Melakukan penjualan atau pembelian melalui e-commerce merupakan strategi yang tepat di era modern ini, apalagi sedang adanya virus Covis-19 ini yang menyebabkan kegiatan diluar sangat dibatasi, sehingga strategi tersebut sangat tepat. dengan adanya E-commerce usaha atau perdagangan yang sedang dijalankan juga dapat meningkat secara drastis dan cara ini lebih praktis dibandingkan harus ke toko secara langsung. 

Melalui e-commerce produsen juga dapat menawarkan produk atau jasanya tanpa bertemu secara langsung dengan konsumen, Begitupun sebaliknya. Keuntungan dan Kelebihan penggunaan E-Commerce yaitu, dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia atau global, Mempercepat dan efisiensi proses dalam berbisnis, tempat untuk promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan, dapat berinteraksi dan pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan "human error".

Penulis : Afrilia pratrikasari 1900010232 & Dewi Khoirun Nisa' 1900010227

Universitas Ahmad Dahlan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun