Masa kanak-kanak merupakan fase dimana pembelajaran dan pertumbuhan seseorang berada pada puncaknya. Di fase ini, berjuang dalam proses belajar dan berhadapan dengan dunia baru merupakan tantangan tersendiri bagi anak. Ketika menjelajah lingkungan, mempelajari sesuatu, mengembangkan kecakapan, mereka melewati siklus pembelajaran yang tiada habisnya dengan mengamati, mencoba, menguji, dan sebagainya. Kecelakaan, kekeliruan, dan kegagalan dari aktivitas yang ia lakukan pasti datang silih berganti. Namun melalui proses itulah, mereka mengerti bagaimana kehidupan yang semestinya sekaligus mengenal minat bakat dan mengukur kemampuannya sendiri.
Sebagai manusia yang jauh lebih dewasa dari anak-anak, orangtua dapat merenung dan memikirkan kegagalan yang dapat membuatnya lebih kuat menghadapi persoalan dengan bijaksana. Melalui pengalaman-pengalaman di masa lalu, orangtua akan tahu bahwa terjatuh, terhempas, keliru, dan sebagainya adalah bagian dari proses pembelajaran. Namun ketika berusaha menerapkan kearifan tersebut kepada anak atas kegagalan yang dialaminya, orangtua sering kehilangan perspektif dan lebih memilih untuk tidak tega melihat kesengsaraan anaknya dalam bentuk apapun. Hal tersebut memang manusiawi, orangtua mana yang sanggup melihat anaknya berduka. Meskipun mereka tahu bahwa itu adalah bagian dari kehidupan, orangtua tetap saja tidak sanggup mendukung siklus alami tersebut ketika menyangkut pada urusan buah hatinya. Bahkan seringkali dirasa bahwa kegagalan tersebut bukan hanya milik anak, tapi juga milik orangtua. Untuk itu, berikut adalah langkah efektif dalam “merayakan kegagalan” bersama anak demi mendukung proses pembelajaran hidupnya :
Langkah 1 : Biarkan mereka bersedih atas kegagalannya
Kegagalan adalah hal yang wajar meski tetap akan membuat anak menjadi ciut hati dan sedih. Maka biarkan anak meluapkan kesedihannya terlebih dahulu. Biarkan emosi mereka muncul ke permukaan untuk kemudian lepas dan melayang jauh. Menurut David Elkind, seorang psikolog anak, mencoba melindungi anak dari perasaan sedih atau gelisah sama halnya dengan merampas motivasinya untuk bangkit. Lagipula anak harus tahu bahwa kegagalan bukan masalah. Yang menjadi masalah adalah ketika ia gagal dan tidak mau mencoba lagi. Cukup dampingi anak ketika bersedih, setidaknya mereka tahu bahwa orangtua memahami kesedihan mereka dan kesedihan pun bukan suatu masalah.
Langkah 2 : Bantu mereka untuk menemukan kembali percaya dirinya
Rasa percaya diri yang jatuh bebas ketika anak mengalami kegagalan butuh diangkat kembali. Dan hal tersebut tidak dapat mereka lakukan sendirian. Disinilah orangtua mulai ‘beraksi’. Setelah membiarkan anak murung, suruh mereka untuk mengingat keberhasilan-keberhasilan sebelumnya. Dan katakan bahwa satu kekalahan, meskipun telak, bukanlah penentu masa depan mereka. Ingatkan keberhasilan dalam bidang lainnya yang membuat anak merasa bangga.
Selain itu, menceritakan kisah-kisah yang inspiratif dengan moral value “jangan menyerah” juga efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri anak. Jangan biarkan anak berfokus pada kegagalannya sehingga melupakan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Namun yang perlu diingat, lakukan langkah kedua ini setelah langkah pertama terlewati, bukan sebaliknya. Karena anak butuh berpikir sendiri sebelum menerima dorongan dari luar.
Langkah 3 : Menganalisa penyebab kegagalan
Membuka lembaran menyakitkan untuk kemudian belajar dari lembar tersebut dan menemukan alasan atas kegagalan memang tidaklah mudah. Tapi satu hal yang harus ditanamkan pada anak bahwa keberhasilan dan kegagalan memiliki keterkaitan dengan kemampuan, usaha, dan doa. Setelah anak mulai tenang dan belajar menerima kenyataan, bantu anak untuk menganalisis penyebab kegagalannya, apakah ia kurang persiapan, atau kelelahan, belum maksimal, dan sebagainya.
Mungkin anak akan mencoba menyalahkan pihak lain, berkata bahwa itu adalah hari sialnya, atau menuduh jurinya pilih kasih (ketika gagal dalam perlombaan). Maka biarkan anak begitu terlebih dahulu. Kemudian tanyakan, “jadi menurutmu apa yang harus diperbaiki?”. Dengan demikian, anak akan berpikir atas kegagalannya dan mengembangkan tanggungjawab atas dirinya.
Langkah 4 : Menanamkan ‘Failing to learn, learn to failing’
Kegagalan adalah aspek terpenting dalam pembelajaran. Menurut Collins dan Brown, kegagalan merupakan hal yang utama bagi penciptaan strategi mental dalam memecahkan suatu masalah. Katakan pada anak bahwa kegagalan hanyalah kesuksesan yang tertunda. Hal ini akan berpengaruh pada kehidupannya kelak. Ketika mereka beranjak dewasa dan mengalami kegagalan yang serupa, maka mereka akan belajar dari penyebab kegagalannnya untuk kemudian tidak menapaki jalan yang sama. Pada akhirnya, anak akan berpikir kreatif untuk mencari solusi maupun tindakan lain demi mencapai suatu keberhasilan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H