Setiap bisnis pastinya memiliki tujuan utama yaitu keuntungan untuk dapat berkembang dan sukses. Namun disamping itu tanggung jawab sosial juga menjadi bagian dari kelangsungan bisnis dan perusahaan dalam perekonomian.
Dalam hal ini tentunya perusahaan harus dapat mengambil sikap terhadap masalah sosial, hal ini tentunya penting sebagai upaya dalam membangun branding perusahaan agar dapat dipercaya dan disukai oleh konsumen  serta masyarakat. Sebuah perusahaan yang bijak tentunya sudah memiliki pemahaman yang mendalam tentang tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).
Pengertian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)
Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial. Secara Bahasa Inggris. Kata "Corporate" memiliki arti perusahaan, sementara "Social" berarti sosial, dan "Responsibility" bermakna tanggung jawab.
Secara umum CSR merupakan sebuah konsep manajemen di mana perusahaan mengintegrasikan masalah sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis mereka dan interaksi dengan pemangku kepentingan mereka sebagai cara sebuah perusahaan mencapai keseimbangan antara ekonomi, lingkungan dan sosial, bersamaan dengan memenuhi harapan pemegang saham dan pemangku kepentingan.
Adapun pengertian CSR menurut para ahli
1) Menurut Wibisono (2007:8)
Menurut Wibisono bahwa CSR adalah tanggung jawab perusahaan kepada para pemangku kepentingan berlaku etis, meminimalkan dampak negatif dan memaksimalkan dampak positif yang mencakup aspek ekonomi sosial dan lingkungan untuk pembangunan berkelanjutan.
2) Menurut Kotler dan Nancy
Kotler dan Nancy mengungkapkan bahwa CSR adalah suatu sikap dan komitmen suatu perusahaan (organisasi) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan komunitas yang disalurkan melalui praktek bisnis dan kontribusi sumber daya perusahaan.
3) Menurut Kilcullen dan Kooistra
Menurut Kilcullen dan Kooistra, CSR adalah suatu tataran pertanggungjawaban moral yang berasal dari internal perusahaan di luar dari kapatuhan terhadap aturan dan hukum negara.
Jenis-jenis CSRÂ
Dalam penerapannya CSR memiliki beberapa jenis, diantaranya :
- Cause Promotions
Cause Promotion dapat diartikan sebagai sebuah upaya perusahaan dalam meningkatkan kesadaran terhadap suatu masalah. Tujuan dari Cause Promotion adalah sebagai media promosi bagi suatu perusahaan. Dalam melakukan Cause Promotion, perusahaan mengeluarkan sejumlah dana dan sumber daya untuk mendukung aktivitas sosial seperti donasi dan kegiatan community service.
- Cause Related Marketing (CRM)
Perusahaan yang menjalankan Cause Related Marketing bertujuan berkomitmen dalam membagi sejumlah keuntungan dari hasil penjualan suatu produk untuk mendukung kegiatan sosial. Nantinya, dana yang disumbangkan akan diberikan kepada pihak terkait.
- Corporate Societal Marketinga
Corporate Societal Marketing merupakan jenis CSR yang dilakukan perusahaan dalam bentuk kampanye. Biasanya Corporate Societal Marketing oleh perusahaan meliputi kampanye kesehatan, lingkungan, hingga isu-isu lainnya. Tujuan dari CSR jenis ini tak lain adalah untuk membantu mendukung perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik.
- Community Volunteering
Volunteering dapat diartikan sebagai upaya sebuah perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada lingkungan. Perusahaan akan mengikutsertakan para karyawan untuk secara sukarela ikut serta dalam kegiatan yang mendukung keberlangsungan lingkungan sekitar.
Tujuan CSRÂ
- Membangun nama baik dan citra perusahaan
Salah satu tujuan dari  CSR adalah menjaga citra dan juga nama baik perusahaan di hadapan konsumen dan juga masyarakat. Dalam penerapannya program CSR  dilaksanakan suatu perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut yaitu dengan menunjukkan bahwa pihak perusahaan merupakan pihak yang akan bertanggungjawab atas kesejahteraan masayarakat sekitar.
- Menjaga Hubungan Baik Dengan Stakeholder
Tujuan berikutnya dari pelaksanaan program CSR yaitu untuk menjaga dan memelihara hubungan baik dengan stakeholder. Dengan program CSR yang dilakukan oleh suatu perusahaan, maka hal itu akan menciptakan sebuah hubungan yang lebih hangat dan bersahabat dengan lingkungan perusahaan.
- Solusi Untuk Menyelesaikan Masalah yang Terjadi di Sekitar Lingkungan.
Adanya sebuah perusahaan disuatu tempat tentu akan melibatkan banyak pihak yang ada di lingkungan tersebut. Salah satu cara agar masalah yang ada disekitar bisa terselesaikan yaitu dengan mengadakan program CSR. Masalah yang ada bisa muncul dari berbagai sisi. Mulai dari lingkungan, sosial, dan juga ekonomi.
Studi kasus penerapan CSR dalam perusahaan
Perusahaan Danone Aqua
Aqua menjadi perusahaan yang besar dan bertambah besar. Permintaan masyarakat semakin tinggi konsumsi atas minuman mineral yang baik dan sehat. Aqua membutuhkan pemodal yang lebih besar, sampai akhirnya Danone merupakan perusahaan dari Prancis bersedia menjadi investor. visi Danone dengan Aqua sama, yaitu menyediakan minuman segar dan sehat. Danone masuk sebagai investor Aqua untuk membawa kesehatan melalui produknya dan bisnis haruslah berjalan dengan perhatian terhadap lingkungan dan alam.Â
Perhatian program CSR Danone terbagi dalam beberapa hal:
1. Â Program kesehatan ibu dan anakÂ
a) Taman pintar
Taman air menari sarihusada, Zona Paud Barat dan timur dan Zona Air Aqua merupakan sarana interaktif untuk anak-anak bermain dan belajar.
b) Â Warung anak Sehat yang berada di 124 titik di Indonesia telah melatik 270 guru lewat 124 pelatihan
c) Â PAUD 1000 Anak Bangsa: Danone merevitalisasi 21 Paud yang tersebar di Jakarta dan Jawa Tengah.Â
2. Melindungi daerah sungai (DAS), meningkatkan kualitas, kuantitas dan akses air.Â
a) Konservasi: 250 bioporidan sumur resapan, 19 Taman Kehati, 2 juta pohon tertanam
b) Restorasi Irigasi Pertanian: lebih dari 6000 m saluran irigasi direhabilitasi dan 28 pintu air terpasang.
c) Meningkatkan akses air bersih bagi komunitas di sekitar wilayah operasional. Sebanyak 130.000 orang tercatat sebagai penerima manfaat akses air bersih di 70 desa dan 17 kota/kabupaten.
3. Menciptakan dan meningkatkan lapangan pekerjaan.Â
a) 2 juta orang terimplikasi dari bisnis kami, mulai dari pemasok, distributor, toko dan kaki lima.
b) 44 pemulung (75% perempuan) bekerja di Recycling Business Unit menerima fasilitas kesehatan seperti BPJSdan juga gaji bulanan.
c) 2.200 penerima manfaat dari pengembangan ekonomi, 119 unit bisnis, 5 koperasi, IDR 1.5 milar kredit tersalur.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H